x

Analisis Pertandingan Liga 1 2019 Persija vs Arema FC: Perjuangan Tanpa Lelah Singo Edan

Sabtu, 3 Agustus 2019 19:36 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Marko Simic (tiga dari kiri) melepaskan tembakan ke arah gawang Arema FC dalam lanjutan pekan ke-12 Liga 1 2019, Sabtu (03/08/19).

INDOSPORT.COM - Persija Jakarta harus rela meraih satu angka melawan tamunya Arema FC setelah sempat unggul 2-1 hingga babak perpanjangan waktu babak kedua. Gol penentu dari Ahmad Nur Hardianto pada menit 90+5 membuyarkan kemenangan Macan Kemayoran. 

Tuan rumah Persija Jakarta tampil dengan skuat terbaiknya dengan menurunkan Andritanya dan Rezaldi Hehanusa. Di barisan depan, Macan Kemayoran memainkan trio Riko Simanjuntak, Marko Simic, dan Novri Setiawan. 

Begitu juga dengan tim tamu Arema FC yang memainkan Comvalius, Hanif Sjahbandi, Makan Konate di barisan penyerangan. Hanya Dedik Setiawan yang terlihat absen.

Baca Juga

Kedua tim membuka laga dengan tempo tinggi. Baik Persija maupun Arema sama-sama tampil menyerang dan mendapatkan peluang. 

Arema pun mendapat kesempatan unggul terlebih dulu lewat aksi Hanif Sjahbandi pada menit 8'. Kesalahan oper dari Ryuji Utomo dimanfaatkan Hanif Sjahbandi untuk menjebol gawang Perisja. 

Selepas gol ini, Persija bermain lebih menyerang dan disiplin. Hasilnya, pada menit 20' mereka sanggup menyamakan skor. 

Rezaldi yang kembali bertugas mengambil bola-bola set piece sanggup mengirim bola berbahaya ke kotak penalti Arema. Sedikit kemelut terjadi dan Novri yang berdiri bebas mampu memanfaatkannya menjadi gol. 

Persija memainkan sepak bola yang cukup menghibur di pertandingan ini. Aksi-aksi khas Riko, Simic, dan Novri beberapa kali mengancam gawang Arema yang dijaga Arthur dan Hamka Hamzah. 

Kelengahan Persija dan Kecerdikan Hamka Hamzah

Babak kedua laga berjalan lebih sengit. Persija membalikkan keunggulan lewat aksi Marko Simic. Lagi-lagi ia mencetak gol berkat umpan manis dari Riko Simanjuntak yang tak egois walau sudah berhadapan satu lawan satu dengan Kartika Aji. 

Macan Kemayoran bermain lebih tenang dalam menyusun serangan. Sementara Arema terlihat tergesa-gesa walaupun banyak peluang yang tercipta. 

Sayangnya bagi Persija, kelengahan di menit akhir kembali menghukum mereka. Macan Kemayoran seperti terlalu meremehkan perjuangan anak-anak Singo Edan dan hanya mengharapkan waktu untuk segera berakhir. 

Pelatih Julio Banuelos sejatinya terlihat sudah menginstruksikan untuk mengalirkan bola ke depan. Namun insiden kecil yang melibatkan Riko Simanjuntak di tepi lapangan membuat Arema mendapatkan bola. 

Di tengah himpitan waktu, pemain bertahan Singo Edan pun mencoba mengirimkan umpan lambung spekulasi ke kotak penalti Persija.  

Di situ sudah ada bek Hamka Hamzah yang memang sedari tadi maju ke depan memantu penyerangan. Hamka pun sanggup menahan bola dan menyodorkan bola tanggung ke Hardianto yang langsung disambarnya menjadi gol. 

Bukan kali pertama Persija dihukum di menit akhir. Hal serupa mereka dapatkan kala diimbangi Persib Bandung dan Barito Putera.

Baca Juga

Ini menjadi PR Julio Banuelos untuk memperbaiki konsentrasi pemain Persija pada menit-menit akhir pertandingan. 

Persija JakartaSingo EdanLiga IndonesiaHardiantoArema FCLiga 1Marko Simic

Berita Terkini