x

Timnas Indonesia Ikuti Kompetisi Bergengsi, 7 Pesepak Bola Top Dunia Ini Jebolan Gothia Cup

Rabu, 3 Juli 2019 19:38 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Timnas Indonesia Ikuti Kompetisi Bergengsi, 7 Pesepak Bola Top Dunia Ini Jebolan Gothia Cup

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia akan segera mengikuti turnamen bergengsi di dunia untuk para pemain muda, yakni Gothia Cup yang tahun ini juga akan digelar.

Turnamen Gothia Cup ini memang merupakan kompetisi usia muda paling bergengsi di dunia dan biasanya dijadikan ajang untuk para pemain muda berbakat menunjukkan kualitasnya pada dunia.

Untuk Gothia Cup tahun 2019 ini, Timnas Pelajar Indonesia U-16 akan mengikuti ajang yang digelar di China pada Agustus mendatang. Ya, Gothia Cup juga akan diselenggarakan di Goteborg, Swedia pada pertengahan Juli.

Baca Juga

Gothia Cup sendiri yang diikuti oleh tim-tim dari Indonesia akan diramaikan sebanyak 1659 tim dari 81 negara di kompetisi yang sudah dihelat sejak tahun 1975 ini.

Turnamen yang pada tahun 2018 lalu ini dijuarai oleh tiga tim dari Indonesia ini, ternyata pernah menelurkan para pemain berbakat yang kini dikenal sebagai pesepak bola top dunia.

Sejumlah nama besar seperti Andrea Pirlo dan Zlatan Ibrahimovic terbukti pernah mengikuti kompetisi yang bernama Gothic Cup di zaman mereka masih muda. Berikut INDOSPORT merangkum sebanyak 7 pesepak bola top dunia jebolan kompetisi ini.

Baca Juga

Alan Shearer

Alan Shearer yang merupakan legendaris Timnas Inggris pernah tampil di Gothia Cup.

Alan Shearer merupakan legendaris Timnas Inggris dan Newcastle United yang ternyata mengawali kariernya di Gothia Cup bersama Wellington Juniors.

Sejak mengikuti Gothia Cup, Shearer tumbuh sebagai pesepakbola top dunia. Bersama Newcastle di Liga Primer Inggris, Shearer sukses tampil dalam 303 laga dan mencetak 148 gol.

Tak hanya bersama klub, Shearer juga menjadi bagian dari timnas Inggris era 1992-2000 dan tampil dalam 63 pertandingan serta mencetak total 30 gol.


1. Deretan Pesepak Bola Top Dunia Jebolan Gothia Cup

Ze Roberto melakukan selebrasi saat berseragam Palmeiras

Ze Roberto

Selanjutnya ada pemain top yang sudah pensiun, yaitu Ze Roberto yang pada masa keemasannya pernah membela Timnas Brasil dan klub-klub seperti Real Madrid dan Bayern Munchen.

Ze Roberto ternyata masuk dalam daftar 7 pemain top dunia yang mengawali kariernya di Gothia Cup. Ze Roberto juara Gothia Cup bersama tim junior lokal Brasil yang bernama Pequeninos do Jockey pada tahun 1982.

Julio Baptista

Julio Baptisa juga ternyata pernah mengikuti Gothia Cup saat dirinya masih sangat belia bersama Pequeninos do Jockey. Baptista merupakan penyerang terbaik pada masanya yang dimiliki oleh Brasil.

Baptista pernah merumput bersama klub-klub seperti Real Madrid, Arsenal, AS Roma hingga pensiun di CFR Cluj. Raihan terbaik Baptista selama karier adalah gelar LaLiga Spanyol 2007/08 silam.

Xabi Alonso

Xabi Alonso melakukan selebrasi bersama trofi Bundesliga.

Salah satu gelandang terbaik Spanyol, Xabi Alonso juga terdaftar sebagai salah satu pemain alumnus Gothia Cup. Pemain Bayern Munchen ini tergabung bersama tim Antiguoko saat itu.

