x

5 Gelandang Brasil Terhebat Sepanjang Masa, Ada Legenda AC Milan

Jumat, 28 Agustus 2020 06:46 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Isman Fadil
Berikut tersaji lima gelandang asal Brasil terhebat sepanjang masa, dimana salah satunya adalah legenda AC Milan yang bernama Ricardo Kaka dan Ronaldinho.

INDOSPORT.COM - Berikut tersaji lima gelandang asal Brasil terhebat sepanjang masa, dimana salah satunya adalah legenda AC Milan yang bernama Ricardo Kaka dan Ronaldinho.

Dari dulu, negara Amerika Selatan yang bernama Brasil sering menelurkan pemain-pemain berbakat yang selalu mengancam tim lawan. Kita ambil contoh Pele, saingan terberat Diego Maradona.

Ada juga legenda Inter Milan yang bernama Ronaldo Nazario, yang sekarang menjadi bos klub LaLiga Spanyol, Real Valladolid. Nama-nama itu sudah menjadi ikon dunia sepak bola sepanjang masa.

Baca Juga
Baca Juga

Ternyata, legasi Brasil terus bersinar sampai detik ini. Ada nama-nama tenar yang mampu menjadi superstar lapangan hijau era sekarang, seperti Neymar dari Paris Saint-Germain atau Philippe Coutinho dari Barcelona.

Melansir dari laman portal berita olahraga Sportskeeda, berikut tersaji lima pemain terhebat Brasil sepanjang masa yang berposisi sebagai gelandang.

1. Gerson

Gerson de Oliveira Nunes adalah gelandang asal Brasil yang sekarang sudah berusia 79 tahun. Ia memberkuat tim samba tersebut sejak 1961-1972. Gerson sendiri hanya membela empat klub sepanjang karir seniornya, yaitu Flamengo (1959-1963), Botafogo (1963-1969), Sao Paulo (1969-1972), dan Fluminense (1972-1974).

Gerson pernah mengantarkan Brasil menjuarai Piala Dunia 1970 dan sudah mencetak 19 gol dari total 87 pertandingan internasional yang ia jalani. Bakan, ia juga masuk ke dalam Brazilian Football Museum Hall of Fame serta 100 Pemain Sepak bola Terhebat sepanjang Masa.

2. Ricardo Kaka

Ricardo Izecson dos Santos Leite atau Ricardo Kaka adalah gelandang yang pernah memperkuat AC Milan selama dua periode (2003-2009 dan 2013-2014), serta Real Madrid pada 2009-2013. Dibanding di Madrid, karirnya bersama Milan atau Rossoneri jauh lebih baik. Tak heran bila Kaka akhirnya kembali ke San Siro di periode ke-2.

Kaka pernah mendapat pujian dari FIFA di situs resmi mereka dengan menuliskan bahwa pemain tersebut adalah sosok yang mampu melewati pertahanan lawan dengan lincah, memiliki kemampuan umpan yang di atas rata-rata, serta mampu secara konsisten mencetak gol dari jarak jauh.


1. 3. Zico

Ronaldinho, salah satu gelandang Brasil terhebat sepanjang masa.

3. Zico

Arthur Antunes Coimbra adalah mantan gelandang Brasil yang saat ini sudah berusia 67 tahun. Ia pernah membela Flamengo (1971-1983), Udinese (1983-1985), kembali ke Flamengo (1985-1989), dan terakhir bergabung dengan Kasima Antlers (1991-1994). Sekarang, ia menjabat sebagai direktur teknis di Kashima Antlers.

Zico mendapat sebutan 'Pele Berkulit Putih' saat ia masih aktif bermain sepak bola. Hal itu dikarenakan gaya permainan sang legenda yang mirip dengan Pele. Zico adalah pemain yang mampu menempati banyak posisi di lini tengah. Ia juga dikenal karena hobinya mengenakan kostum bernomor 10.

4. Socrates

Socrates Brasileiro Sampaio de Souza Vieira de Oliveira atau Socrates adalah mantan playmaker timnas Brasil yang sekarang sudah almarhum sejak 1 Desember 2011. Ia pernah memperkuat enam tim, termasuk di antaranya adalah klub Serie A Liga Italia, Fiorentina, pada 1984-1985 dan juga Flamengo pada 1986-1987.

Socrates sudah banyak mendapat penghargaan pribadi, seperti Brazilian Football Museum Hall of Fame, 61 Pemain Terhebat di Abad ke-20, Bola de Prata 1980, Pemain Amerika Selatan Terbaik 1983, dan lain-lain. Bahkan, Pele sendiri memasukkannya ke dalam daftar 100 pemain terhebat dunia FIFA.

Baca Juga
Baca Juga

5. Ronaldinho

Tidak mengherankan bila nama besar Ronaldonho masuk ke dalam list ini. Ia sangat terkenal dengan gocekan indahnya yang membuat lawan keteteran, seperti kemampuan yang dimiliki Lionel Messi dari Barcelona. Ronaldinho juga pernah bermain di Camp Nou pada 2003-2008 dan juga AC Milan pada 2008-2011.

Sama seperti Zico, Ronaldinho juga terkenal dengan nomor punggung 10. Ia mampu ditempatkan di manapun di lini depan, membuatnya menjadi pemain yang tak bisa ditebak lawan. Ronaldinho juga memiliki kemampuan yang seimbang antara kaki kanan dan kirinya, membuat dirinya menjadi salah satu monster mematikan dalam sejarah sepak bola.

Itulah lima gelandang terhebat dunia sepanjang masa yang berasal dari Brasil. Dari sini, kita bisa melihat bahwa ternyata Brasil merupakan gudangnya bintang-bintang berbakat yang memiliki potensi untuk mengguncang dunia sepak bola.

NeymarBrasilAC MilanRonaldinhoFiorentinaRicardo KakaUdineseSocratesGersonZicoBola InternasionalSepak BolaAC Milan News

Berita Terkini