x

Aneh tapi Nyata, Liverpool Punya Catatan Impresif setelah Ditinggal Van Dijk

Sabtu, 19 Desember 2020 20:12 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Melihat catatan Liverpool setelah ditinggal Virgil van Dijk.

INDOSPORT.COM - Liverpool yang kini tengah ditinggal bek andalannya, Virgil van Dijk, ternyata tampil cukup baik dan di luar dugaan banyak pihak.

Seperti diketahui, Virgil van Dijk memegang peran penting di lini pertahanan skuat Jurgen Klopp. Ketika ia harus menepi lama akibat cedera, tidak heran orang-orang berpikir The Reds akan kelimpungan setengah mati.

Apalagi, setelahnya banyak pemain yang juga menyusul cedera seperti Joe Gomez dan Joel Matip. Di sisi lain, musibah yang menimpa Liverpool ini sejatinya juga membawa berkah bagi para bintang muda dan jebolan akademi.

Sebut saja Rhys Williams, yang pada akhirnya punya kesempatan untuk unjuk gigi, meski dalam beberapa kesempatan ia masih terlihat begitu hijau, butuh bimbingan, dan harus menimba lebih banyak pengalaman.

Namun satu poin penting yang patut jadi perhatian utama adalah respons Liverpool yang ternyata cukup baik sejauh ini. Mereka bisa bertahan meski tanpa Virgil van Dijk sekali pun.

Saat ini saja, sampai berita ini ditulis, Liverpool menjadi pemuncak klasemen sementara Liga Inggris 2020-2021 dengan raihan 28 poin dari 13 pertandingan. Tottenham Hotspur menguntit ketat di bawahnya (25 poin).

Baca Juga
Baca Juga

Catatan The Reds setelah ditinggal Van Dijk pun bisa dibilang cukup impresif, yakni mencetak 26 gol, dan hanya kebobolan sembilan kali dari 14 pertandingan. Padahal, mereka juga sempat kehilangan Gomez dan Matip.

Saat laga melawan Tottenham Hotspur, Klopp pun memberi Rhys Williams kesempatan debut di ajang Liga Inggris. Pemain yang satu ini menunjukkan penampilan impresif dengan mendominasi permainan udara.

Berdasarkan data Whoscored, ia menyentuh bola sebanyak 83 kali, bahkan mencatatkan total tujuh duel udara, tiga intersep, dan tiga tekel. Ia adalah partner yang cukup lumayan untuk Fabinho.

Melihat sepak terjang Liverpool usai ditinggal Van Dijk ini, seorang Jurgen Klopp berhasil memformulasikan, mengombinasikan eksistensi para talenta mudanya dengan pemain senior. Ini adalah caranya membangun fondasi baru yang apik di skuat The Reds.

Legenda Liverpool, Jamie Carragher, juga sempat buka suara soal situasi mantan klubnya yang harus berjuang tanpa Virgil van Dijk.

Tidak seperti beberapa pihak yang apatis, ia justru tidak merasa The Reds akan banyak berubah hanya karena kehilangan Van Dijk. Toh ketika masih ada dia pun Liverpool sempat tampil amburadul, tepatnya saat melawan Aston Villa.

Hasil pertandingan melawan Aston Villa pastinya akan terus terngiang di kepala para suporter setia The Reds. Bagaimana tidak? Kampiun Liga Inggris musim lalu tersebut dibantai mengerikan dengan skor 2-7.

Baca Juga
Baca Juga

“Ada masa di mana saya melihat pertahanan mereka dan berteriak, ‘lari ke belakang!’ dan saat melawan Aston Villa, Liverpool benar-benar kacau,” kata Carragher seperti diwartakan laman Football365.

Virgil van Dijk memang digadang-gadang salah satu bek terbaik di dunia saat ini, namun bukan berarti ia tidak pernah melakukan kesalahan. Sebagai pemain biasa, ia tidak selalu tampil apik sepanjang waktu.

Di sisi lain, ada istilah yang menyebut bahwa tidak ada pemain yang lebih penting dan lebih besar dari klub. Sepak bola adalah permainan kolektif, ketika ditinggal satu dua pemain, tim harus mencari cara untuk tetap tampil bagus.

Hal ini pula yang sedang terus diupayakan Liverpool. Ketika dihantam badai cedera pun Klopp berusaha tidak kehabisan ide.

Bahkan, ketika orang-orang menyarankannya mencari pemain pengganti, ia tetap menggunakan metodenya sendiri dengan penuh percaya diri.

Eks pelatih Borussia Dortmund tersebut seolah enggan belanja di bursa transfer jika masih ada cukup pemain di skuatnya. Ia mengaku senang dengan opsi yang ia miliki sekarang.

LiverpoolJurgen KloppLiga Primer InggrisLiga InggrisVirgil van DijkSepak BolaBerita Liga Inggris

Berita Terkini