x

Terpuruk, Liverpool Menanti Uluran Tangan Tuhan

Minggu, 21 Februari 2021 17:33 WIB
Editor: Juni Adi
Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Diogo Jota

INDOSPORT.COM - Liverpool secara mengejutkan tampil kedodoran cendrung buruk, setelah mengalami banyak kekalahan hingga terlempar dari persaingan merebut gelar Liga Inggris musim ini.

Terbaru, Liverpool takluk dari Everton dalam laga lanjutan Liga Inggris pekan ke-25 di Stadion Anfield pada Minggu (21/02/21) hari ini.

Anak asuh Jurgen Klopp dibuat tak berdaya dengan skor kekalahan 0-2. Masing-masing gol Everton dicetak oleh Richarlison dan penalti Gylfi Sigurdsson.

Sebelumnya, Liverpool juga gagal meraih kemenangan di pekan ke-24 saat berhadapan dengan tuan rumah Leicester City, pada Sabtu (13/02/21) lalu.

Baca Juga

Harapan menang atas Leicester sempat muncul setelah mereka membuat gol lebih dahulu melaluoi Mohamed Salah di menit ke-67. Akan tetapi, pelanggaran pemain pengganti, Thiago Alcantara, jadi petaka bagi Liverpool.

Pelanggaran Thiago kepada Harvey Barnes yang disahkan VAR di menit ke-77 itu adalah awal bencana Liverpool di markas Leicester. 

Tuan rumah menyamakan kedudukan lewat tendangan bebas James Maddison yang berasal dari tendangan bebas tersebut di menit ke-78.

Sukses menyamakan skor, membuat gairah para pemain The Foxes kembali naik. Alhasil mereka mampu mencetak dua gol lagi untuk membalikan keadaan, lewat kaki Jamie Vardy dan Harvey Barnes.

Deretan hasil munior itu tampaknya tidak jadi akhir bagi penderitaan The Reds. Dalam laga-laga berikutnya, Liverpool berpotensi melanjutkan rapor buruk tersebut.


1. Badai Cedera Penyebabnya

Virgil van Dijk pergi meninggalkan lapangan di laga Everton vs Liverpool

Badai cedera disinyalir jadi penyebab Liverpool tampil buruk musim ini. Padahal dua musim lalu mereka memampilkan performa yang sangat gemilang, dimana banyak tim yang sulit untuk mengalahkannya.

Di awali dengan absennya Virgil van Dijk, usai mereka dibantai 2-7 oleh Aston Villa di pekan ke-4.

Satu bulan berikutnya giliran tandem Van Dijk, Joe Gomez yang naik meja perawatan. Kehilangan dua bek tengah andalan membuat Liverpool limbung di semua ajang pada musim ini.

Pada bulan Liverpool hanya menang satu pertandingan dari empat laga, dua di antaranya berujung kekalahan. Mereka juga tersingkir dari Piala FA oleh Manchester United.

Baca Juga

Yang paling parah, Ben Davies cedera sebelum melawan Leicester City, sedangkan Ozan Kabak blunder dalam debutnya bersama Liverpool setelah salah dalam komunikasi dengan kiper Alisson Becker ketika menghadapi The Foxes.

Catatan tujuh kekalahan yang sudah mereka alami sejauh ini, membuat Jordan Henderson dan kolega realistis lempar handuk dalam upaya mempertahankan gelar juara Liga Inggris yang mereka rebut musim lalu.

Meski Liga Inggris menyisakan 13 laga lagi, Jurgen Klopp tidak yakin tim asuhannya bisa mengejar Manchester City yang makin konsisten di sisa musim ini.

Saat ini, Liverpool terlempar di posisi ke-6 dalam tabel klasemen sementara dengan koleksi 40 poin. Mereka terpaut 16 angka dari The Citizens di puncak klasemen, dan berjarak tiga poin dari Chelsea di peringkat ke-4 zona Liga Champions.


2. Liga Champions Harapan

Selebrasi Sadio Mane, Curtis Jones, dan Firmino saat gol kedua Liverpool ke gawanng Leipzig di leg pertama Liga Champions.

Imbas absennya para pilar penting di sektor belakang, rupanya memberikan dampak yang besar bagi performa kiper Alisson Becker sebagai palang pintu terakhir.

Alisson yang dalam dua musim sebelumnya jadi salah salah satu kekuatan The Reds, kini menjelma jadi titik lemah Mohamed Salah dan kawan-kawan.

Setelah blunder yang berujung dua gol untuk Man City hingga akhirnya Liverpool 1-4, saat melawan Leicester Alisson tanpa komunikasi keluar dari gawang dan menabrak pemain baru Ozan Kabak. The Reds hancur 1-3 di markas The Foxes.

Baca Juga

Komunikasi antarpemain merupakan hal dasar dalam sepak bola. Tragisnya, itu terjadi pada pemain seperti Alisson yang pernah menyandang kiper termahal dunia dan tim sekelas Liverpool yang juga juara bertahan Premier League.

Liverpool perlu bangkit sambil berharap tuhan mau mengulurkan tangannya untuk memberikan bantuan kepada mereka agar bisa keluar dari keterpurukan ini.

Praktis saat ini mereka hanya bisa mengejar trofi Liga Champions, agar tidak puasa musim ini. Peluang tersebut masih terbuka lebar, usai menang di leg pertama babak 16 besar melawan RB Leipzig 2-0 pada Rabu (17/02/21) tengah pekan kemarin.

LiverpoolJurgen KloppLiga InggrisAlisson Becker

Berita Terkini