x

3 Pelatih Top yang Bisa Segera Angkat Kaki dari Liga Inggris

Minggu, 28 Februari 2021 17:52 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Jose Mourinho dan Jurgen Klopp, dua pelatih di Liga Inggris yang sedang dalam sorotan.

INDOSPORT.COM - Menjadi pelatih dan mungkin sekaligus manajer, terutama di Liga Inggris, tentu bukan tugas yang mudah.

Ketika menjadi ahli strategi saja sudah sulit, apalagi saat harus bersaing di kompetisi sedahsyat dan sebesar Premier League, kasta tertinggi sepak bola Inggris.

Meski menyenangkan, beban untuk selalu menyuguhkan permainan tim yang apik jelas menghantui para pelatih di industri ini.

Ketika performa pemain sedang anjlok, pelatih adalah pihak pertama yang paling mudah dijadikan kambing hitam. Apalagi, kecanggihan zaman now membuat orang lebih mudah untuk mengkritik orang lain.

Baca Juga
Baca Juga

Banyak yang bilang Liga Inggris adalah kompetisi kejam, ganas, dan keras bagi para pemain di dalamnya. Akan tetapi, para pelatih juga dihadapkan pada tantangan yang sama dengan anak-anak asuh asuhannya.

Mereka harus berkutat dengan mulut pedas publik dan juga penggemar. Salah sedikit atau tim tampil jelek sebentar saja, terkadang wacana untuk menendang pelatih langsung mencuat semudah membalikkan telapak tangan.

Nah, berikut ini redaksi berita olahraga INDOSPORT merangkum setidaknya tiga pelatih Liga Inggris yang menjadi sorotan dalam beberapa waktu terakhir.

Tentu saja, mereka adalah para pelatih hebat dengan prestasi dan reputasinya masing-masing. Akan tetapi, hal-hal tersebut tidak bisa dijadikan tolak ukur maupun jaminan mereka bisa luput dari gunjingan publik.

Dengan segala kritik yang terlempar, para pelatih ini pun bisa saja segera angkat kaki dari Liga Inggris. Kira-kira siapa saja ya?

Baca Juga
Baca Juga

Roy Hodgson

Roy Hodgson.

Nama pertama adalah Roy Hodgson, yang saat ini menangani Crystal Palace. Seperti masalah pelatih pada umumnya, ia jadi bulan-bulanan publik lantaran performa timnya yang sedang kurang bagus di Liga Inggris.

Bukan terus-terusan kalah atau terus-terusan bermain imbang, masalah utama The Eagles selain mungkin inkonsistensi dalam setiap pertandingan, adalah kejenuhan.

Meski begitu, hasil besutan Hodgson selama menjadi pelatih Crystal Palace tidaklah terlalu buruk. Sejak datang pada September 2017, ia berhasil menyelamatkan timnya setidaknya cukup jauh dari zona degradasi.

Memang, mereka berulang kali berada di posisi belasan di klasemen, tapi tidak buruk bukan? Hanya saja, banyak pihak termasuk suporter Crystal Palace sudah merasa bosan dengan situasi seperti ini dari musim ke musim.

Apalagi, pada 2020-2021 ini jalan mereka di liga juga bisa dibilang terjal. Ada kemungkinan besar Hodgson akan pergi dari Crystal Palace mengingat kontraknya akan habis akhir musim ini.


1. Selain Roy Hodgson, Siapa Lagi?

Pelatih klub Liga Inggris, Tottenham Hotspur, Jose Mourinho.

Jose Mourinho

Nama kedua adalah Jose Mourinho, yang sekarang menukangi klub asal London, Tottenham Hotspur. Malahan, ia mungkin salah satu pelatih yang paling tertekan di Liga Inggris saat ini.

Bagaimana tidak? Penampilan anak-anak asuhnya di skuat The Lilywhites menukik lumayan tajam dalam beberapa waktu terakhir.

Padahal, para suporter sempat menaruh harapan besar padanya sejak musim lalu. Apalagi, setelah pelatih berjuluk The Special One ini membantu Tottenham Hotspur masuk zona Liga Europa 2020-2021.

Pencapaian mereka di ajang ini pun tidak terlalu buruk. Setelah melewati hadangan Wolfsberg di fase 32 besar, Harry Kane dkk akan menghadapi Dinamo Zagreb di 16 besar.

Meski demikian, sepak terjang Jose Mourinho dan skuat asuhannya justru berantakan di Liga Inggris. Sampai tulisan ini dibuat, mereka telah mengumpulkan 36 poin dari 24 pertandingan.

Bukan hanya itu, selesih poin dengan pemuncak klasemen sementara, Manchester City, pun cukup jauh yakni lebih dari 20 angka. Dengan kata lain, nyaris tidak mungkin bagi Spurs untuk menjadi juara Liga Inggris.

Bahkan, posisi empat besar pun bakal cukup sulit mereka gapai. Sontak saja, Jose Mourinho pun jadi sorotan publik. Ia menghadapi risiko pemecatan.

Walaupun demikian, seperti diberitakan laman Team Talk, manajemen Tottenham Hotspur sendiri terpecah dua kubu terkait hal ini. Daniel Levy kabarnya masih ingin memberi Mourinho kesempatan membuktikan diri.

Final Piala Liga Inggris pun jadi bidikan utama. Tottenham Hotspur akan menghadapi Manchester City di partai puncak yang rencananya bakal digelar pada April 2021.

Jurgen Klopp

Jurgen Klopp.

Selain Roy Hodgson dan Jose Mourinho, Jurgen Klopp juga sedang jadi perbincangan hangat di Liga Inggris. Apalagi kalau bukan hasil mengerikan yang diperoleh Liverpool belakangan ini.

Sebelum melawan Sheffield United, The Reds telah menelan empat kekalahan beruntun di ajang liga, yang mana jelas-jelas memalukan bagi tim yang baru saja lahir kembali sebagai juara setelah 31 tahun.

Jika berbicara tentang calon pengganti Klopp, sejumlah nama pun mulai bermunculan. Yang paling santer adalah pelatih Rangers sekaligus legenda Liverpool, Steven Gerrard.

Ketika orang-orang sedang bertanya-tanya apakah yang akan terjadi pada Klopp jika situasi Liverpool tidak kunjung membaik, sepertinya FSG selalu pemilik klub belum menunjukkan tanda-tanda akan memecat sang pelatih.

Kontrak Klopp sendiri baru akan berakhir pada tahun 2024 mendatang. Apakah pelatih asal Jerman ini akan tetap bertahan di Anfield?

Jose MourinhoJurgen KloppRoy HodgsonLiga Primer InggrisLiga InggrisSepak BolaBerita Liga Inggris

Berita Terkini