x

Profil Tim Euro 2020: Kroasia

Rabu, 2 Juni 2021 21:42 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Euro 2020 alias Piala Eropa 2020 akan digelar pada 11 Juni – 11 Juli 2021. Berikut profil timnas Kroasia, yang tergabung di Grup D dalam ajang tersebut.

INDOSPORT.COMEuro 2020 alias Piala Eropa 2020 akan digelar pada 11 Juni – 11 Juli 2021. Berikut profil timnas Kroasia, yang tergabung di Grup D dalam ajang tersebut.

Gelaran Euro 2020 akan menjadi penampilan keenam atau kelima beruntun bagi timnas Kroasia. Sebelumnya tim berjuluk Vatreni ini sudah tampil di edisi 1996, 2004, 2008, 2012, dan 2016.

Kroasia lolos ke Euro 2020 usai tampil gemilang di babak kualifikasi dengan menjadi juara Grup E. Tergabung dengan Wales, Slovakia, Hungaria, dan Azerbaijan, tim asuhan Zlatko Dalic ini sukses meraih 5 kemenangan, 2 imbang, dan hanya 1 kali kalah.

Baca Juga
Baca Juga

Meski demikian, usai tuntas menjalani babak kualifikasi, performa Luka Modric dkk menurun drastis saat tampil di Nations League. Bermain di Liga A Grup 2 bersama Portugal, Swedia, dan Prancis, Kroasia hanya bisa meraih 1 kemenangan dan menelan 5 kekalahan.

Beruntung, selepas Nations League performa mereka mulai membaik dengan merebut 2 kemenangan dan hanya 1 kali kalah dari 3 laga pertama kualifikasi Piala Dunia.

Secara total, dalam 10 pertandingan terakhir di semua kompetisi, Kroasia merebut 4 kemenangan dan 6 kekalahan.

Baca Juga
Baca Juga

Namun, patut diingat bahwa Kroasia kerap membuat kejutan di ajang besar, seperti ketika menjadi juara ketiga di Piala Dunia 1998.

Terbaru, di Piala Dunia 2018, mereka sukses melaju hingga ke final termasuk dengan menyingkirkan Inggris di semifinal, sebelum dikalahkan Prancis 2-4 di partai puncak. Tim asuhan Zlatko Dalic ini pun berpotensi kembali membuat kejutan di Piala Eropa.


1. Perkiraan Formasi dan Starting XI

Starting XI Timnas Kroasia di Euro 2020.

Menghadapi Euro 2020 alias Piala Eropa 2020, pelatih Zlatko Dalic masih mengandalkan sejumlah pilar yang sukses membawa timnas Kroasia menjadi runner up Piala Dunia 2018.

Meski sudah ditinggal pensiun Ivan Rakitic, Danijel Subasic, dan Mario Mandzukic, Kroasia masih diperkuat sejumlah pemain seperti Sime Vrsaljko, Dejan Lovren, Ivan Perisic, Marcelo Brozovic, hingga Luka Modrid.

Di Euro 2020 yang akan menjadi ajang besar kedua bersama Dalic sebagai pelatih, Kroasia diyakini akan mengandalkan pola 4-3-3.

Dominik Livakovic akan menjadi kiper utama dikawal empat pemain belakang yakni Sime Vrsaljko dan Borna Barisic di fullback kanan dan kiri, serta duet bek tengah senior Dejan Lovren dan Domagoj Vida.

Di tengah, Luka Modric sang kapten akan menjadi pengatur permainan, didampingi dua pemain yang  sukses meraih gelar di klub mereka musim ini yakni Marcelo Brozovic sang juara Serie A Italia dan Mateo Kovacic sang juara Liga Champions. 

Di depan, Ivan Rakitic dan Nikola Vlasic akan mengapit Andrej Kramaric yang tampil tajam bersama Hoffenheim musim ini dengan 20 gol dari 28 laga di Bundesliga Jerman.

Prediksi susunan pemain

(4-3-3): Livakovic; Vrsaljko, Lovren, Vida, Barisic; Kovacic, Brozovic, Modric; Vlasic, Kramaric, Perisic.

