x

Cerdas! Begini Cara Tak Terduga Pioli Untuk Pahami Skuat AC Milan

Jumat, 1 Mei 2020 15:50 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
Pelatih sepak bola AC Milan, Stefano Pioli, memberi jawaban cerdas nan tak terduga ketika ditanya tentang bagaimana cara untuk memahami skuat klub Serie A itu.

INDOSPORT.COM - Pelatih sepak bola AC Milan, Stefano Pioli, membeberkan jawaban cerdas nan tak terduganya ketika ditanya tentang bagaimana cara untuk memahami masing-masing pemain klub Serie A Liga Italia tersebut.

Stefano Pioli memang belum ada setahun melatih AC Milan. Dia baru masuk menggantikan Marco Giampaolo pada 9 Oktober 2019 yang lalu di saat klub tersebut sedang berada di situasi memprihatinkan.

Meski dirinya sedang santer bakal didepak dan digantikan oleh Ralf Rangnick, tapi Pioli sebenarnya mampu menjalankan tugasnya dengan cukup baik. Terbukti, di Serie A Liga Italia, Milan mendapatkan sembilan kali kemenangan dan hanya enam kekalahan.

Baca Juga
Baca Juga

Untuk bisa memberikan kejayaan bagi klub, seorang pelatih harus mampu mengetahui kepribadian, situasi, dan perbedaan dari para pemain yang ia miliki. Melansir dari laman portal berita olahraga Sempre Milan, Pioli memiliki cara yang sangat cerdas untuk bisa memahami masing-masing pemain.

"Saya menanyakan banyak pertanyaan kepada para pemain. Saya mencoba untuk mengerti kepribadian mereka, melalui jawaban tersebut," ujar sosok berusia 54 tahun tersebut.

"Saya ingin mencoba memahami bagaimana cara untuk memberi stimulus dan memotivasi mereka. Dengan mengetahui situasi mereka, Anda akan tahu apakah harus bersikap tenang atau lebih agresif," lanjutnya.

"Bahkan, candaan ringan sudah cukup untuk mengetahui situasi kejiwaan masing-masing pemain," pungkasnya.

Ini adalah cara yang sangat jenius untuk bisa memahami setiap individu. Memberikan pertanyaan-pertanyaan yang 'menggiring' memang menjadi metode umum bagi pakar psikologi untuk bisa mengenal orang lain lebih dalam.

Ditambah lagi, dengan menerapkan candaan-candaan tertentu, seseorang memang bisa mengetahui sifat lawan bicaranya, berdasarkan respons mereka dalam menanggapi candaan tersebut.

Baca Juga
Baca Juga

Tak heran bila mantan bek tengah Juventus, Parma, dan Hellas Verona itu laris dapat tawaran untuk menjadi pelatih. Tercatat, sudah ada 13 klub termasuk raksasa sepak bola Serie A Liga Italia, Inter Milan dan Lazio, yang pernah ia latih sebelum ini.

Namun sayang, Stefano Pioli justru diterpa kabar tak sedap. Pasalnya, CEO mereka yang bernama Ivan Gazidis dikabarkan ingin menggantinya dengan Ralf Rangnick. Rencana tersebut muncul karena Gazidis punya visi yang sama dengan eks pelatih RB Leipzig tersebut.

AC MilanStefano PioliIvan GazidisLiga ItaliaSepak BolaAC Milan NewsBerita Liga Italia

Berita Terkini