x

2 Pemain Asing Mualaf yang Pernah Berseragam PSIS

Minggu, 3 Mei 2020 16:54 WIB
Penulis: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
Berikut dua pemain asing yang pernah memperkuat klub Liga 1 2020, PSIS Semarang, yang kemudian memutuskan menjadi mualaf, termasuk Silvio Escobar.

INDOSPORT.COM – Berikut dua pemain asing yang pernah memperkuat klub Liga 1 2020, PSIS Semarang, yang kemudian memutuskan menjadi mualaf, termasuk Silvio Escobar.

Bermain di kompetisi sepak bola Indonesia membuat beberapa pemain asing yang mempelajari Agama Islam dan akhirnya memutuskan diri menjadi mualaf.

Beberapa nama tenar seperti Cristian Gonzales dan Danillo Fernando menjadi contoh pesepak bola yang memutuskan masuk Islam usai datang ke Indonesia.

Baca Juga
Baca Juga

Beberapa klub di Indonesia pun pernah memiliki pemain asing yang berstatus mualaf dalam bagian timnya dalam mengarungi kompetisi.

Salah satu klub yang pernah menggunakan jasa pemain asing mualaf adalah PSIS Semarang. Kebetulan, dua pemain asing berstatus mualaf yang pernah berseragam Laskar Mahesa Jenar sama-sama berasal dari Amerika Latin.

Nama pertama adalah Patricio Jimenez Diaz, pesepak bola yang namanya melambung usai mencetak gol penalti untuk Persib Bandung dengan mata tertutup ini sempat berseragam PSIS di kompetisi Divisi Utama tahun 2010-11.

Pemain asal Chile yang pernah memperkuat Persib Bandung, Patricio Jimenez

Pria asal Chile ini memutuskan menjadi mualaf usai menginjakkan kaki di Indonesia. Ia merasa di Agama Islam ada kesetaraan dan akhirnya ia pelan-pelan belajar mengaji.

Tak hanya itu, usai beberapa bulan menjadi mualaf di tahun 2004, pemain yang identik dengan rambut gondrongnya ini menikahi wanita Minangkabau yang juga beragama Islam. Hingga saat ini, ia memilih menetap tinggal di Indonesia dan aktif melakukan pendidikan sepak bola di daerah-daerah.

Selain Patricio Jimenez, PSIS juga sempat diperkuat pemain asing berstatus mualaf yakni Silvio Escobar. Pria asal Paraguay yang kini sudah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) ini bergabung bersama Laskar Mahesa Jenar di kompetisi Liga 1 2019.

Sama-sama berasal dari Amerika Latin, Silvio Escobar memiliki kesamaan dengan Patricio Jimenez di awal mula ingin memeluk Islam.

Pria yang sempat menjadi kapten Perseru Serui ini tertarik menjadi mualaf usai bergabung dengan Persepam Madura United pada tahun 2014 silam. Escobar tertarik memeluk Islam karena mendapat cerita tentang Islam dari asisten pelatih Persepam saat itu, Sumardi.

Baca Juga
Baca Juga

Di tahun 2015 ia akhirnya memutuskan untuk menjadi mualaf. Ia sempat hampir mengurungkan niatnya untuk masuk Islam karena takut disunat, namun Escobar akhirnya memberanikan diri karena mendapat cerita dari salah seorang rekannya bahwa sunat baik untuk kesehatan.

Sama dengan Patricio Jimenez, Escobar memutuskan menjadi mualaf sebelum ia menikah dengan wanita asal Betawi.

Saat ini, Escobar juga menetap di Indonesia bersama istrinya dan masih aktif bermain sepak bola di klub Tira Persikabo yang berlaga di kompetisi Liga 1 2020.

PSIS SemarangLiga IndonesiaLiga 1Silvio EscobarPatricio JimenezBerita Liga 1

Berita Terkini