Skuat resmi Kroasia untuk Euro 2020:

Kiper: Dominik Livakovic (Dinamo Zagreb), Lovre Kalinic (Hajduk Split), Simon Sluga (Luton)

Bek: Sime Vrsaljko (Atletico Madrid), Borna Barisic (Rangers), Duje Caleta-Car (Marseille), Dejan Lovren (Zenit), Josip Juranovic (Legia Warszawa), Domagoj Vida (Besiktas), Josko Gvardiol (Leipzig), Domagoj Bradaric (LOSC Lille), Mile Skoric (Osijek).

Gelandang: Mateo Kovacic (Chelsea), Luka Modric (Real Madrid), Marcelo Brozovic (Inter Milan), Milan Badelj (Genoa), Nikola Vlasic (CSKA Moskva), Mario Pasalic (Atalanta), Ivan Perisic (Inter Milan), Josip Brekalo (Wolfsburg), Mislav Orsic (Dinamo Zagreb), Luka Ivanusec (Dinamo Zagreb).

Penyerang: Ante Rebic (AC Milan), Bruno Petkovic (Dinamo Zagreb), Ante Budimir (Osasuna), Andrej Kramaric (Hoffenheim)


2. Player to Watch

Gelandang Timnas Kroasia, Luka Modric.

Meski sudah berusia 35 tahun, Luka Modric masih jadi andalan bagi Kroasia maupun Real Madrid. Di level klub, sang gelandang mencatatkan 48 penampilan di semua kompetisi dengan sumbangan 6 gol dan 6 assist.

Peran penting Modric bagi Los Blancos terbukti dengan perpanjangan masa baktinya hingga setahun ke depan setelah kontrak lamanya habis 30 Juni 2021 ini.

Sementara itu di timnas, Luka Modric sudah mencatatkan 136 penampilan dan mencetak 17 gol serta 20 assist.

Dengan pengalaman panjang bersama Real Madrid dan timnas Kroasia, mental juara, serta kemampuan teknisnya, kehadiran Luka Modrid diharapkan bisa membawa Vatreni kembali menghasilkan kejutan.

Di sisi lain, Euro 2020 kemungkinan besar akan jadi ajang besar terakhir bagi Luka Modric bersama Vatreni. Situasi ini bisa mendorong Modric untuk tampil sebaik mungkin, serta akan mendorong para pemain lain untuk memberikan perpisahan terbaik bagi kapten mereka itu.


3. Prediksi di Euro 2020

Zlatko Dalic, pelatih Timnas Kroasia.

Di Euro 2020, Kroasia tergabung di Grup D bersama Inggris, Skotlandia, dan Republik Ceko. Punya kekuatan dan pengalaman lebih baik dibandingkan Skotlandia dan Ceko, Kroasia dan Inggris diyakini bakal berebut finis sebagai pemuncak grup ini.

Menariknya, jika finis sebagai pemuncak Grup D, tim asuhan Zlatko Dalic justru akan ditunggu lawan berat. Pasalnya, di babak 16 besar, juara Grup D akan bertemu runner grup F yang merupakan grup neraka berisikan Hungaria, Portugal, Prancis, dan Jerman.

Sementara itu jika finis sebagai peringkat 2 Grup D, di 16 besar Kroasia akan bertemu runner up Grup E yang akan diperebutkan Swedia, Polandia, atau Slovakia. Pemenang partai ini kemungkinan besar akan bertemu juara Grup F di perempat final.

Dengan demikian, laju tim Vatreni di Piala Eropa 2020 akan tergantung pada posisi akhir mereka di Grup D. Meski demikian, di atas kertas, berdasarkan kualitas skuat dan pengalaman, Luka Modric dkk diunggulkan untuk melaju hingga ke perempat final.

KroasiaLuka ModricPiala EropaEuro 2020Piala Eropa 2020Bola InternasionalZlatko DalicProfil Tim Euro 2020Euforia Eropa

Berita Terkini