x

Bisa di Kandang Man City, Ini Hitungan Peluang Kapan Liverpool Juara Liga Inggris

Selasa, 23 Juni 2020 11:24 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
Manchester City sukses mendekatkan jarak menjadi selisih 19 poin. Sehingga peluang Liverpool untuk juara Liga Inggris 2019/20 akan menjadi semakin lama.

INDOSPORT.COM – Manchester City sukses mendekatkan jarak menjadi selisih 19 poin. Sehingga peluang Liverpool untuk juara Liga Inggris 2019/20 akan menjadi semakin lama.

Pekan ke-30 Liga Inggris 2019/20 menghadirkan kisah yang kurang mengenakkan buat pemimpin klasemen sementara, Liverpool.

Baca Juga
Baca Juga

Sebab alih-alih meraih kemenangan untuk mengamankan gelar juara secepat mungkin, klub berjuluk The Reds itu justru tertahan oleh rival sekotanya, Everton dalam hasil imbang 0-0.

Diperparah lagi sehari setelahnya, sang pesaing terdekat, Manchester City justru sukses mendapatkan tiga poin penuh ketika menjamu Burnley di Stadion Etihad, dalam skor akhir 5-0, Selasa (23/06/20).

Berkat kemenangan tersebut, Manchester City pun bisa menipiskan jarak dengan Liverpool dengan menjadi selisih 20 poin. Sekaligus memastikan bahwa keinginan Liverpool untuk segera mengamankan gelar tak akan lekas terwujud.

Kapan Liverpool Amankan Gelar Juara Liga Inggris?

Saat Liga Inggris 2019/20 kembali digulirkan di pekan ke-30 usai jeda akibat pandemi virus corona, Liverpool sebenarnya tinggal membutuhkan dua kemenangan lagi. Sebab saat itu Liverpool memiliki keunggulan hingga 22 poin dan Liga Inggris tinggal menyisakan delapan pertandingan lagi.

Jadi andai Liverpool menang di pekan ke-30 (melawan Everton), mereka bisa langsung mengamankan gelar juara jika menang di pekan ke-31 (melawan Crystal Palace).

Dengan hitungan pada sisa tujuh pertandingan Liga Inggris, jikapun Liverpool selalu kalah dan Manchester City selalu menang, The Reds masih akan unggul dengan selisih satu poin untuk menjadi juara Liga Inggris 2019/20.

Baca Juga
Baca Juga

Tetapi setelah akhirnya hanya mampu bermain imbang 0-0 melawan Everton di pekan ke-30 dan Manchester City menang 5-0 dari Burnley, skenario itu semua jelas berubah. Andaipun nanti Liverpool menang melawan Crystal Palace, gelar juara Liga Inggris 2019/20 belum akan ada pada genggaman mereka.

Dengan kondisi saat ini, jika anak asuh Jurgen Klopp itu ingin secepat mungkin mengamankan gelar juara, mereka bukan hanya butuh menang di pekan ke-31 melawan Crystal Palace. Namun juga wajib tidak menelan kekalahan di laga selanjutnya pekan ke-32.


1. Peluang Liverpool Juara Liga Inggris di Pekan ke-32

Selebrasi pemain Liverpool Sadio Mane bersama teman satu tim usai mencetak gol ke gawang Aston Villa pada Liga Inggris di Villa Park, Birmingham, Inggris, Sabtu (02/11/19).

Melihat peluang Liverpool untuk cepat meraih gelar juara Liga Inggris 2019/20 kini menjadi menarik situasinya. Sebab katakanlah mereka bisa menang melawan Crystal Palace, seperti yang selalu mereka lakukan di lima laga terakhir atas tim London tersebut.

Di pekan ke-32, sudah menunggu sang rival langsung, Manchester City dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Etihad, Rabu (03/07/20).

Melihat kondisi terkini, di mana Manchester City sedang menggila lewat pesta golnya di dua laga terakhir. Peluang Liverpool untuk mengamankan gelar juara di pekan ke-32 menjadi sangat berat, sekalipun sebenarnya mereka hanya butuh hasil imbang.

Sebab jika imbang, selisih poin mereka dengan Manchester City akan tetap menjadi 20. Dan itu angka yang sangat aman, saat Liga Inggris tinggal menyisahkan enam pertandingan lagi setelah itu.

Sebaliknya jika Liverpool kalah dari Manchester City di pekan ke-32, selisih poin mereka akan kembali menipis menjadi 17 poin.

Kabar baiknya, andai selisih 17 poin itu tercipta, Liverpool tak perlu banyak khawatir. Karena mereka akan tetap bisa memastikan gelar juara di laga selanjutnya, pekan ke-33 saat harus menjamu Aston Villa di Stadion Anfield.

Tanpa mengecilkan kualitas Aston Villa, rasanya pertandingan itu akan dengan baik bisa diakhiri Liverpool dengan kemenangan. Sebab di lima pertandingan terakhir, empat di antaranya berujung kepada kemenangan buat Liverpool. Sementara terakhir kali Aston Villa menang atas Liverpool terjadi sudah sangat lama, pada tahun 2014 silam.

Jadi kesimpulannya, Liverpool memiliki peluang untuk segera mengamankan gelar Liga Inggris 2019/20 pada pekan ke-32 saat melawan Manchster City. Namun jika melihat kondisi saat ini, paling realistis gelar itu ada di genggaman mereka saat menjamu Aston Villa di pekan ke-33.

LiverpoolManchester CityAston VillaEvertonCrystal PalaceLiga InggrisBola InternasionalKlasemenBerita Liga Inggris

Berita Terkini