x

Robert Alberts Tak Evaluasi Tim Usai Main Imbang Lawan Bali United

Jumat, 26 Maret 2021 17:23 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, mengaku masih terlalu dini untuk menilai performa anak asuhnya usai kembali bermain lagi di lapangan.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, tidak melakukan evaluasi setelah anak asuhnya melakoni pertandingan perdana babak penyisihan Grup D turnamen pramusim Piala Menpora 2021, mengahadapi Bali United, Rabu (24/03/21).

Lewat pertandingan yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, skuat Maung Bandung hanya mampu mengamankan satu poin, setelah skor berkahir imbang 1-1.

Menurut Robert Alberts, terlalu dini jika langsung melakukan evaluasi mengenai permainan anak asuhnya. Pasalnya, tim kebanggaan Bobotoh baru menggelar persiapan sekitar tiga pekan untuk tampil di turnamen pramusim Piala Menpora 2021, setelah aktivitas tim diliburkan selama empat bulan.

Baca Juga
Baca Juga

Sementara itu tim lawan, sudah memiliki persiapan yang cukup matang saat tampil di turnamen Piala Menpora 2021, karena mereka sebelumnya sudah fokus mempersiapkan diri untuk menghadapi Piala AFC 2021.

"Soal ini jangan sampai terjadi ada kesalahpahaman, saat ini belum ada yang perlu dievaluasi. Apa yang kami lihat di sini, adalah bagaimana pemain merespon ketika berhadapan dengan Bali United,

Baca Juga
Baca Juga

"Bali United sudah melakukan persiapan selama dua bulan," kata Robert Alberts, Kamis (25/03/2021).

"Secara fisik, mereka memiliki kondisi yang jauh lebih baik ketimbang pemain dari klub lain, termasuk kami sendiri yang baru berlatih selama tiga pekan, sedangkan Bali United sudah berlatih dua bulan," ucap Robert Alberts menambahkan.


1. Masih Tahap Awal

Komisaris PT PBB, Umuh Muchtar, saat memberikan motivasi kepada pemain Persib sebelum berangkat ke Sleman, Senin (22/03/21).

Robert Alberts menuturkan, butuh waktu bagi pelatih untuk mengembalikan performa pemain agar seperti sebelum kompetisi musim 2020 dihentikan, apalagi setelah satu tahun tidak melakoni pertandingan. Jadi, saat laga perdana Grup D Piala Menpora 2021, tidak ada yang harus dievaluasi olehnya.

"Jadi, apa yang saya dan pelatih lain lihat di pertandingan adalah bagaimana setiap pemain merespon situasi yang ia hadapi di pertandingan dan bagaimana kami sebagai satu tim merespon situasi tertentu," ujarnya.

"Tidak ada hal yang kami evaluasi, karena memang apa yang kami lakukan belum selesai. Selama dua tiga pekan latihan yang kami lakukan, kami membangun platform hanya dari segi aerobik setelah satu tahun tidak berlatih dan bermain, Anda tidak bisa begitu saja memendam harapan," jelasnya.

Turnamen Piala Menpora 2021, menurut pelatih asal Belanda ini menjadi ajang pemanasan bagi timnya sebelum menghadapi kompetisi Liga 1 2021. Karena, pemain sudah cukup lama tidak merasakan atmosfer pertandingan, setelah kompetisi musim 2020 dihentikan sejak pertengahan Maret tahun lalu.

"Satu hal yang juga penting adalah, turnamen ini bukan untuk mengevaluasi tim, tapi sebagai persiapan, ketika liga dipastikan bisa berjalan, pekerjaan mendasar kami sudah terpenuhi, karena dengan itu, baru kami bisa memulai persiapan (menuju liga)," ungkapnya.

Sementara itu, setelah pertandingan menghadapi Bali United, tim kebanggaan Bobotoh akan berhadapan dengan Persita Tangerang, Senin (29/03/21) dan Persiraja Banda Aceh, Jumat (02/04/21).

Persib BandungRobert Rene AlbertsBali UnitedLiga IndonesiaPiala MenporaRobert AlbertsBola Indonesia

Berita Terkini