x

Kylian Mbappe Adalah Ahli Waris Sejati Takhta Cristiano Ronaldo

Kamis, 18 Februari 2021 15:52 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Kylian Mbappe tampil gemilang saat Paris Saint-Germain menghajar Barcelona 4-1. Bintang Prancis itu pun dinilai layak sebagai pewaris takhta Cristiano Ronaldo.

INDOSPORT.COM Kylian Mbappe tampil gemilang saat Paris Saint-Germain menghajar Barcelona 4-1. Bintang Prancis itu pun dinilai sebagai pewaris takhta Cristiano Ronaldo.

Bertandang ke Camp Nou untuk menghadapi Barcelona di laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Rabu (17/02/21) dini hari WIB, Paris Saint-Germain dalam posisi tak diunggulkan.

Klub asal ibu kota Prancis itu harus bermain tanpa 2 bintang andalan, Neymar dan Angel di Maria. Selain itu, mereka dihantui mimpi buruk kekalahan 1-6 di tempat yang sama pada Maret 2017 lalu, juga di babak 16 besar Liga Champions.

Baca Juga
Baca Juga

Meski demikian, Paris Saint-Germain membuat kejutan besar. Dimotori Kylian Mbappe, mereka sukses menaklukkan Barcelona 4-1. Mbappe menjadi tokoh sentral berkat hattrick-nya, sedangkan 1 gol lagi dicetak oleh Moise Kean.

Dengan ketajaman dan kualitas yang ia tunjukkan selama ini, sejumlah pihak mulai menyamakan Kylian Mbappe dengan Cristiano Ronaldo.

Apalagi, keduanya memiliki gaya permainan yang mirip dengan lebih banyak beraksi di sisi kiri dan mengandalkan footwork mengecoh sebelum menusuk ke tengah untuk melakukan tembakan.

Mbappe sendiri pernah mengakui ia memang mengidolakan Ronaldo dan bahkan sempat menggantung poster sang megabintang di dinding kamar tidurnya.

Di sisi lain, pemuda Prancis ini memang menunjukkan kemiripan dengan Cristiano Ronaldo dalam perjalanan kariernya di dunia sepak bola, yang semakin menegaskan bahwa dirinya adalah ahli waris sejati CR7

Baca Juga
Baca Juga

Perjalanan Karier

Mbappe mengawali karier bersama Monaco yang dibelanya sejak akademi. Tampil menonjol, ia pun kemudian dipromosikan ke tim utama. Hanya menjadi pelapis di musim pertama, ia sukses menjadi starter sejak musim kedua dan mencetak 26 gol dari 44 penampilan, serta menghadirkan trofi Ligue 1.

Penampilan memukaunya pun mencuri perhatian Paris Saint-Germain, yang memboyongnya dengan nilai 180 juta euro saat usianya baru 18 tahun.

Langkah ini terbilang mirip dengan Cristiano Ronaldo. Usai tampil gemilang bersama Sporting Lisbon yang adalah klub pertamanya, Ronaldo diboyong Manchester United juga pada usia 18 tahun dan terus menancapkan dominasinya di dunia sepak bola hingga saat ini.


1. Mental, Ketajaman, dan Kesuksesan di Timnas

Kylian Mbappe muda, bersama dengan Cristiano Ronaldo.

Selain awal karier yang mirip, Mbappe dan Ronaldo dikenal sebagai pemain yang bersinar saat menghadapi tim-tim besar.

Selain mencetak hattrick di Camp Nou melawan Barcelona, Mbappe juga pernah mencetak gol saat bertandang ke markas tim-tim raksasa Eropa seperti Manchester United, Bayern Munchen, Juventus, hingga Real Madrid.

Raihan ini pun membuktikan ia punya mental dan kemampuan fisik untuk menghadapi para pemain terbaik dan tim-tim terbaik, seperti yang dilakukan Ronaldo.

Salah satu hal yang kerap dilakukan Ronaldo adalah memecahkan rekor. Hobi memecahkan rekor ini kini diikuti Mbappe, di antaranya sebagai pemain termuda dan pencetak gol termuda di timnas Prancis, serta pemain termuda yang mencetak 10 gol di Liga Champions.

Kesamaan lain antara Mbappe dan Ronaldo yang membedakan mereka dari pemain lain adalah ketajaman dalam mencetak gol. Dalam usia 36 tahun, Ronaldo kini menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa mengungguli Josef Bican.

Sementara itu, Mbappe yang baru berusia 22 tahun kini sudah mencetak 111 gol untuk Paris Saint-Germain hanya dalam 3,5 musim, yang menjadikannya pencetak gol terbanyak ketiga bagi klub tersebut.

Menariknya, jumlah gol Mbappe untuk PSG itu jauh lebih banyak daripada total gol Ronaldo sebelum berusia 23 tahun (83). Dengan masa depan yang masih panjang, bukan tidak mungkin ia akan mengejar rekor gol sang mega bintang Portugal.

Satu hal lagi yang menujukkan kesamaan Kylian Mbappe dan Cristiano Ronaldo adalah kesuksesan di level internasional.

Mbappe adalah juara Piala Dunia bersama Prancis, sedangkan Ronaldo membawa Portugal juara Piala Eropa dan Nations League. Sukses bersama timnas adalah hal yang sulit dicapai oleh pemain mana pun, termasuk Lionel Messi.

Dengan kesamaan yang mereka miliki di dunia sepak bola seperti yang ditunjukkan di atas, pantaslah jika Kylian Mbappe dianggap sebagai ahli waris yang tepat bagi Cristiano Ronaldo.

Cristiano RonaldoLiga ChampionsParis Saint-GermainKylian MbappeBerita Liga Champions Eropa

Berita Terkini