x

Tidak Ada Lionel Messi, 5 Pesepakbola Cerdas Saat Ini

Rabu, 12 Agustus 2020 20:05 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Isman Fadil
Tak Ada Messi, Ini 5 Pemain Paling Cerdas Saat ini

INDOSPORT.COM - Sepak bola bukan hanya tentang fisik, permainan ini membutuhkan lebih banyak kecerdasan otak daripada otot dan hal itu merupakan fakta sebagai pesepakbola.

Seperti kita ketahui bahwa pemain Barcelona, Lionel Messi menjadikan postur tubuhnya suatu kelebihan yang dimiliki. Fisik tidak hanya dilihat sebagai hal yang utama dalam bermain sepak bola.

Baca Juga
Baca Juga

Pertarungan fisik yang intens selalu menjadi ciri khas permainan tetapi bukan hanya dominan secara fisik yang menang. Pemain cerdas dapat sepenuhnya menghindari situasi seperti itu dengan pemikiran cepat mereka.

Pesepakbola yang cerdas di luar lapangan bukanlah hal baru. Kecerdasan dalam bermain sepak bola adalah hal yang sama sekali berbeda. Sebagian besar pesepakbola terkenal sepanjang masa sangat tajam, baik itu bermunculan di tempat yang tepat pada waktu yang tepat atau melewati pertahanan dengan operan dan lari mencari posisi yang pas.

Berikut 5 pemain paling cerdas seperti dilansir dari Sportskeeda:

1 . Angel Di Maria

Angel Di Maria merupakan salah satu pemain terbaik yang dimiliki oleh Paris Saint-Germain musim ini. Kehadirannya sejak 2015 membuatnya menjadi pesepakbola yang memiliki kecerdasan yang luar biasa dan membantu lini serang PSG.

Mantan pemain Manchester United dan Real Madrid ini rupaya memiliki beberapa keterampilan dalam melakukan backheel, operan yang akurat dan penguasaan bola yang hebat. Hal ini memungkinkannya melakukan di atas lapangan dan tidak bisa dilakukan oleh kebanyakan pemain.

Selain itu dirinya juga bisa bermain di posisi manapun untuk menggantikan tempat yang kosong. Musim terburuknya bisa dikatakan saat Di Maria bermain bersama Manchester United. Namun di PSG dirinya berhasil mencetak 12 gol dan 18 assist di semua kompetisi.

Baca Juga
Baca Juga

2. Frenkie De Jong

Pemain Barcelona, Frankie De Jong merupakan pesepakbola yang memiliki kecerdasan luar biasa. Tim yang memainkan sepak bola ekspansif sangat bergantung pada geladnang bertahan mereka. Sebab hal ini harus memiliki kemampuan dalam mengoper bola di ruang sempit, memilih waktu yang pas dan mengeksekusinya.

Beberapa hal tersebut bisa ditemukan dalam pola permainan De Jong di Barcelona. Hingga dirinya dinilai sebagai penerus dari Sergio Busquets dan Xavi Hernandes. Selain melakukan tugasnya dengan rapi, ia juga melakukannya dengan tempo yang tinggi.

Berkat permainan yang cerdas dari De Jong, Barcelona rela merogo saku lebih banyak demi mendatangkan pemain Belanda ini dari Ajax Amsterdam.


1. 3. Bruno Fernandes

Penyerang andalan Liverpool, Roberto Firmino (kiri).

Pemain Manchester United, Bruno Fernandes adalah salah satu kunci kebangkitan Setan Merah sehingga berhasil menduduki peringkat ketiga klasemen akhir Liga Inggris musim ini. Ia merupakan pemain yang memiliki kecerdasan luar biasa.

Fernandes selalu berusaha mengoper bola ke depan. Pemain asal Portugal memiliki umpan yang sangat cepat dan sering membiarkan bola terlepas dari kakinya dan menuju jalur penyerang yang melaju sebelum pemain bertahan bisa mengejar bola tersebut.

Fernandes juga salah satu pengambil penalti terbaik dalam di musim ini. Dia sering mengganti gayanya dan hampir selalu mengecoh  penjaga gawang lawan. Fernandes tidak melewatkan penalti dalam 4 musim terakhirnya. Kecerdasan sepak bola Fernandes telah dibandingkan dengan Paul Scholes.

4. Roberto Firmino

Salah satu penyerang andalan Liverpool, Roberto Firmino adalah pemain yang memiliki keceradasan luar biasa dalam bermain sepak bola. Terelbih dirinya dipasangkan dengan dua pemain seperti Sadio Mane dan Mohamed Salah.

Jika dilihat dari semua permainan Liverpool sejak dirinya bergabung, Firmino lah yang menjadi sosok pemain yang menjadi roda penggerak paling penting dalam skuad asuhan Jurgen Klopp. Pemain asal Brasil ini memiliki tekni luar biasa dan operan serta tendangan yang bagus.

Firmino memiliki kecerdasan yang luar biasa dalam mengelabuhi pemain belakang lawan yang membuat rekan satu timnya bisa bergerak bebas dalam memainkan bola di kotak pinalti. Ini yang selalu menjadi keunggulan dari pemain bernomor punggung sembilan.

5. Thomas Muller

Thomas Muller telah menjadi salah satu penyerang terbaik dalam permainannya selama beberapa tahun terakhir. Meski tak mendominasi secara fisik, pemain asal Jerman ini memiliki kemampuan dalam memainkan otaknya dalam melakukan serangan.

Sebagai seorang penyerang, Muller memiliki keterampilan dalam segi eksekusi akhir. Dirinya selalu terlepas dari penjagaan pemain belakang lawan dan selalu megagetkan penjaga gawang atas kehadirannya secara mendadak. Hal ini dikarenakan dirinya selalu terus berlari demi mengeco bek lawan.

Pemain yang bisa menyamai kecerdasan Muller di lapangan sulit didapat dan itulah alasan mengapa dia akan selalu dianggap sebagai salah satu pesepakbola terbaik di generasinya.

Lionel MessiThomas MullerAngel di MariaRoberto FirminoBola InternasionalFrenkie de JongSepak BolaBruno Fernandes

Berita Terkini