x

6 Fakta Menarik Usai Timnas Indonesia U-19 Bantai Hajduk Split

Selasa, 20 Oktober 2020 18:33 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
Laga Timnas Indonesia U-19 vs Makedonia Utara U-19, Minggu (11/10/20).

INDOSPORT.COMTimnas Indonesia U-19 kembali melakoni uji coba yang ke-11 di Kroasia, Selasa (20/10/20). Sejatinya, Timnas U-19 akan melawan Bosnia-Herzegovina. Namun satu hari menjelang pertandingan, laga persahabatan ini batal karena sejumlah pemain lawan positif virus corona.

Akhirnya kali ini anak asuh Shin Tae-yong menantang pemuncak klasemen Liga Kroasia U-19, Hajduk Split.

Garuda Muda mencatatkan kemenangan manis di laga yang berkesudahan 4-0 ini. Keempat gol dicetak oleh Bagas Kaffa (19’), Pratama Arhan (penalti, 48’), Beckham Putra (penalti, 53’), dan Jack Brown (78’).

Baca Juga
Baca Juga

Sejak awal Timnas Indonesia U-19 memang tampil apik. Apalagi kemudian Hajduk Split harus kehilangan dua pemainnya yang diganjar kartu merah dan membuat mereka tampil kelabakan.

Selain mencatat hasil yang sangat memuaskan, laga yang berlangsung di Stadion Sloga Mravince, Split ini juga merekam sederet fakta-fakta menarik seperti yang sudah INDOSPORT rangkum berikut ini.

Kemenangan Terbesar

Hasil apik 4-0 dari Timnas Indonesia U-19 kali ini membuat mereka mencatatkan kemenangan terbesar sejak melakoni 11 pertandingan di Kroasia. Terakhir kali Bagas Kaffa dkk menang besar ketika mengalahkan Makedonia Utara 4-1.

Muhammad Adisatryo Jadi Kiper Kesayangan

Dari 11 laga, Muhammad Adisatryo dipercaya pelatih Shin Tae-yong untuk tampil sebagai penjaga gawang sebanyak 10 kali. Ia pun membayar kepercayaan itu dengan baik, usai menjaga jala gawangnya tetap bersih.

Baca Juga
Baca Juga

Hasil ini juga menjadi cleansheet Timnas Indonesia U-19 untuk yang keempat kalinya selama uji coba. Sebelumnya cleansheet juga dicatat dalam pertandingan lawan Makedonia Utara (0-0), Dinamo Zagreb (1-0), dan NK Dugopolje (3-0).


1. Debut Mahessa Bersaudara

Kelana Noah Mahessa dan Luah Fynn Jeremy, dua pemain keturunan Indonesia-Jerman yang dipanggil Shin Tae-yong ke TC Timnas U-19.

Pelatih Shin Tae-yong memanggil kakak-beradik keturunan Indonesia-Jerman bernama Kelana Noah Mahessa dan Luah Fynn Jeremy Mahessa ke dalam skuat Timnas Indonesia U-19. Keduanya datang pada Minggu (18/10/20) kemarin.

Baru gabung latihan kemarin, Kelana Noah Mahessa langsung dipercaya Shin Tae-yong untuk turun sebagai starter. Sang adik pun juga akhirnya turun di laga ini setelah duduk di bangku cadangan.

Baca Juga
Baca Juga

Kartu Merah Pertama

Hajduk Split menjadi lawan Timnas Indonesia U-19 pertama yang memperoleh kartu merah. Pemain tuan rumah, Domajoc Goreta, menepis tembakan Mochammad Supriadi dengan tangan kanannya.

Alhasil, Goreta mendapat kartu merah yang berujung keunggulan untuk Timnas Indonesia. Beckham Putra memanfaatkan sepakan dari titik putih untuk memperlebar keunggulan menjadi 3-0 di menit 53. Di menit 89, giliran Petar Vuko yang terusir dari lapangan usai mendapatkan dua kartu kuning.

Gol Ketiga Jack Brown

Sempat beberapa kali tak lolos tahap seleksi Timnas Indonesia, Jack Brown kini membuktikan kemampuannya dengan mencetak gol ketiga di Timnas Indonesia U-19. Di laga lawan Hajduk Split, pemain keturunan Inggris itu menyumbang gol di menit 77.

Sebelumnya, Jack Brown mencetak brace di laga Indonesia vs Makedonia Utara, Minggu (11/10/20) lalu di menit 58 dan 69. Ia pun menyamai torehan top skorer sebelumnya, Witan Sulaeman.

Dipimpin Wasit Wanita Ternama

Laga Timnas Indonesia U-19 vs Hajduk Split U-19 menyimpan fakta unik lainnya. Pertandingan ini kembali dipimpin oleh seorang wasit ternama di Kroasia bernama Jelena Pejkovic.

Baca Juga
Baca Juga

Dikutip dari media Kroasia, Zadarski, pada 2018 lalu Jelena mengukir sejarah dengan menjadi wasit wanita pertama yang memimpin pertandingan di kompetisi Liga Kroasia antara Primorac vs Zagora.

Sebelumnya Jelena Pejkovic juga memimpin laga Timnas Indonesia U-19 vs Makedonia Utara pada Rabu (14/10/20) kemarin.

Timnas u-19Hajduk SplitBola InternasionalJack BrownTimnas Indonesia U-19Shin Tae-yongLuah Fynn Jeremy MahessaKelana Noah Mahessa

Berita Terkini

Berita Terpopuler