x

Bedah Formasi Barcelona Andai Kembali Dilatih Pep Guardiola, Messi Bersinar Lagi?

Jumat, 5 Maret 2021 17:07 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Pep Guardiola, pelatih Man City.

INDOSPORT.COM – Menerka formasi yang bakal digunakan Barcelona andai mereka kembali dilatih Pep Guardiola musim depan. Mampukah membuat pamor Lionel Messi kembali naik dan raih Ballon d’Or?

Barcelona sendiri sampai saat ini memang masih belum menunjukkan progress positif kala bermain di bawah pelatih anyar mereka, Ronald Koeman.

Tercatat, klub yang bermarkas di Camp Nou itu masih tertahan di urutan kedua klasemen sementara Liga Spanyol, serta kalah telak di leg pertama 16 besar Liga Champions kontra PSG.

Baca Juga
Baca Juga

Dengan situasi tersebut, masa depan Ronald Koeman bersama klub Catalan pun masih belum menemukan titik terang. Bahkan jika Barcelona gagal melangkah ke babak semifinal Liga Champions musim ini, Ronald Koeman bisa jadi segera angkat kaki dari markas Blaugrana.

Walau belum ada pernyataan resmi dari klub, namun sejumlah nama sempat dikaitkan bakal jadi penerus Ronald Koeman sebagai pelatih Barcelona musim depan. Salah satunya adalah Pep Guardiola.

Sebelum menukangi Manchester City, karier pelatih asal Spanyol itu bisa dibilang berkembang di Barcelona, terbukti dengan 14 gelar juara termasuk treble winners pada tahun 2008 silam.

Berbekal prestasi tersebut, banyak para pendukung Barcelona yang berharap Guardiola segera kembali ke Camp Nou. Setali tiga uang, sang pelatih pun tampak memberikan sinyal untuk bisa bereuni di Spanyol.

Mengutip salah satu wawancaranya beberapa waktu lalu, Pep Guardiola turut memberikan perhatian kepada Barcelona yang saat ini sedang terpuruk. Dirinya pun yakin jika Barca bisa segera bangkit dalam waktu dekat.

"Bagi saya pribadi, klub terbaik dunia sedang dalam masalah dan yakin Barcelona bakal kembali tangguh dalam waktu singkat. Presiden baru akan memimpin dengan penuh percaya diri, saya sangat menantikan hasilnya nanti," ucap Guardiola dilansir AS.

Andai benar Pep Guardiola melatih Barcelona, menarik dinanti skema permainan serta formasi yang bakal digunakan pelatih berkepala plontos ini. Jika tetap berpatok pada taktik Tiki-Taka yang jadi khasnya, nama Lionel Messi diprediksi bakal kembali bersinar di Barcelona.

Lebih lengkapnya, berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas, bedah formasi Barcelona andai kembali dilatih Pep Guardiola.

Andalkan Messi Sebagai Ujung Tombak
Menilik dari rekam jejak kepelatihan Pep Guardiola selama menukangi tim-tim Eropa, tampak jika formasi 4-3-3 telah jadi pakem dan andalan untuk diterapkan tiap pertandingan.

Berkaca dari kondisi skuad Barcelona saat ini, taktik 4-3-3 ala Guardiola diprediksi masih bakal tetap memberikan kemenangan bahkan dapat mengembalikan taji Lionel Messi sebagai goal getter.

Jika dalam era kepelatihan Ronald Koeman, sosok Messi lebih banyak dimainkan sebagai winger atau second striker, namun di bawah Pep Guardiola nanti La Pulga bisa kembali bermain sebagai striker utama.

Baca Juga
Baca Juga

Sebagai informasi, Lionel Messi berhasil mencetak 211 gol dari total 219 pertandingan saat bermain di bawah arahan Pep Guardiola, dan hampir sebagian gol tersebut dicetak saat Messi tampil sebagai central forward.

Dengan kembali bermain di posisi favoritnya, Lionel Messi pun diprediksi bisa menemukan sinarnya musim depan, bahkan punya potensi besar untuk bersaing dapatkan gelar Ballon d’Or.


1. Formasi Barcelona

Selebrasi gol megabintang Barcelona, Lionel Messi, dalam pertandingan LaLiga Spanyol kontra Valencia, 19 Februari 2012.

Sebagai tandem Messi, duet Ousmane Dembélé dan Antoine Griezmann sebagai winger sebelah kiri dan kanan bisa jadi opsi terbaik. Selain dua pemain tersebut, Barcelona masih memiliki beberapa pilihan lain untuk supersub seperti Trincão, Konrad de la Fuente hingga Ansu Fati.

Pemain serba bisa macam Pedri dan Philippe Coutinho juga bisa jadi alternatif, jika Barcelona ingin memaksimalkan permainan open play.

Di posisi gelandang, Sergio Busquets masih jadi pilihan utama sebagai defensive midfielder. Pengalaman serta ketangguhannya dalam memutus aliran bola, bakal jadi kunci serangan Barcelona saat melakukan fast break.

Sementara dua central midfielder bertipe box-to-box serta advance playmaker, bisa ditempati Frenkie de Jong dan Philippe Coutinho. Khusus nama terakhir, akan bertindak sebagai playmaker yang banyak membantu penyerangan Barcelona dari lini tengah.

Terakhir adalah kuartet pertahanan Barcelona yang bakal dihuni banyak muka muda. Sebagai pemimpin, Gerard Piqué akan jadi pilihan utama dan bertandem dengan Clément Lenglet di posisi centre back.

Jordi Alba dan Sergiño Dest cocok untuk mengisi slot wing back. Kecepatan serta akurasi umpan keduanya diprediksi bisa membantu serangan Barcelona lewat crossing dari sektor sayap.

Pada posisi penjaga gawang, Marc-André ter Stegen yang dalam beberapa musim terakhir selalu jadi pilihan utama tampaknya bakal kembali dipercaya menjaga gawang El Barca arahan Pep Guardiola.

Lebih jelasnya, berikut prediksi formasi Barcelona saat kembali dilatih Pep Guardiola:
(4-3-3)
Marc-Andre ter Stegen; Jordi Alba, Gerard Pique, Clément Lenglet, Sergino Dest; Frenkie de Jong, Sergio Busquets, Philippe Coutinho; Antoine Griezmann, Lionel Messi, Ousmane Dembele.

BarcelonaLionel MessiLaLiga SpanyolPep GuardiolaLiga SpanyolBerita Liga Spanyol

Berita Terkini