x

Guardiola Bawa Dampak Besar ke Liga Inggris, Ferguson dan Wenger Kalah

Minggu, 5 Januari 2020 15:06 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, dianggap bawa pengaruh besar ke Liga Inggris oleh Gary Lineker.

INDOSPORT.COMGary Lineker menyatakan kedatangan Pep Guardiola hampir empat tahun yang lalu ke Liga Inggris berdampak besar bagi perkembangan sepak bola Negeri Ratu Elizabeth tersebut saat ini.

Taktik dan skema permainan Guardiola ditiru beberapa klub divisi bawah. Sentuhan dari kaki ke kaki yang dilakukan klub-klub tersebut bahkan terlihat mirip umpan-umpan para pemain Barcelona di era jaya mereka saat masih dilatih Guardiola.

Bahkan, saking besarnya dampak yang ditimbulkan Pep Guardiola di dunia sepak bola Inggris, Lineker menyatakan, bahwa pengaruh yang dibawa pelatih asal Spanyol tersebut lebih besar daripada Sir Alex Ferguson dan Arsene Wenger.

Baca Juga

“Tanpa diragukan lagi, Guardiola punya dampak besar yang sangat positif di sepak bola Inggris. Kehadirannya ke Inggris, tidak hanya mengubah Manchester City mendominasi Liga Inggris, tetapi juga membuat gaya permainan klub-klub divisi bawah semakin mirip Barcelona,” ujar Lineker dikutip dari givemesport.

Legenda Inggris tersebut menambahkan, Guardiola juga mengubah cara pandang para pelatih yang ada di Inggris. Sepak bola Inggris yang terkenal dengan Kick and Rush yang sebenarnya perwujudan lain direct football, semakin ditinggalkan dan digantikan total football.

Baca Juga

Hal seperti itu menurut Gary Lineker tidak dapat diciptakan oleh seorang Sir Alex Ferguson maupun Arsene Wenger, walaupun pencapaian Ferguson dengan trofi-trofinya berhasil menghasilkan persaingan Liga Inggris yang ketat seperti sekarang ini.

Siapa tahu setelah dominasi Manchester City digantikan oleh Liverpool, Jurgen Klopp akan menjadi salah satu pelatih yang juga bisa memberikan pengaruhnya sampai ke divisi bawah Liga Inggris.

Pep GuardiolaGary LinekerLiga Primer InggrisLiga InggrisSepak BolaBerita Liga Inggris

Berita Terkini