x

Mengenal Lebih Dekat 8 Pemain Belanda yang Diklaim Siap Dinaturalisasi Indonesia

Jumat, 26 Juli 2019 16:25 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Isman Fadil

INDOSPORT.COM - Untuk lebih mengenal delapan pemain asal Belanda yang diklaim media Vietnam akan segera dinaturalisasi Indonesia, berikut INDOSPORT lampirkan profil singkatnya.

Baru-baru ini salah satu media asal Vietnam, Bongda, menyebut bahwa Induk Federasi Sepak Bola Indonesia (PSSI) akan segera menaturalisasi seetidaknya delapan pemain yang kini bermain di Eropa.

Baca Juga

Klaim yang muncul berdasarkan rumor yang memang berkembang di Indonesia, dan di dukung fakta bahwa sejumlah pemain itu memiliki darah Indonesia, bisa jadi merupakan dasar dari munculnya kabar tersebut.

Tak main-main, sejumlah nama yang disebut adalah pemain yang kini bermain di klub-klub ternama Eropa seperti Ajax Amsterdam hingga Sheffield Wednesday. Siapa saja mereka? Berikut INDOSPORT.com rangkumkan profil singkatnya.


1. Tristan Gooijer (Ajax)

Pemain Ajax U-17 Tristan Gooijer saat mendapat penghargaan.

Pemain pertama adalah Tristan Gooijer. Masih berusia 14 tahun, Tristan Gooijer saat ini masih bermain di tim junior raksasa Belanda Ajax Amsterdam.

Berposisi asli sebagai bek tengah, nama Tristan Gooijer juga beberapa kali menghiasi skuat Ajax Amsterdam U-17 meski belum dimainkan sebagai starter di laga resmi.

Belum jelas betul dari mana darah Indonesia mengalir di Tristan Gooijer. Namun bersumber dari situs data pemain transfermark, Tristan Gooijer saat ini memiliki kewarganegraan Indonesia, selain juga Belanda.

Vinnie Vermeer (Nashville SC)

Pemain selanjutnya Vinnie Vermeer,  yang kini memperkuat Nashville SC di divisi dua Liga Amerika Serikat. Berposisi sebagai geladnang tengah, pemain 24 tahun ini juga diketahui memliki darah Belanda dan Indonesia.

Sebelum bermain di Amerika Serikat kini, Vinnie Vermeer diketahui pernah memperkuat tim-tim besar di Belanda. Mulai dari PSV Eindhoven, juga NAC Breda.

Thom Haye (Lecce)

Thom Haye pesepak bola Belanda

Berikutnya ada Thom Haye. Dibanding dua nama sebelumnya, Thom Haye merupakan pemain dengan catatan paling menjanjikan.

Berusia 24 tahun, Thom Haye  kini memperkuat tim asal Italia, Lecce, setelah sebelumnya pernah bermain di AZ Amsterdam dan Willem II.

Kualitas Thom Haye  sebagai gelandang serang juga tercermin dalam catatannya yang selalu dipanggil memperkuat Timnas Belanda di level junior dari U-15 hingga U-21.

Navarone Foor (Vitesse)

Satu lagi pemain yang berposisi sebagai gelandang serang, Navarone Foor, juga disebut dalam kabar media asal Vietnam itu.

Navarone Foor kini memperkuat tim Liga Belanda, Vittese. Berusia 27 tahun, nama Navarone Foor juga pernah malang melintang di Timnas Belanda pada level junior.


2. Benjamin van Leer (Ajax)

Benjamin van Leer saat mengikuti sesi latihan di Ajax Amsterdam.

Tak main-main, nama penjaga gawang yang kini berada di tim senior Ajax Amsterdam, Benjamin van Leer juga masuk dalam rumor naturalisasi Timnas Indonesia.

Kiper yang musim lalu dipinjamkan Ajax ke NAC Breda itu kini berusia 27 tahun. Memiliki darah Indonesia, Benjamin van Leer hingga kini setidaknya sudah merasakan 27 kali tampil di kasta tertinggi sepak bola Belanda Eredivisie bersama beberapa klub.

Joey Pelupessy (Sheffield Wednesday) 

Dari namannya, mudah dikenali Joey Pelupessy adalah pemain yang memeiliki keturunan Indonesia atau tepatnya dari Maluku. Saat ini, Joey Pelupessy bermain di klub Liga Inggris, Sheffield Wednesday.

Berusia 26 tahun, Joey Pelupessy yang berposisi asli sebagai gelandang bertahan, juga fasih ditempatkan sebagai bek dan juga bek sayap kanan.

Baca Juga

Sebelum hijrah ke Inggirs, Joey Pelupessy sudah malang melintang di Liga Belanda bersama FC Twente dan Heracles Almelo. Namanya juga sempat menghiasi skuat Timnas Belanda di U-18 hingga U-20.

Sandy Walsh (Zulte-Waregem)

Pemain berdarah Indonesia asal klub Belgia Zulte Waregem, Sandy Walsh, berada di Jakarta. Di sela-sela kunjungannya, pemain yang ingin berseragam Timnas Indonesia tersebut meluangkan waktu untuk bermain sepak bola bersama beberapa komunitas tanah air.

Satu nama berikutnya, merupakan mantan pemain junior Ajax Amsterdam yang memang sudah santer tersiar akan segera dinaturalisasi Indonesia, yakni Sandy Walsh.

Memperkuat klub divisi utama Liga Belgia, Zulte Waregem, pemain 24 tahun itu bahkan sempat beberapa kali dikaitkan dengan tim Liga 1 2019, seperti Persija Jakarta.

Jordy Tutuarima (De Graafschap)

Pemain terakhir adalah Jordy Tutuarima. Bermain untuk De Graafschap, pemain yang memiliki garis keturunan Maluku itu selama ini memang lebih banyak menghabiskan karier di divisi kedua Liga Belanda.

Namun di level junior, Jordy Tutuarima yang berposisi sebagai bek kiri, beberapa kali juga sempat dipanggil Timnas U-17 dan U-18 Belanda.

BelandaAjax AmsterdamNaturalisasiLiga IndonesiaSandy WalshTRIVIABola Indonesia

Berita Terkini