x

Bedah Kualitas Nikola Vlasic, Gelandang Versatile Kroasia Buruan Utama AC Milan

Kamis, 15 Juli 2021 06:28 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
AC Milan dikabarkan tertarik dengan mantan pemain terbaik Liga Rusia, Nikola Vlasic.

INDOSPORT.COM - Membedah kualitas Nikola Vlasic, gelandang serba bisa asal Kroasia yang diincar klub Serie A, AC Milan, di bursa transfer.

AC Milan dikabarkan tertarik dengan mantan pemain terbaik Liga Rusia, Nikola Vlasic. Kabar ini semakin santer terdengar seiring dengan laporan klub yang telah mengajukan tawaran resmi.

Dilansir dari Calciomercato, AC Milan kabarnya sudah mengikuti perjalanan Nikola Vlasic sejak akhir musim lalu. Namun baru musim panas ini Milan membuka dialog dengan CSKA tentang kemungkinan membawa pemain asal Kroasia itu ke Liga Italia.

Kontrak Nikola Vlasic bersama CSKA Moscow sendiri masih berlaku sampai 2024 nanti. Itu sebabnya, Milan harus menggelontorkan uang dalam jumlah besar untuk mendatangkannya.

Baca Juga
Baca Juga

Dalam kontrak Vlasic dan CSKA, terdapat klausul pelepasan sebesar 35 juta euro atau setara Rp560 miliar kepada klub asing yang meminatinya.

Meski begitu, dalam negosiasi nanti, tak menutup kemungkinan angka yang lebih rendah didapat. Kabarnya, Direktur Milan, Paolo Maldini dan Ricky Massara tengah berusaha untuk mengamankan kesepakatan dengan formula pinjaman dan opsi pembelian.

Situasi keuangan Milan yang belum kondusif sepenuhnya memaksa manajemen untuk menggunakan opsi pinjam. Nantinya, Nikola Vlasic akan diplot sebagai pengganti Hakan Calhanoglu yang musim panas ini menyebrang ke Inter Milan.

Nikola Vlasic sendiri merupakan seorang gelandang serba bisa. Meski berposisi utama sebagai playmaker, ia bisa main sebagai penyerang sayap kiri dan sayap kanan.

Kelebihan lain dari Nikola Vlasic adalah usianya yang masih muda yakni 23 tahun. Nikola Vlasic bisa menjadi investasi yang bagus untuk Rossoneri.

Baca Juga
Baca Juga

Lalu, kualitas seperti apa lagi yang dimiliki oleh Nikola Vlasic sampai-sampai Milan begitu kepincut kepadanya? Berikut ulasannya.


1. Bedah Kualitas Nikola Vlasic

Gelandang tengah CSKA Moskow, Nikola Vlasic, tengah diincar oleh AC Milan di bursa transfer.

Lahir di Split, Kroasia, 4 Oktober 1997, Nikola Vlasic memulai karier sepak bolanya di klub NK Omladinac. Pada 2010 atau tepat di usia 13 tahun, ia hijrah ke klub ternama kota kelahirannya, Hadjuk Split.

Nikola Vlasic langsung menjadi pilihan utama di tim U-17 dan tim B. Pada Juli 2014 ia pun bergabung bersama tim senior Hadjuk Split.

Selama tiga tahun membela Split, ia menorehkan 120 penampilan dengan kontribusi 13 gol dan 20 assist. Kala itu ia memang tak melulu memerankan posisi playmaker.

Nikola Vlasic sering menjadi gelandang tengah, gelandang kiri, sampai gelandang kanan. Akhirnya, pada 2018 tim papan atas Liga Inggris, Everton, memboyongnya. Sayang, kariernya di Everton tak begitu mengkilap.

Vlasic hanya bermain 19 kali saja dan mencetak 2 gol serta 1 assist. Ia pun dipinjamkan ke klub Rusia, CSKA Moscow.

Rupanya, bersama Moscow, karier Nikola Vlasic berkembang pesat. Sejak bergabung pada 2018, ia sudah mencatatkan 103 penampilan dengan torehan 33 gol dan 20 assist.

Di usia yang belum genap 23 tahun ia sudah menjadi tulang punggung tim. Maka tak heran CSKA Moscow segera mempermanenkannya dari Everton.

Dua musim terakhir bisa dibilang ada puncak performa Vlasic sejauh ini. Pada musim 2019/20, ia mencatatkan 30 penampilan di liga dengan torehan 13 gol dan 5 assist.

Berlanjut ke musim 2020/21 lalu, ia mencatatkan 26 penampilan dengan kontribusi 11 gol dan 5 assist.

Bisa dibilang, di CSKA Moscowlah bakatnya sebagai playmaker dan penyerang sayap terasah. Ia memang sering diturunkan pelatih di posisi gelandang serang dan penyerang sayap kiri.

Maka tak heran jumlah gol dan assist-nya melonjak drastis. Kehebatannya ini juga cukup menular ke tim Kroasia.

Dari 26 caps, ia mencetak 6 gol. Sebuah torehan yang lumayan bagi gelandang serang berusia 23 tahun. Vlasic juga tampil menonjol di gelaran Euro 2020 lalu.

Bicara statistik, maka Nikola Vlasic bisa dibilang lebih berbahaya ketimbang Hakan Calhanoglu. Selain itu, kelebihan lain yang dimilikinya adalah kemampuannya dalam beroperasi di banyak posisi lini tengah.

Selain gelandang serang dan penyerang sayap kiri, ia juga bisa main di flank kanan sebagai penyerang sayap atau pun gelandang sayap. Bahkan, ia juga bisa main sebagai gelandang tengah di belakang penyerang lubang.

Versatilitas yang dimiliki Nikola Vlasic bisa menjadi keuntungan bagi AC Milan. Seperti diketahui, selain butuh sosok penyerang lubang di bursa transfer, Milan di bawah Stefano Pioli juga sering bereksperimen di lini tengah.

Dalam formasi 4-2-3-1, Nikola Vlasic bisa main sebagai penyerang sayap kiri atau pun kanan. Insting mencetak golnya yang cukup tinggi bisa membantu AC Milan meraih lebih banyak kemenangan di musim depan.

Bursa TransferKroasiaAC MilanLiga ItaliaBerita Liga ItaliaBerita Bursa Transfer

Berita Terkini