x

Mengenal Sandro Tonali, Bintang Muda Italia yang Diperebutkan Inter dan AC Milan

Sabtu, 29 Agustus 2020 15:56 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Nama Sandro Tonali belakangan terus menggema di rumor bursa transfer musim panas ini karena diperebutkan AC Milan dan Inter Milan.

INDOSPORT.COM - Nama Sandro Tonali belakangan terus menggema di rumor bursa transfer musim panas ini. Gelandang muda berbakat asal Italia itu tengah naik daun, karena menjadi rebutan dua klub bersejarah dalam satu kota, AC Milan dan Inter Milan.

Wonderkid berusia 20 tahun ini seakan menjadi barang langka di bursa transfer musim panas 2020. Pasalnya tidak hanya AC Milan dan Inter Milan saja, namun juga Juventus dikabarkan menaruh minat untuk memboyongnya.

Baca Juga
Baca Juga

Meskipun begitu, duo Milan adalah klub yang paling santer dikabarkan untuk mengangkutnya dari Brescia. Jurnali kawakan asal Italia, Fabrizio Romano bahkan mengabarkan bahwa telah terjadi derby Milan dalam proses transfer Tonali.

"AC Milan telah secara resmi memberikan penawaran untuk mendatangkan Sandro Tonali kepada Brescia. Namun Inter Milan telah mendapatkan kesepakatan secara pribadi dengan Tonali, namun belum memberikan penawaran kepada Brescia. Sebuah Derby terjadi," tulis Fabrizio Romano di Twitternya.

Sadar asetnya menjadi incaran dua klub raksasa Italia, presiden Brescia pun memberikan tanggapannya. Presiden Brescia, Massimo Cellino, memberikan bocoran mengenai proses kepindahan pemainnya, Sandro Tonali, ke klub AC Milan dan Inter Milan.

“Saya menghargai profesionalisme Paolo Maldini, yang sangat mirip dengan gaya pendekatan Milan yang bersejarah,” kata Cellino kepada Sky Sport Italia.

Meski begitu, Cellino enggan mengungkapkan lebih jauh tawaran AC Milan tersebut. 

Sandro Tonali saat memperkuat Timnas Italia

“Saya tidak ingin menambahkan apa-apa lagi tentang itu, karena saya tidak ingin tidak tepat atau sembarangan berbicara," katanya. 

Sementara terkait peluang Inter, Massimo Cellino pun juga mengiyakan. Ia mengaku telah berbincang langsung dengan CEO Inter Milan, Beppe Marotta. Bahkan, ia sampai menolak tawaran dari luar Italia demi menghormati niat serius Inter Milan. 

Baca Juga
Baca Juga

“Beppe Marotta selalu mengonfirmasi keinginan kuat yang dimiliki Inter terhadap Tonali. jadi saya berusaha menghindari negosiasi dengan klub lain, termasuk dari luar negeri," kata Marotta. 

Menjadi idola di Italia untuk dua klub besar, AC Milan dan Inter Milan, membuat para fans dari masing-masing klub seolah-olah bertanya, siapakah sosok Sandro Tonali ini? Berikut INDOSPORT rangkum beberapa fakta mengenai Sandro Tonali kepada Anda, pembaca setia kami.


1. 1. Mendapatkan Julukan Agung, Titisan Andrea Pirlo

Sandro Tonali saat memperkuat Timnas Italia

Sebuah julukan nan agung berhasil didapatkan oleh Sandro Tonali ketika masih berumur sangat muda, 19 tahun. Kala itu, Tonali mendapatkan julukan titisan Andrea Pirlo.

Julukan tersebut bukan main-main. Kemiripan cara bermain di atas lapangan, dengan memerankan posisi deep lying playmaker membuat para pencinta sepak bola Italia teringat akan sosok manajer Juventus tersebut. Pasalnya, Pirlo kala muda juga diketahui bermain di posisi yang sama dengan Tonali.

Kemampuannya dalam menjaga irama permainan, ketenangannya saat mengontrol bola dari lapangan tengah serta akurasi yang akurat dalam mengirim umpan membuat remaja berambut gondrong ini bak bayangan hidup dari Andrea Pirlo di lapangan.

2. Menarik Penciuman Manchester United dan Paris Saint-Germain

Sandro Tonali

Sandro Tonali tidak hanya menjadi daya tarik untuk klub-klub Italia, tapi juga di belahan negara Eropa lainnya. Salah satunya adalah Manchester United dan Paris Saint-Germain (PSG).

Dilansir dari il Corriere della Sera, dua klub tersebut telah mengirimkan perwakilannya kepada manajemen Brescia untuk menanyakan status Tonali. 

Namun seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, presiden Brescia menolak tawaran dari klub luar karena menghormati niatan klub-klub Italia yang ingin meminangnya.

3. Fans Legenda AC Milan, Gennaro Gattuso

Sandro Tonali dipeluk erat oleh Gennaro Gattuso

Tumbuh besar di wilayah Italia Utara, tepatnya di kota Lodi sejak 8 Mei 2000 silam membuat Gattuso jatuh cinta dengan AC Milan. Ya, dapat dikatakan sejak kecil dirinya adalah seorang Milanisti.

Kecintaannya dengan AC Milan tak lepas dari klub pertamanya, Lombardia Uno, yang ternyata memiliki hubungan kerja sama dengan I Rossoneri.

"Lombardia Uno adalah tim pertama saya, dan mereka bekerja sama dengan AC Milan. Sekitar dua atau tiga bulan, ada lima atau enam anak dipanggil ke Vismara, tempat para pemain muda AC Milan berlatih," tutur Tonali dikutip dari Tribal Football.

Selain itu, dirinya juga menyukai ketekadan yang rasa tanpa takut yang dimiliki oleh Gattuso.

"Saya terkejut dengan tekad yang dimiliki Gattuso. Andai saja dia bisa membagi tekad yang dia miliki, itu sudah cukup untuk mengisi 10 rekan setimnya yang berada di lapangan," ujarnya.

"Dia tidak takut pada siapa pun," tutupnya.

4. Masuk Timnas Senior Italia

Debut pertama Sandro Tonali saat menggantikan Federico Bernardeschi di kualifikasi Euro 2020

Berkah Italia yang gagal total di tahun 2018 karena tak ikut Piala Dunia di Rusia, skuat timnas senior melakukan perombakan total di bawah naungan Rroberto Mancini. Hasilnya, Sandro Tonali masuk ke dalam skuat timnas senior Italia.

Dirinya ikut serta dalam laga persahabatan Timnas Italia vs Amerika Serikat pada 20 November 2018 silam. Kala itu, Italia menang 1-0 dan Tonali hanya duduk di bangku cadangan.

Debut pertamanya terjadi kualifikasi Euro 2020 pada 15 Oktober 2019. Italia yang berada di grup J, kala itu harus melawan Liechtenstein. Sandro Tonali masuk pada menit ke-74 menggantikan Federico Bernardeschi saat Italia tengah unggul 2-0. Masuknya Tonali membuat Italia makin kuat, dan memenangkan pertandingan dengan skor 5-0.

Bursa TransferSerie A ItaliaAC MilanInter MilanLiga ItaliaBresciaSandro TonaliTransfer Pemain

Berita Terkini