x

Mencari Tahu Kabar Erol Iba, Talenta dari Negeri Papua yang Telah Mualaf

Jumat, 28 Juni 2019 20:02 WIB
Editor: Coro Mountana
Erol Iba

INDOSPORT.COM – Erol Iba merupakan mantan pemain Timnas Indonesia yang begitu bertalenta dari negeri Papua, apa kabarnya kini?

Lahir di Jayapura, 39 tahun yang lalu, Erol Iba memulai karier sepak bolanya pada tahun 1998 dengan membela Semen Padang. Berposisi sebagai bek kiri, Erol Iba yang saat itu baru berusia 19 tahun menunjukan bakat dan potensi yang sangat menjanjikan.

Baca Juga

Selain diberkahi dengan kecepatan, Erol Iba juga bagus dalam dribel bola, passing dan sangat agresif saat menyerang. Tak pelak sejumlah klub Indonesia tergoda untuk memakai jasanya sebagai bek kiri berbakat pada saat itu.

Hanya bertahan 4 tahun di Semen Padang, Erol Iba melanjutkan kariernya di sejumlah klub besar Indonesia lainnya seperti Arema Malang, Persik Kediri, Persipura Jayapura, hingga Persebaya Surabaya.

Baca Juga

Karier terbaiknya ia dapatkan saat membawa Arema Malang jadi juara Copa Indonesia sebanyak 2 kali.

Berkat kemampuannya, Erol Iba sempat masuk dalam skuat Timnas Indonesia yang bertanding di Piala Asia 2007 lalu. Namun sayang pada 2016 lalu, Erol Iba mengucapkan selamat tinggal pada dunia sepak bola.

Seusai pensiun, seperti apa kabar dari Erol Iba saat ini?


1. Perjalanan Spiritual Erol Iba Menjadi Mualaf

Erol Iba

Sebelum mengetahui kabar terbaru dari Erol Iba, ada baiknya untuk melihat terlebih dulu bagaimana perjalanan pemain asal Papua itu menjadi mualaf pada tahun 2002. Kisah hijrahnya Erol Iba menjadi mualaf pun begitu menginspirasi.

Berawal dari tahun 1998, Erol Iba rupanya telah mengenal dengan agama Islam tepatnya saat ia membela Semen Padang. Menurutnya, melihat umat muslim melakukan aktivitas agamanya telah membuatnya merasa tenang dan hikmat.

Erol Iba

“Pertama saya lihat cara orang Islam bersembahyang, khusyuk kelihatannya. Lalu lihat orang ngaji dan adzan, seperti mereka sedang berbicara langsung dengan Tuhan-nya. Dari situlah saya mulai belajar,” cerita Erol Iba seperti yang dinukil dari Goal.

Namun saat pertama kali Erol memutuskan untuk memeluk agama Islam, dirinya mendapat pertentangan dari sang ibu. Tapi seiring berjalannya waktu, akhirnya sang ibu bisa menerima keputusan Erol dengan syarat harus menjalankannya dengan benar dan taat.


2. Kabar Terkini

Erol Iba

Rupanya saat ini Erol Iba memilih untuk terjun ke dunia politik dengan menjadi Calon Legislatif DPRD Papua Barat dapil 5 yakni daerah Fak-fak, Teluk Betuni, Kaimana, dan Wondama. Keinginannya terjun ke dunia politik tak pelak dikarenakan ia ingin memperbaiki tanah kelahirannya.

Banyak masalah yang terjadi kampungnya sehingga membuat dirinya tergugah untuk memperbaiki tanah kelahirannya. Seperti halnya masalah listrik yang masih belum mengalir di daerahnya selama 24 jam.

Erol Iba

"Contoh di kampung saya di Fakfak, Papua Barat. Lampu baru menyala pada pukul 18.00 WIT. Kemudian sudah mati lagi pukul 03.00 WIT. Banyak masyarakat yang belum menikmati listrik selama 24 jam,” ungkap Erol seperti yang disadur dari JPNN.

Untuk itu, Erol pun mencalonkan diri sebagai caleg dari partai Nasdem dalam pemilihan legislatif 2019. Menurut hasil dari rekapitulasi pileg provinsi Papua Barat, Nasdem berhasil menempati urutan teratas bersama Golkar dan PDIP.

Apapun itu, hingga berita ini diturunkan, belum ada kabar apakah Erol Iba berhasil mewujudkan impiannya sebagai anggota DPRD atau tidak. Andai Erol gagalpun, ia akan kembali melatih di SSB Babo Bintuni yang dia punya.

Persebaya SurabayaSemen PadangPersik KediriTimnas IndonesiaLiga IndonesiaArema MalangBola IndonesiaErol Iba

Berita Terkini