Antiguoko sendiri merupakan klub sepakbola muda amatir Spanyol yang menjadi klub penyuplai pemain ke klub La Liga, Real Sociedad. Pemain lain selain Alonso yang pernah membela Antiguoko adalah mantan gelandang Arsenal dan Barcelona, Mikel Arteta.

Setelah tampil di Gothia Cup, Alonso sendiri sukses menjadi pemain top dunia bersama Liverpool (210 caps, 18 gol), Real Madrid (236 caps, 6 gol) dan Bayern Munchen (117 caps, 9 gol).

Zlatan Ibrahimovic

Zlatan Ibrahimovic di LA Galaxy ternyata pernah tampil di Gothia Cup.

Bintang anyar Manchester United ini juga pernah merasakan sengitnya turnamen Gothia Cup. Setelah mengikuti turnamen itu, Ibra sukses tampil bersama banyak klub besar.

Klub-klub yang pernah diperkuat Ibra adalah Ajax Amsterdam (110 laga, 48 gol), Juventus (92 laga, 26 gol), Inter Milan (117 laga, 66 gol), Barcelona (46 laga, 22 gol), AC Milan (85 laga, 56 gol), Paris Saint-Germain (180 laga, 156 gol).

Lalu, bersama timnas Swedia, Ibrahimovic sukses tampil sebanyak 116 kali dan mencetak total 62 gol.

Andrea Pirlo

Gelandang legendaris Italia, Andrea Pirlo juga merupakan jebolan turnamen Gothia Cup bersama tim US Voluntas. Pemain berusia 37 tahun itu bahkan masih aktif bermain hingga saat ini.

Pirlo kemudian tumbuh sebagai gelandang terbaik di dunia saat memperkuat tim-tim besar Serie A Italia, seperti Inter Milan (22 laga), AC Milan (284 laga, 32 gol) dan Juventus (119 laga, 16 gol).

Tak hanya itu, gelandang yang kini memperkuat salah satu klub MLS (Major League Soccer), New York City FC, juga berhasil mengantarkan timnas Italia meraih gelar Piala Dunia 2006.

Emmanuel Adebayor

Sukses Emmanuel Adebayor tampil di Gothia Cup bersama tim Les Eperviers, berimbas terhadap karier profesionalnya. Pemain berusia 32 tahun ini bahkan sudah memperkuat setidaknya 5 klub besar Eropa.

Adebayor berhasil tampil bersama klub-klub besar seperti AS Monaco (115 laga, 26 gol), Arsenal (142 laga, 62 gol), Manchester City (45 laga, 19 gol), Real Madrid (22 laga, 8 gol), Tottenham Hotspur (113 laga, 42 gol).

Pemain yang bermain di posisi penyerang itu juga kerap tampil membela negaranya, Togo dan sudah berhasil tampil sebanyak 66 kali serta mencetak total 29 gol.

Baca Juga

Melihat sederet nama-nama top di dunia sepak bola tentunya turnamen seperti Gothia Cup tak diragukan lagi persaingan sengit di dalamnya. Turnamen ini harus benar-benar dimanfaatkan oleh anak-anak berbakat Indonesia untuk mengasah kemampuannya.

Sekadar informasi, sebanyak tiga tim dari Indonesia ternyata menorehkan tinta emas di Gothia Cup 2018 di China. Yaitu Villa 2000, Hansaplast Topskor Indonesia dan Timnas Pelajar U-16 Kemenpora meraih gelar juara di ajang tersebut.

Andrea PirloChinaIbrahimovicZlatan IbrahimovicXabi AlonsoEmmanuel AdebayorKementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora)Alan ShearerJulio BaptistaTimnas Indonesia U-16Timnas IndonesiaBola InternasionalGothia CupLiga PelajarSepak Bola

Berita Terkini