x

Deretan Rekor Memalukan Liverpool Usai Dibekap Chelsea, Pecah Rekor 129 Tahun!

Jumat, 5 Maret 2021 07:39 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Georginio Wijnaldum (Liverpool) mendapatkan pressing ketat Jorginho (Chelsea).

INDOSPORT.COMLiverpool dipermalukan Chelsea di Liga Inggris, Jumat (05/03/21). The Reds catatkan sejumlah rekor buruk, termasuk pecahnya rekor 129 tahun sejak klub berdiri.

Laga seru mewarnai gelaran Liga Inggris tengah pekan ini, tepatnya Jumat (05/03/21) dini hari WIB tadi. Juara bertahan Liverpool menjamu Chelsea yang kini menjalani era kebangkitan di tangan Thomas Tuchel, dengan tak terkalahkan di 9 laga terakhir bersama pria Jerman itu.

Baca Juga
Baca Juga

Bermain di kandang sendiri dengan mengandalkan trio Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Roberto Firmino, Liverpool justru tampil buruk. Chelsea pun berhasil mencuri gol di babak pertama lewat aksi Mason Mount di menit ke-42.

Tertinggal 1 gol, The Reds coba membalas di sisa pertandingan. Namun buruknya penampilan lini depan mereka menyulitkan upaya anak asuh Jurgen Klopp. Situasi menarik sempat terjadi ketika Klopp memutuskan menarik keluar Mohamed Salah yang ditanggapi dengan kemarahan sang bintang.

Hingga laga berakhir, tak ada gol tambahan sehingga Chelsea memenangi laga tipis itu dengan skor 1-0. Hasil ini membawa The Blues naik ke peringkat 4 klasemen Liga Inggris dengan 47 poin dari 27 laga, sementara merosot ke posisi 7 dengan 43 poin dari jumlah laga yang sama.

Baca Juga
Baca Juga

Di sisi lain, kekalahan itu pun menghasilkan sejumlah catatan buruk nan memalukan bagi Liverpool, termasuk rekor yang baru pertama kali terjadi sepanjang 129 tahun usai The Reds.

Apa saja catatan itu? Berikut ini INDOSPORT merangkumnya untuk Anda:


1. Pertama Kali Sepanjang 129 Tahun Usia Liverpool

Stadion Anfield.

Pecahnya Rekor 129 Tahun Sejak Liverpool Berdiri

Kekalahan 0-1 dari Chelsea di Liga Inggris dini hari tadi menjadi kekalahan kelima beruntun yang dialami Liverpool di kandang mereka, Stadion Anfield. Sebelumnya, mereka sudah kalah dari Burnley, Brighton, Manchester City, dan Everton.

Rekor 5 kekalahan beruntun di Anfield ini pun menjadi yang terburuk sepanjang 129 tahun sejak Liverpool didirikan pada 1892.

Juara Bertahan Terburuk

Musim lalu, setelah menjalani 27 pertandingan di Liga Inggris, Sadio Mane dkk berhasil mengumpulkan 79 poin. Musim ini, dari 27 laga, mereka hanya meraih 43 poin. Penurunan 36 poin ini adalah yang terburuk di antara para juara bertahan liga setelah 27 pertandingan.

Keempat Terburuk di Musim Ini

Dari 11 pertandingan Liga Inggris yang sudah dijalani di tahun 2021, The Reds hanya mampu meraih 10 poin. Mereka pun menjadi klub terburuk keempat setelah West Brom (9), Newcastle (7), dan Southampton (4).

Lebih Dekat ke Degradasi daripada Puncak Klasemen

Berada di peringkat 7 dengan 43 poin, Sadio Mane dkk kini tertinggal 22 poin dari Manchester City yang ada di puncak. The Reds kini lebih dekat ke zona degradasi daripada puncak klasemen, karena hanya unggul 20 poin dari Fulham yang ada di posisi 18.

Mandul di Kandang

Liverpool tampil mandul di kandang di Liga Inggris sejak tahun 2021 dimulai. Dari 6 laga kandang Liga Inggris sepanjang tahun ini, The Reds hanya bisa mencetak 1 gol dari 85 tembakan yang dilepaskan. Satu-satunya gol itu berasal dari eksekusi penalti Mohamed Salah saat kalah 1-4 dari Man City.

Jauh dari Gawang Lawan

Di laga melawan Chelsea dini hari tadi, Liverpool baru bisa melepaskan tembakan ke gawang lawan pada menit ke-85 lewat sundulan Georginio Wijnaldum. Ini adalah waktu terlama yang dibutuhkan The Reds untuk melepaskan shot on target sejak Mei 2010.

Ketika itu, Liverpool baru bisa mencetak shot on target di menit ke-90. Uniknya, saat itu lawan yang mereka hadapi adalah Chelsea

LiverpoolChelseaMohamed SalahJurgen KloppAnfield StadiumSadio ManeLiga InggrisBerita Liga Inggris

Berita Terkini