x

Everton vs Liverpool: 3 Hal yang Buat The Reds Terjungkal di Goodison Park

Minggu, 21 Juni 2020 12:45 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Mohamed Salah meluapkan kekesalannya usai Liverpool tersingkir dari Liga Champions

INDOSPORT.COMLiverpool harus bisa mengalahkan Everton di Goodison Park demi gelar juara Liga Inggris yang sudah di depan mata. Namun, tiga alasan berikut bisa menggagalkannya jelang laga Everton vs Liverpool yang akan berlangsung pada Senin (22/06/2020) dini hari WIB nanti.

Kembali digulirkannya Liga Inggris jelas menjadi angin segar buat Liverpool yang sudah tak sabar merengkuh gelar juara Liga Inggris pertamanya di era modern. Dengan keunggulan 21 poin atas Manchester City di peringkat dua, Liverpool kini tinggal butuh dua kemenangan lagi di Liga Inggris yang sudah memasuki pekan ke-30.

Menariknya satu kemenangan Liverpool itu harus didapat mereka dari sang rival sekota, Everton di pertandingan pekan ke-30 dini hari esok waktu Indonesia, Senin (22/06/20).

Baca Juga
Baca Juga

Bertandang ke Goodison Park markas Everton, Liverpool dengan kualitasnya memang jelas akan lebih diunggulkan. Namun bukan berarti itu akan berjalan mudah.

Sebab alih-alih meraih kemenangan mudah, tiga hal berikut ini membuat Liverpool justru berpotensi gagal meraih kemenangan yang diinginkannya demi gelar juara Liga Inggris.

Apa saja hal tersebut? Berikut INDOSPORT merangkumkannya jelang laga Everton vs Liverpool.

Kondisi Pemain

Skuat Liverpool tertunduk lesu usai kalah dari Atletico Madrid

Kondisi pemain bisa menjadi hal pertama yang menggagalkan skuat Jurgen Klopp untuk meraih kemenangan di Goodison Park dalam laga Everton vs Liverpool.

Kondisi pemain ini berkaitan dengan jeda panjang Liga Inggris akibat pandemi virus corona, yang pasti membuat para pemain belum berada pada kondisi terbaiknya.

Hal tersebut berlaku pada kedua tim. Jadi alih-alih bermain trengginas untuk mengejar kemenangan. Kedua tim kemungkinan akan bermain jauh di bawah kemampuan terbaik mereka sebelumnya. Dan itu tentu akan membuka peluang laga berakhir imbang yang lebih realistis untuk tercipta.

Buat Liverpool sendiri, terkait kondisi pemain, mereka juga dikabarkan akan sedikit mendapatkan kerugian, dengan tidak fitnya Mohamed Salah dan Andrew Robertson.

Absennya Salah yang merupakan top skor tim, serta Robertson yang merupakan salah satu pemberi assist terbanyak, secara langsung juga akan berimplikasi pada ketajaman Liverpool di laga nanti

Rekor Pertemuan

Gelandang Liverpool, Pedro Chirivella saat berusaha melindungi bola dari rebutan pemain Everton.

Jika melihat secara keseluruhan, Liverpool memang pantas jemawa dengan 121  kemenangan, 83 imbang dan hanya 82 kali kalah dari Everton.

Bahkan di era kepelatihan Jurgen Klopp, The Reds mampu mengamankan tujuh kemenangan dan tiga imbang, tanpa sekalipun menelan kekalahan.

Tetapi jika melihat pertandingan nanti yang akan berlangsung di kendang Everton, Goodison Park, statistik di era Jurgen Klopp itu justru bisa menghadirkan kekhawatiran buat Liverpool yang berambisi meraih kemenangan.

Sebab setiap Liverpool bertandang ke Goodison Park di era Jurgen Klopp, kemenangan sangat sulit sekali untuk mereka dapatkan.

Baca Juga
Baca Juga

Di dua lawatan terakhir bahkan Liverpool tak bisa meraih kemenangan dan mencetak satupun gol, dengan bermain imbang 0-0.

Sementara di satu pertandingan sisa lainnya dalam lawatan ke Goodison Park, Liverpool hanya bisa meraih kemenangan tipis 1-0. Itupun terjadi berkat gol Sadion Mane pada menit-menit akhir, 90+4, yang kental akan aroma keberuntungan.

Maka dari itu, dengan statistik yang tak meyakinkan ketika melawan Everton di Goodison Park, bukan tak mungkin Liverpool juga akan kembali tertahan nanti dengan hanya bermain imbang.


1. Stadion Kosong Goodison Park

Luapan kegembiraan fans Liverpool

Hal terakhir yang mungkin akan menyulitkan Liverpool untuk meraih kemenangan atas Everton, memang tak akan bisa diukur secara statistik.

Namun dengan nama besarnya yang dikenal sebagai klub yang selalu mendapatkan dukungan luar biasa dari suporter dalam setiap pertandingan, bukan hal mustahil jika kita nantinya melihat semangat anak asuh Jurgen Klopp akan jauh berkurang di laga Everton yang tanpa penonton di Goodison Park nanti.

Karena buat tim seperti Liverpool, dukungan suporter tak bisa ditampik lagi. Mereka sangat berperan besar dalam kesuksesan Liverpool. Semangat para pemain seakan bisa berlipat ganda setiap mendengar chant-chant yang dilantunkan oleh para Kopiters yang hadir langsung ke stadion, baik di laga kandang maupun tandang.

Maka dari itu, tanpa kehadiran para Kopites nanti, bukan hal yang mustahil bila para pemain Liverpool akan kehilangan semangat luar biasanya. Apa lagi jika nantinya Everton benar-benar bisa menyulitkan mereka untuk mencetak gol hingga lebih dari pertengahan laga.

Jika itu terjadi, maka sangat mungkin pertandingan Everton vs Liverpool di pekan ke-30 Liga Inggris nanti akan berakhir dengan skor imbang tanpa gol seperti dua laga sebelumnya di Goodison Park.

LiverpoolEvertonJurgen KloppLiga InggrisBola InternasionalTRIVIABerita Liga Inggris

Berita Terkini