x

3 Pelatih Liga 1 yang Mengundurkan Diri hingga Pekan ke-6

Minggu, 30 Juni 2019 13:50 WIB
Editor: Coro Mountana
Logo Liga 1 2019

INDOSPORT.COM – Meski baru berjalan 6 pekan, ajang sepak bola paling bergengsi di Indonesia, Shopee Liga 1 telah memakan korban berupa sejumlah pelatih kondang yang memutuskan untuk mundur sebelum kompetisi berakhir.

Liga 1 musim ini sendiri memang bisa dikatakan sangatlah kompetitif dan mengejutkan. Pasalnya, persaingan hingga pekan ke-6 telah menunjukan kalau tim manapun bisa saja kalah atau menang terhadap tim seperti apapun sehingga laga Liga 1 sukar bisa ditebak.

Tapi yang paling kentara dalam Liga 1 kali ini adalah kejutan yang menempatkan 2 tim kuda hitam dalam jajaran 5 besar setidaknya hingga berita ini diturunkan. Yaitu Tira-Persikabo yang berada di posisi kedua dan peringkat kelima, Kalteng Putra.

Sedangkan tim tradisional seperti Arema FC, Persipura Jayapura, hingga Persija Jakarta malah berkubang di papan bawah. Oleh karena itu, tak mengherankan apabila hingga berita ini diturunkan, sudah ada 3 pelatih Liga 1 yang telah mengundurkan diri hingga pekan ke-6, siapa saja mereka?


1. Ivan Kolev

Pelatih Persija Jakarta Jakarta, Ivan Kolev saat sesi jumpa pers jelang laga menghadapi PSIS Semarang. Foto: Media Persija

Ivan Kolev merupakan korban pertama dari ketatnya persaingan di Liga 1 2019. Pelatih asal Bulgaria itu memutuskan untuk mundur dari Persija Jakarta setelah memimpin tim dalam 3 laga awal Liga 1 2019.

Ivan Kolev meninggalkan Persija Jakarta yang saat itu masih terjerembab di posisi ke-16 atau yang berada di zona degradasi. Keputusan Ivan Kolev tentu sangat mengejutkan mengingat dirinya merupakan seorang pelatih yang memiliki rekam jejak di Indonesia.

Ivan Kolev digantikan oleh Julio Banuelos yang merupakan mantan asisten Luis Milla di Timnas Indonesia. Julio Banuelos sendiri baru saja mengantarkan Persija meraih kemenangan perdananya di rezim kepelatihannya dalam semifinal Kratingdaeng Piala Indonesia atas Borneo FC.

Jacksen F. Tiago

Pelatih Jacksen F Tiago pada jumpa pers Barito Putera jelang laga Liga 1 lawan Bhayangkara FC di stadion Patriot, Bekasi, Senin (27/05/19). Foto: Herry Ibrahim/Herry Ibrahim

Pelatih kedua yang harus melempar handuk atau mundur dari Liga 1 2019 adalah Jacksen F. Tiago. Pelatih berkebangsaan Brasil itu memilih mundur dari Barito Putera pada pekan ke-5 Shopee Liga 1 2019.

“Saya minta maaf, kalau tidak mampu menjadikan tim ini (lebih baik). Itu semua karena kesalahan saya. Sayang, saya tak mampu memenuhi harapan pak hasnur. Dan saya ikhlas menyerahkan posisi saya sebagai pelatih kepala tim ini,” ujar Jacksen di akun Instagram Barito Putera.

Jacksen meninggalkan Barito Putera di posisi juru kunci atau dasar klasemen Liga 1 dengan catatan tanpa meraih kemenangan dan 3 kali kalah. Jacksen pun kini digantikan oleh asisten pelatih Indra Sjafri di Timnas Indonesia U-23, Yunan Helmi.

Aji Santoso

Pelatih Persela, Aji Santoso masih geram dengan kinerja wasit.

Dan yang terbaru adalah Aji Santoso yang baru saja memutuskan untuk mundur dari hingar bingar Liga 1 2019. Aji Santoso mundur dari Persela Lamongan setelah menuai sejumlah hasil yang buruk di awal Liga 1.

“Terhitung pada hari ini, saya mundur dari Persela. Ini adalah bentuk tanggung jawab dari saya supaya tim ke depan bisa lebih bagus. Mudah-mudahan, dengan situasi baru, Persela bisa berprestasi,” ujar Aji Santoso dilansir dari situs resmi Persela.

Aji Santoso meninggalkan Persela Lamongan di posisi ke-17 dengan tanpa kemenangan dan 3 kali kekalahan. Untuk sementara, Persela Lamongan akan diasuh oleh tim asisten pelatih yang diisi oleh Danur Dara, Erik Ibrahim, dan Ragil Sulaiman.

Aji SantosoPelatihIvan KolevJacksen F. TiagoLiga IndonesiaTRIVIABola IndonesiaShopee Liga 1

Berita Terkini