x

Penjelasan Dokter PSS Sleman Setelah TIm Jalani Tes Antisipasi Virus Corona

Kamis, 19 Maret 2020 22:58 WIB
Penulis: Prabowo | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
Pemain, tim pelatih dan official PSS Sleman menjalani tes medis di RS Siloam, Yogyakarta.

INDOSPORT.COM - Elemen klub Liga 1 2020 PSS Sleman menjalani medical check-up di Rumah Sakit Siloam, Yogyakarta, Kamis (19/03/20). Tes kesehatan itu dilakukan perihal ansitipasi wabah virus Corona yang saat ini merebak.

Dokter PSS, Elwizan Aminudin saat dihubungi INDOSPORT, memberikan penjelasan berkait medical check-up tersebut. Mulai tim pelatih, pemain, hingga official mengikuti screening deteksi dini.

"Tadi siang semuanya melalui proses pengambilan sampel darah, foto rontgen di dada, pemberian vaksin influenza dan vitamin imunitas. Karena virus Corona itu kan dimulai dari flu dan imun seseorang yang lemah," ungkap dokter yang akrab disapa Amin tersebut.

Baca Juga

Amin menyebut pemeriksaan itu bukan untuk mengetahui seseorang positif atau negatif terpapar virus Corona. Namun, sebagai langkah untuk melihat ada tidaknya kasus yang mengarah suspect ke COVID-19.

"Kita memang lakukan screening dini terlebih dulu. Kalau kita temukan ada yang suspect, baru dilakukan isolasi dan pemeriksaan lebih lanjut," ujar dia.

"Bayangkan saja kalau orang sehat test dengan yang sudah terpapar Corona pasti ikut kena. Makanya, kita lakukan deteksi dulu, besok hasilnya seperti apa baru kita lakukan tindakan lanjutan," tegas mantan dokter Timnas Indonesia U-19 tersebut.

Baca Juga

Dia menambahkan, secara umum tidak ada yang mengarah ke gejala flu hingga Corona. Meski demikian, pihaknya tetap menunggu hasil medis besok untuk melangkah lebih jauh.

"Nanti hasilnya saya sampaikan ke staf pelatih dan manajemen untuk ambil tindakan apakah lockdown atau tidak. Apalagi, dari data di Yogyakarta kondisinya mulai mengkhawatirkan," kata Amin.

PSS SlemanLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Virus CoronaLiga 1 2020

Berita Terkini