x

Pantas UEFA Dikhianati, Terungkap Penyokong Dana Liga Super Eropa

Senin, 19 April 2021 12:35 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor:

INDOSPORT.COM - Ketua Liga Super Eropa sekaligus presiden Real Madrid saat ini, Florentino Perez, ternyata menggoda tim-tim partisipan kompetisinya hadiah diluar nalar. Pantas saja UEFA sampai kalah saing karenanya.

Setelah bertahun-tahun jalankan kompetisi besar di Benua Biru, baik dalam tingkat domestik dan tingkat lanjut (Liga Champions dan Liga Europa), federasi sepak bola Eropa mendapatkan pesaing baru dengan pentas yang tak kalah fenomenal.

Baca Juga
Baca Juga

Bagaimana tidak? Forum yang dihelat oleh para petinggi klub-klub besar seperti Stan Kroenke (Arsenal), Andrea Agnelli (Juventus), John W. Henry (Liverpool), Joel Glazer (Manchester United), dan Perez (Real Madrid) mencetuskan kompetisi baru.

Ya, bertajuk Liga Super Eropa, Perez selaku orang nomor satunya menjanjikan pertandingan sepak bola yang beda dari lainnya. Ia berkata: "Kami akan membantu sepak bola dari tiap tingkatan berbeda dalam satu tempat yang pantas," dilansir Marca.

"Sepak bola adalah olahraga dengan tingkat global dan sangat digandrungi di dunia. Sudah ada 4 miliar fans saat ini dan sudah jadi tanggung jawab kami untuk berikan timbal balik bagi para pecintanya," imbuhnya lagi.

Baca Juga
Baca Juga

Pentas yang notebene elit ini sendiri telah resmi menarik minat 12 klub berbeda dari liga berbeda pula. Sebut saja 'The Big Six' Liga Inggris, tiga tim besar Serie A Liga Italia, hingga tiga tim ternama LaLiga Spanyol.

Melihat kompetisinya bakal ditinggalkan, UEFA pun berikan berbagai ancaman yang patut disesali selusin tim tersebut. Namun, ultimatum tersebut nampaknya tak seberapa dengan hadiah menggiurkan di depan mata.


1. Ada Subsidi Rp5,8 Triliun Bagi Partisipan Bikin UEFA Layak Ditinggalkan!

Liga Super Eropa berikan keuntungan gila ketimbang yang ditawarkan UEFA.

Melansir laman Sportbible dinukil dari New York Times, terselenggaranya pentas terakbar seantero Eropa ini bakal buat partisipannya diganjar bayaran 400 juta dollar AS (Rp5,8 triliun) setahun.

Jumlah ini sendiri bisa dibilang empat kali lipat dari tawaran UEFA, terutama saat banyak klub ikut serta dalam gelaran Liga Champions. Yakin bisa berikan jumlah fantastis tersebut, darimana sumber pamasukannya?

Media lain melaporkan jika bank JP Morgan tertarik mengucurkan dana sebagai sponsor hingga 6 miliar euro (Rp104 triliun). Nantinya pihak DAZN bakal memegang hak siar dengan investasi tambahan sebesar 3,5 miliar dollar AS (Rp50 triliun).

Belum termasuk sponsor-sponsor lain, tak heran membuat 12 klub yakni Man United, Arsenal, Tottenham, Chelsea, Man City, Liverpool, AC Milan, Inter Milan, Juventus, Barcelona, Atletico Madrid, dan Real Madrid terperdaya.

Awalnya direncanakan bakal ada 15 klub pendiri yang akan turut memeriahkan kompetisi ini, Bayern Munchen selaku wakil Jerman yang sempat menolak pun akhirnya tertarik untuk bergabung. Sementara PSG dilaporkan 'loyal' dengan pentas naungan UEFA.

Liga Super Eropa kabarnya baru bisa bergulir 2023-2024 mendatang, tapi tak menutup kemungkinan akan gelar debutnya pada bulan Agustus nanti. Iming-iming makin kaya oleh Perez bukan hal aneh tim-tim partisipannya mulai tinggalkan kompetisi yang dihelat UEFA.   

Real MadridAtletico MadridManchester UnitedLiverpoolChelseaArsenalManchester CityBarcelonaUEFAAC MilanInter MilanJuventusTottenham HotspurFlorentino PerezLiga Super EropaBola InternasionalSepak Bola

Berita Terkini