x

3 Fakta Svay Rieng FC, Klub Polisi Militer Calon Lawan Bali United di Piala AFC

Senin, 24 Februari 2020 18:47 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Preah Khan Reach Svay Rieng FC akan menjamu klub Liga 1 2020 Bali United dalam lanjutan pertandingan Piala AFC 2020, Selasa (25/02/20).

INDOSPORT.COM - Preah Khan Reach Svay Rieng FC akan menjamu klub Liga 1 2020 Bali United dalam lanjutan pertandingan Piala AFC 2020, Selasa (25/02/20).

Klub asal Kamboja Preah Khan Reach Svay Rieng FC atau yang secar asingkat dikenal sebagai Svay Rieng FC , akan menjadi lawan klub Liga 1 2020 Bali United dalam pertandingan kedua grup G Piala AFC 2020, Selsa (25/02/20).

Gagal di pertandingan perdana mereka di Piala AFC 2020, Svay Rieng FC sebenarnya berada dalam posisi yang tak cukup lebih diunggulkan saat melawan Bali United nanti.

Baca Juga

Diluar itu, meski sudah punya cukup nama besar di Kamboja, Svay Rieng FC  sebenarnya pun datang menjamu Bali United nanti dengan popularitas yang sangat minim di telinga penikmat sepak bola Indonesia. Termasuk suporter Bali United.

Nama Svay Rieng FC jauh tertinggal popularitasnnya di Indonesia jika dibandingkan klub-klub asal Malaysia, Singapura, Thailand bahkan Vietnam.

Maka dari itu untuk sekadar lebih mengenalkan tentang Svay Rieng FC ke publik sepak bola Indonesia, berikut INDOSPORT rangkumkan singkat beberapa hal, yang terangkum dalam 3 fakta mengenai Svay Rieng FC.

Sejarah

Jika dibanding klub-klub Indonesia, Svay Rieng FC memiliki usia yang relatif masih baru di dunia sepak bola Asia Tenggara. Namun jika dibandingkan beberapa klub Kamboja lainnya, Svay Rieng FC justru lahir jauh sebelum era kompetisi moders sepak bola Kamboja atau C-League.

Svay Rieng FC berdiri pada tahun 1997 dengan nama Royal Sword. Nama itu muncul tak lepas dari status mereka yang berada di bawah Soa Sokha, Polisi Militer Kamboja atau Police Military General Commander.

Nama Royal Sword sendiri digunakan hingga tahun 2007, sebelum berganti menjadi Preah Khan Reach FC (PKR FC). Perubahan itu juga bertujuan agar mereka bisa mengikuti kompetisi resmi yang ada di bawah naungan Federasi Sepak Bola Kamboja.

Baru kemudian di musim 2013, nama mereka kembali berubah, dengan embel-embel provisi tempat mereka berada, Svay Rieng . Menjadi Preah Khan Reach Svay Rieng FC hingga kini.

Prestasi

Perubahan nama menjadi Preah Khan Reach Svay Rieng FC sekaligus menandai musim perdana mereka sukses meraih prestasi tertinggi di Liag Kamboja.

Setelah berganti nama di awal musim, Svay Rieng FC meraih gelar perdananya di kasat atertinggi dengan menjuarai Liga Kamboja 2013. Gelar Liga yang belakangan baru sukses mereka gandakan pada musim 2019 lalu.

Selain dua gelar Liga, Svay Rieng FC juga mewarnai suksesnya dengan empat gelar Piala Liga atau Hun Sen Cup. Yakni pad tahun 2011, 2012, 2015 dan 2017.

Baca Juga

Kandang

Fakta ketiga adalah mengenai kandang Svay Rieng FC. Menjamu Bali United di Piala AFC 2020, Svay Rieng FC  akan menggunakan National Olympic Stadium, Phnom Penh Kamboja sebagai kandangnya.

Namun sebenarnya, National Olympic Stadium yang berada di Phnom Penh Kamboja  bukanlah kandang asli dari Svay Rieng FC.

Seperti di sebeutkan sebelumnya, Svay Rieng FC berasal dari provinsi Svay Rieng dan kandang mereka berada di Stadion Svay Rieng yang berkapasitas 4ribu kursi penonton.

Namun lantaran tak memenuhi stadar AFC, Svay Rieng  FC terpaksa menggunakan National Olympic Stadium, Phnom Penh sebagai kandangnya di Piala AFC 2020.

KambojaPiala AFCBola InternasionalBali United FCTRIVIASepak BolaSvay Rieng FC

Berita Terkini