x

Rival Piala Asia U-16 2020: China, Tim yang Bisa Beri Poin untuk Timnas Indonesia

Kamis, 18 Juni 2020 19:14 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Lanjar Wiratri
Rival Piala Asia U-16 2020: China, Tim Besar yang Bisa Beri Poin untuk Timnas Indonesia

INDOSPORT.COM - Profil Timnas China, salah satu lawan berat Indonesia pada Piala Asia U-16 2020 yang berpotensi bisa memberikan poin untuk skuat Garuda.

Setelah berhasil menyandang status runner-up Grup G di babak Kualifikasi Piala Asia U-16 2020, kini Timnas Indonesia U-16 akan melangkah ke putaran final yang berlangsung pada bulan September mendatang.

Target skuat Garuda di Piala Asia U-16 2020 kali ini adalah lolos ke semifinal demi mewujudkan impian berjuang di Piala Dunia U-17 2021. Namun, sebelum itu Timnas Indonesia U-16 harus lebih dulu melalui jalan terjal di fase grup.

Baca Juga
Baca Juga

Hari ini, Kamis (18/06/20), telah dilangsungkan drawing babak penyisihan Piala Asia U-16 yang dilangsungkan di Kantor AFC, Kuala Lumpur, Malaysia. 

Timnas Indonesia bersama 15 negara lainnya, termasuk Bahrain sebagai tuan rumah dibagi dalam empat grup. Tim asuhan Bima Sakti tersebut menempati pot 2 yang juga dihuni Korea Utara, Australia, dan Oman. 

Dari hasil drawing yang dilakukan, Timnas Indonesia U-16 akhirnya dipastikan mengisi Grup D bersama dengan China, Arab Saudi, dan Jepang.

Meski sempat tampil gemilang pada babak kualifikasi Piala Asia U-16, namun dengan sederet tim besar yang juga menghuni Grup D tampaknya bakal membuat langkah Timnas indonesia sedikit terhambat.

Salah satu tim yang harus diwaspadai Timnas Indonesia di Grup D nanti adalah China. Meski begitu, juara dua kali Piala Asia U16 ini bisa menjadi lawan yang berpotensi besar bakal memberikan poin buat Garuda.

Pasalnya ketimbang dua tim lain, Timnas China merupakan tim yang cukup seimbang dengan Indonesia bahkan kedua negara sempat bertemu di babak kualifikasi Piala Asia U 16.

Lantas seperti apakah peta kekuatan serta kiprah China yang bakal menjadi lawan Timnas Indonesia di penyisihan grup Piala Asia U16 2020 nanti? Lebih lengkapnya berikut INDOSPORT coba merangkum serta menulisnya.

Baca Juga
Baca Juga

Profil Tim
China sendiri merupakan salah satu negara yang persepakbolaannya cukup berkembang di kawasan Asia, terbukti skuat muda mereka pernah beberapa kali tampil di gelaran Piala Dunia level junior.

Penampilan terbaik Timnas China U16 sendiri terjadi pada tahun 1985 dan 2005, di mana pada dua edisi tersebut skuat berjuluk The Young Dragons tersebut sukses mencapai babak perempatfinal Piala Dunia U17.

Sejumlah pemain bintang pun lahir pasca gelaran Piala Dunia U17 tahun 2005 lalu, sebut saja Wang Dalei, Deng Zhuoxiang hingga Yu Dabao yang sempat berkarier di Benfica.


1. Rekam Jejak di Piala Asia

Gelandang Timnas Indonesia U-16, Marselino Ferdinan (kanan) menggiring bola dan dalam penjagaan Xu Bin, Minggu (22/09/2019). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

Dalam 14 kali keikutsertaanya di Piala Asia, skuat Timnas China U 16 berhasil meraih capaian terbaik pada tahun 1992 dan 2004. Di mana pada dua gelaran tersebut, China sukses keluar sebagai juara.

Pada edisi Piala Asia U16 tahun 2004 lalu, Timnas China berhasil menjadi juara dengan mengalahkan beberapa tim kuat di penyisihan grup hingga partai final.

Sebut saja Oman dan Iran berhasil mereka kalahkan pada babak perempatfinal serta semifinal, sebelum akhirnya menumbangkan Korea Utara di pertandingan puncak.

Pendulang Poin Untuk Timnas Indonesia
Meski punya rekam jejak cukup impresif di gelaran Piala Asia dan Piala Dunia junior, faktanya Timnas Indonesia pernah menahan imbang China dan memberikan poin krusial buat skuat Garuda.

Pertemuan antara Timnas Indonesia dan China sendiri terjadi pada babak kualifikasi Piala Asia U16 2020, tepatnya di laga terakhir kualifikasi bulan September tahun lalu.

Dalam laga yang berlangsung di stadion Gelora Bung Karno tersebut, Timnas Indonesia berhasil menahan imbang China dengan skor 0-0. Tambahan satu angka membuat Timnas Indonesia memastikan tempat sebagai runner up terbaik dan berhak melangkah ke putaran final Piala Asia U16 2020.

Dengan rekor pertemuan tersebut, membuka peluang bagi Timnas Indonesia untuk bisa meraih poin meskipun harus dengan hasil imbang kontra China.

ChinaTimnas Indonesia U-16Timnas IndonesiaBola InternasionalPiala AsiaPiala Asia U-16profilBerita Timnas IndonesiaPiala Asia U-16 2020

Berita Terkini