x

Termasuk Diogo Jota, Ini 5 Pemain Atletico Madrid yang Terlupakan

Senin, 2 November 2020 11:37 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Diogo Jota saat masih bermain untuk Atletico Madrid

INDOSPORT.COM - Bintang baru Liverpool, Diogo Jota, kian diperbincangkan banyak orang usai selalu menyelamatkan The Reds di momen-momen penting. Namun tahukah kalian bahwa striker sayap asal Portugal ini sendiri dulunya adalah pemain buangan Atletico Madrid?

Diogo Jota sendiri saat ini tengah dielu-elukan oleg para fans Liverpool. Bagaimana tidak, striker sayap berusia 23 tahun ini sukses menyelamatkan Liverpool berkali-kali di saat tengah kesulitan.

Baca Juga
Baca Juga

Kontribusi vital pertamanya terjadi saat Liverpool menjamu Sheffield United di Anfield, Sabtu (24/10/20) dini hari WIB. Kala itu, Liverpool tertinggal lebih dahulu lewat gol Sander Berge di menit ke-13.

Butuh waktu lama untuk Liverpool mampu menyamakan kedudukan, hingga akhirnya Roberto Firmino sukses mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-41.

Di babak kedua, Diogo Jota akhirnya keluar sebagai pemecah kebuntuan tim. Mantan pemain Wolves ini sukses mencetak gol kemenangan di menit ke-64.

Tak hanya itu, pemain Timnas Portugal ini juga sukses mencetak satu gol saat Liverpool mengalahkan wakil Denmark, FC Midtjylland di ajang Liga Champions dengan skor 2-0.

Dan yang terbaru adalah saat melawan West Ham United kemarin. Skuat The Reds sempat tertinggal lebih dulu lewat gol Pablo Fornals di menit ke-10, sebelum disamakan oleh Mohamed Salah di menit ke-42.

Setelahnya, Liverpool seakan kehilangan kesulitan menembuh lini pertahanan The Hammers. Hingga pada akhirnya, Diogo Jota yang masuk pada menit ke-70 menggantikan Firmino, sukses memecah kebuntuan lagi dengan mencetak gol kemenangan di menit ke-85.

Hadirnya Jota sebagai bintang baru sang jawara bertahan Liga Primer Inggris ini pun kian ramai diperbincangkan oleh banyak penggemarnya. Tak hanya itu, Jota juga dinilai mampu menggantikan peran Roberto Firmino untuk berduet dengan Mohamed Salah dan Sadio Mane di lini depan Liverpool.

Selain itu, banyak pula yang menyinggung Atletico Madrid karena telah melakukan blunder usai 'membuangnya' di usia yang sangat muda. Kala itu, klub berjuluk Los Rojiblancos ini menjualnya ke Wolves dengan harga yang sangat murah, yakni 14 juta euro atau sekitar Rp239 miliar di tahun 2018.

Baca Juga
Baca Juga

Bagi orang awam, tentu disebutkannya nama Diogo Jota sebagai mantan pemain Atletico Madrid adalah hal yang asing. Tidak banyak yang tahu bahwa dulunya Jota sempat gagal membela rival sekota Real Madrid itu pada medio Juli 2016 hingga Juli 2018.

Namun, Jota tidak sendirian. Banyak pula nama-nama beken lainnya yang dinilai gagal, bahkan dilupakan kalau dirinya pernah membela Atletico Madrid. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.


1. 1. Christian Vieri

Christian Vieri saat masih membela Atletico Madrid

Dapat dikatakan, ini adalah satu-satunya klub di luar Italia yang pernah dibela oleh Christian Vieri. Dirinya pun hanya bertahan semusim bersama Los Rojiblancos sejak dijual Juventus pada Juli 1997 sebelum bergabung ke Lazio pada Agustus 1998.

Bersama Atletico Madrid, total dirinya bermain di 24 laga LaLiga Spanyol dengan mencetak 24 gol dan satu assist saja. Raihan golnya itu membuat dirinya meraih Pichichi Award alias top skor LaLiga Spanyol kala itu.

2. Thiago Motta

Thiago Motta saat masih membela Atletico Madrid

Jika menyebut nama Thiago Motta, tentu yang terlintas di pikiran kita adalah dirinya yang pernah membela tiga klub besar di Eropa, yakni Barcelona, Inter Milan, dan Paris Saint-Germain.

Terlebih dengan Inter Milan, dimana dirinya menjadi salah satu pemain dalam sejarah La Beneamata yang sukses meraih treble winner di tahun 2010 arahan Jose Mourinho.

Namun siapa sangkat bila dulunya Motta sempat membela Atletico Madrid, usai dijual oleh Barcelona pada Agustus 2007 silam. Bersama Los Rojiblancos, dirinya hanya bermain delapan kali dan bertahan hanya semusim saja, sebelum bergabung ke Genoa pada September 2008.

3. Jackson Martinez

Jackson Martinez saat membela Atletico Madrid

Masih ada yang ingat dengan Jackson Martinez? Penyerang mematikan asal Kolombia ini sempat mengemuka usai dirinya tampil gemilang bersama Porto dalam periode 2012 hingga 2015. 

Selama tiga musim bersama The Dragon, Martinez tercatat telah mencetak 92 gol dengan 13 assists dari 136 laga di segala ajang. Hal inilah yang membuat dirinya dilirik oleh Atletico Madrid.

Dirinya pun datang ke Kota Madrid pada Juli 2015 silam dengan mahar 35 juta euro. Namun sayang, ia hanya mampu bertahan kurang dari semusim sebelum hengkang ke klub China, GZ Evergrande pada Februari 2016 dengan mahar 30 juta euro. 

Bersama Atletico Madrid, dirinya hanya mampu mencetak tiga gol dan dua assists dari 22 laga yang telah dilakoninya di segala ajang.

4. Fabricio Coloccini

Fabricio Coloccini (kiri) saat masih membela Atletico Madrid

Bek tengah yang identik dengan rambut gimbal ini dikenal sebagai pemain loyal yang pernah membela Newcastle United. Tak tanggung-tanggung, pemain asal Argentina ini menjadikan The Magpies sebagai klub terlama yang pernah ia bela, yakni delapan tahun.

Fabricio Coloccini memang dikenal sebagai pemain yang kerap gonta-ganti klub. Hal ini terjadi usai dirinya dijual oleh Boca Juniors ke AC Milan pada Juli 1999 lalu.

Sejak bersama I Rossoneri, Coloccini kerap dipinjamkan ke beberapa klub, salah satunya adalah Atletico Madrid. Kala itu, dirinya membela Los Rojiblancos pada Juli 2002 hingga Juni 2003.

Atletico MadridLiverpoolJackson MartinezThiago MottaFabricio ColocciniChristian VieriBola InternasionalDiogo Jota

Berita Terkini