x

5 Pemain AC Milan yang Mentereng di Bawah Asuhan Stefano Pioli

Rabu, 15 Juli 2020 17:47 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak

INDOSPORT.COM - Berikut tersaji lima pemain sepak bola dari klub Serie A Liga Italia, AC Milan, yang ternyata bisa sukses di bawah kepelatihan Stefano Pioli.

Stefano Pioli bakal didepak AC Milan di akhir musim. Itu rumor yang santer beredar selama ini. Gantinya? Mantan pelatih Red Bull Leipzig, Ralf Rangnick, yang terkenal dengan taktik gegenpressing-nya.

Manajemen Milan merasa bahwa Pioli kurang mampu memberikan kejayaan bagi klub yang berjuluk Rossoneri atau Diavolo itu. Hal ini tidak salah, jika melihat dari performa Milan sebelum Serie A Liga Italia terdampak wabah corona.

Baca Juga
Baca Juga

Milan atau Rossoneri pernah terdepak dari peringkat 10 besar klasemen sementara seperti pada pekan ke-12, tepatnya usai mereka kalah 1-2 dari Lazio. Sebagai klub besar, posisi 12 tentu sangat memprihatinkan semua pihak.

Itulah alasan utama kenapa Milan berencana untuk mendepak Stefano Pioli. Padahal, setelah Serie A Liga Italia dilanjutkan kembali usai penundaan panjang akibat pandemi corona, Pioli mampu mengubah Milan menjadi tim superior.

Usai Serie A kembali bergulir, Rossoneri belum pernah kalah di kancah domestik. AC Milan bahkan mampu menjungkalkan AS Roma dengan skor 2-0, menghajar Lazio dengan skor 3-0, dan menghabisi Juventus dengan skor 4-2.

Kehebatan mereka itu tidak semata-mata karena strategi dari sang pelatih, tapi juga bagaimana Stefano Pioli mampu meningkatkan kualitas para pemain asuhannya. Beberapa pemain berhasil bersinar dengannya ketimbang saat bersama Marco Giampaolo.

Melansir dari laman portal berita olahraga Sportskeeda, berikut lima pemain sepak bola AC Milan yang mampu bersinar terang setelah dilatih Stefano Pioli.

1. Matteo Gabbia

Saat AC Milan masih dilatih oleh Gennaro Gattuso dan Marco Giampaolo, Matteo Gabbia sering menjadi penghangat bangku cadangan. Terhitung sudah lebih dari 22 kali bek berusia 20 tahun itu terpinggirkan dan tak menjadi andalan. Namun saat Stefano Pioli hadir, Gabbia mendapat tempat perlahan-lahan.

Gabbia adalah pemain yang solid dan memiliki kemampuan merebut bola dengan baik. Selain itu, ia juga mampu belajar dari tandemnya yang merupakan kapten AC Milan, Alessio Romagnoli. Hanya saja, Gabbia masih harus banyak belajar lantaran pengalamannya belum cukup banyak.

2. Ismael Bennacer

Ismael Bennacer diboyong ke San Siro di bursa transfer musim panas 2019 yang lalu dari Empoli. Berusia 22 tahun, gelandang kelahiran Prancis itu memang sudah punya bakat yang bagus sebelum gabung AC Milan. Namun, performanya terlihat lebih menonjol ketika Pioli menjadi pelatih mereka.

Bennacer sendiri merupakan sosok yang dinamis, elegan, dan percaya diri. Ia mampu menciptakan peluang saat timnya menemui jalan buntu untuk mencetak gol. Ditambah lagi, Bennacer mampu menjadi partner ideal bagi Franck Kessie. Sehingga, tak heran bila dirinya jadi incaran beberapa klub top Eropa di musim panas 2020.


1. 3. Theo Hernandez

Ante Rebic, salah satu pemain sepak bola AC Milan yang mampu memaksimalkan potensi dalam dirinya setelah dilatih oleh Stefano Pioli.

Didatangkan dari Real Madrid pada 2019, banyak yang percaya bahwa Theo Hernandez merupakan pembelian terbaik AC Milan di musim panas tahun lalu. Satu hal yang sangat menonjol darinya adalah kemampuan untuk membantu serangan dan mencetak gol. Padahal, Hernandez adalah bek kiri.

Musim ini, Theo Hernandez sudah dimainkan 28 kali di Serie A Liga Italia. Ia sukses mencetak enam gol, menyumbang dua assists, melakukan sembilan kali clean sheets, menciptakan lima peluang besar, memiliki akurasi umpan 84% per laga, dan memiliki tingkat kesuksesan duel 59% per laga.

4. Samuel Castillejo

Samuel Castillejo sudah memperkuat AC Milan sejak 17 Agustus 2018 yang lalu. Namun, ia baru benar-benar mendapat tempat reguler ketika Rossoneri dilatih Stefano Pioli. Sang pelatih telah memberinya kesempatan untuk bermain dan dari situlah bakat terpendam Castillejo mulai bangkit.

Awalnya, ia menggantikan posisi Suso yang dibuang ke Sevilla. Ternyata, makin lama performanya makin bagus. Bahkan, gelandang berusia 25 tahun itu mampu tampil dengan permainan terbaiknya usai Pioli menggunakan 4-2-3-1. Castillejo menciptakan peluang gol paling banyak dari lima liga top Eropa dengan 31 peluang.

Baca Juga
Baca Juga

5. Ante Rebic

Ante Rebic, striker yang didatangkan dari Eintracht Frankfurt pada 2 September 2019, gagal memberikan yang terbaik selama kepelatihan Marco Giampaolo. Bahkan, pada awal-awal era Stefano Pioli, ia juga masih sering terpinggirkan. Hal tersebut membuatnya dirumorkan ingin pulang ke Bundesliga Jerman.

Namun ternyata, Stefano Pioli sangat peka dengan pemainnya. Ia pun mengubah formasi AC Milan dari yang sebelumnya menggunakan tiga striker, menjadi dua. Mulai saat itu, Rebic langsung bersinar. Apalagi ketika ditandemkan dengan Zlatan Ibrahimovic dan juga ketika Pioli mengubah skemanya lagi menjadi 4-2-3-1. AC Milan pun tertarik untuk mempermanenkannya.

Itulah lima pemain sepak bola yang mampu bersinar di bawah asuhan Stefano Pioli. Namun sayang, pihak manajemen AC Milan tampaknya sudah memutuskan bahwa Ralf Rangnick akan menjadi pelatih berikutnya. Sehingga, mau tidak mau, perjuangan besar seorang Pioli di San Siro harus berakhir di akhir musim 2019/20.

AC MilanSamuel CastillejoStefano PioliLiga ItaliaMarco GiampaoloTheo HernandezAnte RebicSepak BolaAC Milan NewsIsmael BennacerBerita Liga Italia

Berita Terkini