x

Mereka Pemilik Nomor Punggung 8 Terbaik Sepanjang Masa

Jumat, 14 Agustus 2020 00:10 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Berikut sejumlah bintang sepak bola hebat dunia yang terkenal dengan kaos bernomor punggung 8, identitas kebangaannya di lapangan hijau.

INDOSPORT.COM - Berikut sejumlah bintang sepak bola hebat dunia yang terkenal dengan kaos bernomor punggung 8, identitas kebangaannya di lapangan hijau.

Meski tidak sepopuler nomor 7, 9, dan 10, angka 8 juga menempati posisi penting di era sepak bola modern. Mereka yang memiliki nomor ini pada umumnya bertugas sebagai gelandang yang membantu memecah kerumitan di lini tengah dan membantu serangan.

Selain itu, para pemain dengan nomor 8 juga berkemampuan menyeimbangkan keahliannya menjebol gawang dan memberi assist untuk rekan-rekannya mencetak gol.

Biasanya, mereka juga memiliki bakat dribel yang ciamik menembus barisan lawan yang ketat dan sempit, lalu memberi bola ke penyerang atau menembaknya langsung dari jarak jauh.

Baca Juga
Baca Juga

Steven Gerrard (Liverpool) dan Frank Lampard (Chelsea) mungkin hanya dua dari sekian pemain bernomor punggung 8 paling ternama sepanjang masa.

Bergabung dengan The Reds senior pada tahun 1998, Steven Gerrard dianugerahi peran sebagai kapten pada 2003 dan menjadi salah satu ikon pencetak gol yang berasal dari lini tengah.

Ia memiliki tendangan kaki kanan yang mengerikan dan sudah berkali-kali menciptakan gol luar biasa. Ia juga bermain sangat apik sebagai deep-lying midfielder dengan akurasi operan dan visi yang tinggi.

Momen terbaiknya bersama Liverpool adalah memenangkan gelar Liga Champions 2005 di Istanbul, Turki. Pria yang juga akrab disapa Stevie G tersebut berhasil membuka skor untuk timnya sekaligus menjadi penyemangat rekan-rekannya di lapangan.

Namun sayangnya, selama perjalanan 17 kariernya bersama The Reds, ia belum sekali pun memenangkan Liga Inggris, gelar yang sudah dinanti klub asal Merseyside tersebut sejak tahun 1990.

Baca Juga
Baca Juga

Di sisi lain, mantan rekan Gerrard di Timnas Inggris, Frank Lampard, juga seorang pemain bernomor punggung 8 legendaris sepanjang masa. Maestro The Blues ini merupakan gelandang box-to-box yang kreatif dan salah satu yang terbaik dalam sejarah Liga Inggris.

Meski sama-sama menjadi ikon nomor punggung 8, nasib Lampard ternyata sedikit lebih baik ketimbang Gerrard. Ia sudah pernah meraih trofi liga sebanyak tiga kali selama berseragam Chelsea.

Kini, Lampard kembali mengabdi untuk The Blues sebagai pelatih kepala. Ini adalah kali kedua baginya menukangi klub sepak bola setelah pertama terjun sebagai juru taktik pada tahun 2018 di Derby County.

Nah, selain Steven Gerrard dan Frank Lampard, dilansir dari Sportskeeda, berikut bintang sepak bola dunia yang layak dinobatkan sebagai pemilik nomor punggung 8 legendaris sepanjang masa.


1. Para Bintang Sepak Bola yang Tak Bisa Lepas dari Angka 8

Selain Steven Gerrard dan Frank Lampard, siapa saja mereka yang berstatus pemain nomor 8 legendaris dunia?

Toni Kroos

Bintang Real Madrid yang belakangan namanya santer dikaitkan dengan Juventus ini merupakan salah satu pemain bernomor punggung 8 terbaik sepanjang masa.

Memiliki postur tinggi dan kemampuan menggunakan kaki kanan yang mumpuni, ia dikenal sebagai pengumpan andal dengan visi dan kreativitas hebat. Di sisi lain, ia juga punya kemampuan menciptakan gol sendiri dari jarak jauh dan memiliki akurasi tinggi saat tendangan bebas.

Meski bukan pemain yang punya kecepatan luar biasa di lapangan, Kroos diberkahi keahlian hebat dalam sisi akurasi, baik menggunakan kaki kanan maupun kirinya.

Bergabung dengan Los Blancos pada tahun 2014, Toni Kroos telah merasakan banyak gelar termasuk dua LaLiga Spanyol, dua Piala Super Spanyol, tiga Liga Champions, dua Piala Super Eropa, dan empat Piala Dunia Antarklub.

Hristo Stoichkov

Pria kelahiran Bulgaria, 8 Februari 1966 ini merupakan bagian skuat emas Johan Cruyff di Barcelona yang telah memenangkan empat gelar LaLiga Spanyol berturut-turut (1990-1991, 1991-1992, 1992-1993, 1993-1994) kemudian dilanjut pada 1997-1998.

Kecepatannya yang eksplosif kerap membuat bek lawan kelimpungan serta kehebatannya saat menggunakan kaki kiri pun sudah tidak perlu diragukan lagi.

Tahun 1994 menjadi masa kejayaannya sebagai seorang pesepak bola, ketika memimpin Timnas Bulgaria mencapai semifinal Piala Dunia. Ia bahkan menggondol gelar Sepatu Emas dengan mencetak enam gol selama turnamen berlangsung.

Pada tahun yang sama, partner Romario di Barcelona tersebut juga meraih penghargaan bergengsi Ballon d’Or.

Gennaro Gattuso

Meski dikenal sebagai pemain temperamental, Gattuso tidak bisa dihilangkan begitu saja dari daftar pemain bernomor pungung 8 terbaik di dunia. Ia bahkan jadi salah satu ikon yang paling menonjol saat membela AC Milan dan Timnas Italia beberapa tahun silam.

Ia juga menjadi pemain yang berjasa besar untuk pelatih Juventus saat ini, Andrea Pirlo, ketika keduanya masih bermain bersama dalam satu tim.

Gattuso selalu menunjukkan antusiasme dan semangat yang menggebu-gebu ketika bermain di lapangan. Berhasil memenangkan dua gelar Serie A Liga Italia dan dua Liga Champions nampaknya sudah cukup membuatnya mendapat label salah satu gelandang terbaik yang pernah ada.

Andres Iniesta

Jika berbicara tentang nomor punggung 8, rasanya belum lengkap jika tidak menyebut nama legenda Barcelona, Andres Iniesta. Sosoknya selalu saja muncul setiap para penggemar sepak bola membicarakan siapa gelandang terbaik abad ke-21.

Ia memiliki kemampuan dribel, mengumpan, dan visi yang tak tertandingi oleh siapa pun. Bersama Sergio Busquets dan Xavi Hernandez, Andres Iniesta membentuk trio ganas yang ditakuti oleh lawan-lawan Barcelona dan Timnas Spanyol.

Iniesta adalah pemain yang mampu berlari dari kepungan lawan yang ketat, lincah dalam menyelinap, dan pintar mencari jalan keluar bahkan dari kebuntuan sekali pun.

Menghabiskan belasan tahun kariernya di Barcelona, Iniesta akhirnya hengkang dan menjajal sepak bola Asia bersama klub Jepang, Vissel Kobe. Usianya yang kini menginjak 36 tahun seolah bukan halangan baginya untuk terus berkreasi sebagai salah satu central midfielder terbaik sepanjang masa.

Frank LampardSteven GerrardAndres IniestaToni KroosGennaro GattusoHristo StoichkovBola InternasionalSepak Bola

Berita Terkini

Berita Terpopuler