x

Termasuk Eks Juara LCA, 11 Klub China Bangkrut dan Didepak dari Kompetisi Profesional

Selasa, 26 Mei 2020 23:24 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Yohanes Ishak
Termasuk eks Juara Liga Champions Asia, 11 klub China bangkrut dan didepak dari kompetisi profesional.

INDOSPORT.COM - Liga China musim ini akan sepi karena 11 klub bangkrut dan membuat Asosiasi Sepak Bola China (CFA) mendiskualifikasi mereka dari kompetisi.

Dilansir dari xinhuanet, 11 klub China yang bangkrut tersebut diantaranya terdiri dari empat tim yang berlaga di kasta kedua dan tujuh dari kasta ketiga.

Baca Juga
Baca Juga

Dari 11 klub tersebut salah satunya merupakan mantan juara Liga Champions Asia 1991 silam bernama Liaoning Hongyun.

Pandemi virus corona membuat banyak pemilik klub mengalami kesulitan keuangan hingga membuat pemain, pelatih dan staf terlambat mendapatkan upah.

Presiden CFA, Chen Xuyuan cukup prihatin dengan kondisi tersebut apalagi kasus tunggakan gaji membuat sepak bola China menjadi tercoreng.

"Klub kami hampir tidak dapat mencapai pembangunan berkelanjutan. Pemiliknya telah banyak berinvestasi tetapi hanya mendapat sedikit uang, dan ini bisa merusak sepak bola Tiongkok," kata Chen Xuyuan.

Chen Xuyuan juga berharap kalau kejadian ini bisa menjadi pengalaman bagi seluruh pemilik klub supaya lebih jeli dalam membuat perencanaan keuangan jangka panjang.

Baca Juga
Baca Juga

"Kami berharap bahwa klub di semua tingkatan dapat memperhatikan perencanaan jangka panjang dan manajemen rasional, sehingga mereka dapat melindungi hak dan kepentingan para pemain, pelatih dan staf yang sah, dan oleh karena itu mempromosikan sepakbola profesional untuk mencapai pembangunan berkelanjutan," ucapnya menambahkan.

Sementara itu, Liga China 2020 masih belum jelas kapan akan dimulai. CFA masih menunggu aba-aba dari pemerintah China untuk segera menyelesaikan kompetisi domestik.

Liga ChinaLiga Champions AsiaBola InternasionalSepak BolaVirus Corona

Berita Terkini