x

Hasil Pertandingan Vietnam vs Timnas Indonesia: Gawang Skuat Garuda Dijebol 4 Kali

Selasa, 8 Juni 2021 01:57 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong dan pelatih Vietnam, Park Hang-seo.

INDOSPORT.COM – Berikut hasil pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 antara Vietnam vs Timnas Indonesia, Senin (07/06/21) malam WIB.

Babak Pertama

Sejak wasit meniup peluit tanda dimulainya pertandingan, Vietnam langsung menguasai laga. Terlihat dominasi anak asuh Park Hang-seo sehingga hampir bermain setengah lapangan.

Dalam 10 menit pertama, Timnas Indonesia sesekali hanya mampu melancarkan serangan balik memanfaatkan bola yang berhasil direbut.

Vietnam hampir saja membuka keunggulan terlebih dahulu lewat sepakan keras salah satu penggawanya yang mampu ditepis Nadeo Argawinata. Setelahnya, peluang didapatkan Vietnam lewat situasi bola mati seperti sepak pojok.

Baca Juga
Baca Juga

Memasuki menit ke-20, Indonesia mulai meningkatkan intensitas permainan dan membuat Vietnam kesulitan membangun serangan.

Bahkan, skuat Garuda sesekali melancarkan serangan lewat umpan panjang dan dalam bertahan mampu membuat Vietnam harus bermain melebar dan memainkan umpan silang lambung sehingga sulit mencetak gol.

Permainan pun nampak berjalan keras. Dalam 20 menit awal, 3 kartu kuning telah keluar dari kantong wasit. Bahkan, keributan sempat terjadi setelah Pratama Arhan sempat melakukan pelanggaran keras di menit ke-22.

Di menit ke-27, Vietnam kembali membuat peluang lewat sepakan kaki kiri Van Duc yang membuat Nadeo harus jatuh bangun untuk mengamankan gawangnya.

Baca Juga
Baca Juga

Nadeo benar-benar dibuat kewalahan di 35 menit pertama ini. Vietnam mampu menciptakan peluang dari sepak pojok saat tandukan penggawanya melenceng tipis di kiri gawang kiper Indonesia tersebut.

Ancaman Vietnam pun kian meningkat menjelang berakhirnya pertandingan. Dua sepak pojok bahkan tercipta dalam tempo kurang satu menit di menit ke-44.

Hingga babak pertama usai, skor kacamata masih bertahan di laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia antara Vietnam vs Timnas Indonesia.


1. Babak Kedua

Vietnam vs Indonesia

Di awal babak kedua, Vietnam langsung membuat peluang lewat Xuan Truong melalui sepakan keras dari luar kotak penalti yang membentur mistar gawang.

Indonesia pun tak tinggal diam. Semenit berselang, Kushedya Haru Yudo juga membuat peluang untuk yang hampir membuka keunggulan.

Petaka bagi Indonesia hadir di menit ke-51 setelah Nguyen Tienh Linh berhasil mencetak gol memanfaatkan serangan cepat yang membuat Vietnam unggul atas Indonesia

Tienh Linh mencetak gol memanfaatkan akselerasi cepat dan bola hasil blok dari tendangannya sendiri. Nadeo tak mampu berkutik melihat bola memantul tiang dalam gawang dan bersaring di jalanya. Vietnam unggul 1-0 atas Indonesia.

Indonesia pun mencoba mengejar ketertinggalan. Namun, Vietnam yang telah unggul malah bermain nyaman dan membuat skuat Garuda kesulitan membangun serangan.

Permainan terbuka Indonesia pun berhasil dimanfaatkan Vietnam di menit ke-61. Gol kembali dicetak anak asuh Park Hang-seo lewat Nguyen Quang Hai.

Quang Hai mencetak gol kedua Vietnam lewat sepakan keras dari luar kotak penalti. Bola pun meluncur mudah dan menjebol gawang Nadeo. Skor berubah menjadi 2-0 untuk keunggulan Vietnam.

Enam menit berselang, Vietnam kembali menambah keunggulan atas Indonesia menjadi 3-0 lewat Nguyen Cong Phuong.

Chong Puong mencetak golnya tepat di muka gawang Nadeo memanfaatkan ruang bebas dan bola hasil tandukan rekannya dari sepak pojok.

Di menit ke-71, Indonesia berpeluang memperkecil kedudukan lewat pemain yang baru masuk di babak kedua, Egy Maulana Vikri.

Egy hampir memperkecil keadaan lewat aksinya yang menggiring bola dan dituntaskan dengan sepakan keras dari luar kotak penalti. Sayang sepakan kerasnya hanya membentur mistar gawang Vietnam.

Usaha Indonesia memperkecil kedudukan malah harus dibalas lewat gol kembali oleh Vietnam. Kali ini lewat Vu Van Tanh di menit ke-74.

Van Tanh mampu mencetak gol keempat Vietnam lewat sepakan indah dengan kaki kirinya yang melengkung ke kanan gawang Nadeo. Skor berubah menjadi 4-0 untuk keunggulan Vietnam.

Pasca gol tersebut, permainan cenderung kian ketat di mana Indonesia mulai berani berduel dan melakukan perlawanan untuk mencari gol untuk memperkecil kedudukan.

Tak heran bila banyak pelanggaran tercipta di sisa waktu yang ada dengan tingginya intensitas permainan ini. Vietnam hanya sesekali melancarkan serangan lewat skema serangan balik cepat.

Hingga wasit meniup peluit panjang, skor 4-0 untuk kemenangan Vietnam tetap bertahan. Timnas Indonesia harus menerima kekalahan keenamnya di Grup G dalam tujuh laga yang telah dijalani.

Sedangkan hasil ini membuat Vietnam kian kokoh di puncak klasemen Grup G dengan status tak terkalahkan sejauh ini berkat empat kemenangan dan dua hasil imbang di enam laga, unggul dua poin atas Uni Emirat Arab.

Susunan Pemain:

Vietnam (4-3-3):

Bui Tan Truong; Bui Dung, Do Duy Manh, Que Ngoc Hai, Vu Van Thanh; Phan Van Duc,  Nguyen Pong Hong Duy, Nguyen Tuanh Anh; Nguyen Quang Hai, Nguyen Van Toan, Nguyen Tien Linh

Indonesia (4-3-3):

Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Rizky Ridho Ramadhani, Arif Satria, Pratama Arhan; Rachmat Irianto, Evan Dimas, Syahrian Abimanyu; Yakob Sayur, Kushedya Hari Yudho, Osvaldo Haay

VietnamTimnas IndonesiaBola InternasionalHasil PertandinganSepak BolaKualifikasi Piala Dunia 2022

Berita Terkini