x

Mencari Solusi untuk Klopp dan Pertahanan Liverpool yang Keropos

Kamis, 12 November 2020 12:40 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
Jurgen Klopp bisa memilih empat bek tengah gemilang ini untuk didatangkan ke Liverpool agar tetap kuat di Liga Inggris 2020/21.

INDOSPORT.COM - Jurgen Klopp bisa memilih empat bek tengah gemilang ini untuk didatangkan ke Liverpool agar tetap kuat di Liga Inggris 2020/21.

Setelah penantian panjang 30 tahun, Liverpool akhirnya berhasil merengkuh juara Liga Inggris pada musim 2019/20 lalu. 32 kemenangan, tiga kali imbang, dan tiga kali kalah membuat The Reds mengoleksi total 99 poin.

Pasukan Jurgen Klopp sukses unggul 18 poin dari Manchester City di peringkat dua dan 33 poin dari Manchester United di peringkat tiga klasemen Liga Inggris 2019/20.

Baca Juga
Baca Juga

Dengan statusnya sebagai juara bertahan, tidak mengherankan jika klub yang bermarkas di Anfield Stadium tersebut kembali dijagokan untuk menjadi kampiun Liga Inggris di musim 2020/21.

Namun, seperti ada istilah bola itu bundar, dalam sebuah kompetisi sepak bola tidak yang pasti dan semua bisa terjadi. Liverpool pun jadi bukti dengan performanya di musim 2020/21 yang tidak konsisten.

Lihat saja, dari penampilan mereka di pekan perdana Liga Inggris 2020/21 pada 12 September 2020 lalu. Berstatus sebagai tuan rumah, mereka nyaris gagal merebut tiga poin setelah hanya unggul tipis 4-3 dari Leeds United.

Jangan lupa juga ketika pencinta sepak bola dibuat terkejut setelah mereka takluk 2-7 dari Aston Villa. Ya, meskipun punya sederet pemain bintang, Sadio Mane dkk harus merasakan malu karena kalah dengan selisih lima gol.

Secara garis besar, pertahanan Liverpool di Liga Inggris musim 2020/21 ini memang jauh dari kata memuaskan. Baru melakoni delapan laga, setidaknya sudah 16 kali kiper The Reds harus memungut bola dari gawang sendiri.

Catatan ini jauh lebih buruk ketimbang musim lalu. Di delapan laga Liga Inggris 2019/20, Liverpool tercatat hanya kebobolan tujuh gol saja.

Kini kondisi tersebut pun semakin diperburuk dengan status bek andalan mereka, Virgil van Dijk mengalami cedera ACL, yang membuatnya harus menepi hingga kompetisi berakhir. Terbaru, Joe Gomez juga dilaporkan cedera saat memperkuat Timnas Inggris.

Dua malapetaka ini pun harus dianggap Jurgen Klopp sebagai lampu kuning. Ia perlu segera mencari bek-bek bagus untuk meningkatkan pertahan Liverpool. Berikut redaksi berita olahraga INDOSPORT sajikan beberapa nama yang bisa ia pilih:

1. Ben White

Bek Brighton & Hove Albion bisa menjadi pilihan Jurgen Klopp untuk mengisi kekosongan di lini pertahanan Liverpool pasca cederanya Virgil van Dijk.

Meski masih muda, pemain kelahiran 8 Oktober 1997 ini sudah langsung mengisi tempat di utama Brihton setelah sebelumnya berkali-kali dipinjamkan.

Baca Juga
Baca Juga

Melansir dari situs penyedia statistik, Squawka, di sepanjang komeptisi Liga Inggris musim 2020/21 ini, punya keunggulan dalam urusan iterceptions. Tercatat dari delapan penampilan sebagai starting XI, ia mampu melakukan 16 kali iterceptions

Dengan kualitasnya, Ben White sendiri bisa ditawar mahal oleh Liverpool. Pasalnya, ia masih terikat kontra jangka panjang dengan Brighton hingga 2024 mendatang.


1. 2. Dayot Upamecano

Bek tengah RB Salzburg, Dayot Upamecano bisa jadi pilihan Jurgen Klopp untuk didatangkan ke Liverpool.

RB Leipzig dalam beberapa tahun terakhir menjelma menjadi kekuatan baru dalam kancah Bundesliga Jerman. Klub yang terbantuk 19 Mei 2009 silam tersebut pun dikenal sebagai penghasil talenta-talenta muda berbakat.

Salah satunya adalah Dayot Upamecano. Bek asal Prancis ini merupakan salah satu pemain kunci di balik keberhasilan Leipzig melangkah hingga ke semifinal Liga Champions untuk pertama kalinya dalam sejarah pada musim 2019/20 lalu.

Selain jago dalam urusan pertahanan, Dayot juga punya keunggulan dalam urusan akurasi operan. Ia pun tercatat berhasil melakukan 519 umpan dari hanya enam pertandingan Bundesliga.

Tidak heran jika pemain berusia 22 tahun ini diincar oleh Manchester United. Bila tidak ingin kalah, Liverpool pun harus siap menggelontorkan uang besar, sebab Transfermarkt memperkirakan Dayot memiliki nilai jual sebesar 66 juta USD (sekitar Rp937 miliar).

3. Diego Carlos

Direkrut dari Nantes oleh Sevilla pada musim 2019/20 lalu, Diego Carlos langsung menjelma menjadi salah satu bek terbaik Eropa. Mendapat kepercayaan dari Julen Lopetegui, Carlos selalu memberi 100 persen di setiap pertandingan.

Hasilnya, di musim perdananya bersama Sevilla, Diego Carlos langsung menjadi tembok kokoh Sevilla di kancah Liga Europa 2019/20, yang pada akhirnya berhasil mereka juarai.

Memiliki tipikal khas bek asal Brasil yang kuat, Diego Carlos menjadi penyebab gawang Sevilla hanya kebobolan lima gol saja dari awal fase penyisihan grup hingga babak final melawan Inter Milan.

Di usianya yang masih 27 tahun, Diego jelas bisa menjadi pilihan Klopp sebagai pengganti Van Dijk. Clearances sendiri menjadi salah satu keunggulan Diego, yang pastinya bisa membantu Liverpool catatan kebobolanya tidak bertambah lagi.

4. Ozan Kabak

Kompetisi Liga Inggris dikenal dengan permainannya yang cepat, oleh sebab itu pemain dituntut memiliki stamina yang tinggi. Terutama para bek yang tidak jarang terus bermain selama 90 menit lebih.

Bila memerlukan bek berkualitas dengan stamina kuat, Ozan Kabak bisa jadi pilihan Jurgen Klopp untuk direkrut ke Liverpool. Memiliki postur 1,86 meter membuat Ozan juga bisa jadi cara The Reds mengantisipasi duel-duel udara.

Kemampuan pemuda yang pernah menjuarai Liga Turki bersama Galatasaray dalam menjaga lini pertahanan memang tidak perlu diragukan. Bayern Munchen saja nyaris mendapatkannya, namun gagal tercipta karena tak sepakat soal harga transfer.

Bila ingin merebutnya dari Schalke, Klopp perlu membujuk Liverpool agar mau merogoh kocek minimal sebesar 31,9 juta USD (sekitar Rp452 miliar).

LiverpoolJurgen KloppLiga InggrisVirgil van DijkTRIVIASepak BolaBerita Liga InggrisDayot UpamecanoDiego CarlosOzan Kabak

Berita Terkini