x

Pelatih Persib Bandung Tanggapi Fenomena Klub 'Sultan' di Liga 2

Jumat, 4 Juni 2021 13:48 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Herry Ibrahim
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, ditemui di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Sabtu (22/05/21).

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, memberikan tanggapan mengenai banyaknya investor yang masuk dan mengambil alih klub yang akan berlaga di kompetisi Liga 2 2021.

Sebagai informasi, saat ini banyak pengusaha yang mulai masuk dan mengambil alih kepemilikan klub Liga 2. Tak hanya pengusaha dalam negeri, namun dari luar negeri juga ada yang tertarik menjadi investor klub Liga 2.

Beberapa nama besar yang mulai terjun mengelola klub Liga 2, diantaranya anak Presiden RI Joko Widodo, Kaesang Pangarep, yang bekerja sama dengan Menteri BUMN, Erick Thohir di Persis Solo.

Baca Juga
Baca Juga

Kemudian Raffi Ahmad yang telah membeli Cilegon United dan mengubah namanya menjadi RANS Cilegon FC dan pengusaha asal Malaysia sekaligus pemilik Kelantan FC, Norizam Tukiman, telah membeli PSPS Riau pada awal Mei ini. Serta beberapa nama lainnya, yang mengelola PSG Pati dan Dewa United.

"Itu tidak terlalu penting soal memiliki klub, tapi yang penting adalah bagaimana menjalankan klub tersebut. Karena kepemilikan tidak berarti kamu menjalankan klub. Kamu butuh pakar untuk melakukan itu," kata Robert Alberts.


1. Tujuan yang Baik

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts, ditemui di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Sabtu (22/05/21).

Robert Alberts menuturkan, investor tersebut pasti memiliki tujuan untuk mengembangkan klubnya dan jika pengelolaannya berjalan secara profesional, maka hal itu akan berdampak positif bagi klub tersebut maupun bagi sepak Indonesia.

"Kita lihat nanti apakah klub ini berjalan secara profesional, jika iya maka itu sangat positif, sektor privat-nya melangkah maju. Dalam hal ini banyak klub dari Liga 2 beralih kepemilikan dan itu artinya mereka punya niat bagus untuk meningkatkan standar klub di sepakbola Indonesia dan membentuk tim yang tangguh," ungkapnya.

Baca Juga
Baca Juga

Pelatih asal Belanda ini berharap, investor yang baru masuk ke klub Liga 2 bisa mendapatkan arahan dari pihak-pihak profesional yang memiliki pengalaman di sepakbola. Agar, tujuan mengembangkan klub ke arah profesional bisa tercapai.

"Besar harapan mereka mendapat pengarahan dari orang-orang yang profesional di sekitarnya dan itu positif. Jika mereka datang dengan menyuntikan dana segar dan memiliki profesionalisme tentu itu menjadi keunggulan," jelasnya.

Sementara itu, masuknya investor ke klub Liga 2 membuat peta persaingan kompetisi musim 2021 menjadi lebih menarik, pasalnya tak sedikit peserta yang merekrut pemain yang sudah berpengalaman di sepakbola Indonesia dan sempat memperkuat tim Liga 1.

Persib BandungRans Nusantara FCRobert Rene AlbertsLiga IndonesiaLiga 2Berita Liga 1Raffi AhmadLiga 1 2021

Berita Terkini