x

Bedah Formasi Mematikan AC Milan Jika Kedatangan Kaio Jorge dan Nikola Vlasic

Jumat, 16 Juli 2021 04:42 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Bedah formasi mematikan AC Milan jika berhasil mendatangkan dua pemain muda di lini depan, Kaio Jorge dan Nikola Vlasic, pada bursa transfer.

INDOSPORT.COM - Bedah formasi mematikan AC Milan jika berhasil mendatangkan dua pemain muda di lini depan, Kaio Jorge dan Nikola Vlasic, pada bursa transfer.

AC Milan dikabarkan tertarik dengan mantan pemain terbaik Liga Rusia, Nikola Vlasic. Kabar ini semakin santer terdengar seiring dengan laporan klub yang telah mengajukan tawaran resmi.

Dilansir dari Calciomercato, AC Milan kabarnya sudah mengikuti perjalanan Nikola Vlasic sejak akhir musim lalu. Namun baru musim panas ini Milan membuka dialog dengan CSKA tentang kemungkinan membawa pemain asal Kroasia itu ke Liga Italia.

Kontrak Nikola Vlasic bersama CSKA Moscow sendiri masih berlaku sampai 2024 nanti. Itu sebabnya, Milan harus menggelontorkan uang dalam jumlah besar untuk mendatangkannya.

Baca Juga
Baca Juga

Dalam kontrak Vlasic dan CSKA, terdapat klausul pelepasan sebesar 35 juta euro atau setara Rp560 miliar kepada klub asing yang meminatinya.

Nama NIkola Vlasic bukanlah satu-satunya gelandang serang yang akan didatangkan AC Milan. Dilansir Sempre Milan, penyerang 19 tahun dari Brasil bernama Kaio Joge,  tengah menjadi rebutan dua raksasa Serie A Italia, AC Milan dan Juventus.

Sebelumnya, sosok yang kerap disebut sebagai titisan Ronaldo Nazario alias Ronaldo Brasil ini sudah lebih dulu diincar oleh Wolverhampton Wanderers.

Tawaran dari Wolves belum direspons oleh manajemen Santos. Namun, langkah Wolves itu membuat AC Milan mulai bergerak karena tak ingin kehilangan kesempatan memboyong sang pemain.

Di sisi lain, kontrak Kaio Jorge bersama raksasa Brasil itu akan habis akhir tahun ini. Sang pemain juga sudah menyampaikan harapannya untuk dijual musim panas ini, agar Santos mendapatkan uang dari kepergiannya.

Baca Juga
Baca Juga

Kedatangan Kaio Jorge dan Nikola Vlasic bisa menjadi keuntungan besar bagi skuad Rossoneri. Kedua pemain memiliki kualitas untuk mengangkat performa Milan di Serie A dan Liga Champions. Lalu, bagaimana keduanya bakal bermain dalam skema Stefano Pioli?


1. Bedah Formasi Milan

Kaio Jorge, pemain Timnas Brasil.

Bersama CSKA Moscow, karier Nikola Vlasic berkembang pesat. Sejak bergabung pada 2018, ia sudah mencatatkan 103 penampilan dengan torehan 33 gol dan 20 assist.

Di usia yang belum genap 23 tahun ia sudah menjadi tulang punggung tim. Maka tak heran CSKA Moscow segera mempermanenkannya dari Everton.

Dua musim terakhir bisa dibilang ada puncak performa Vlasic sejauh ini. Pada musim 2019/20, ia mencatatkan 30 penampilan di liga dengan torehan 13 gol dan 5 assist.

Berlanjut ke musim 2020/21 lalu, ia mencatatkan 26 penampilan dengan kontribusi 11 gol dan 5 assist.

Bicara statistik, maka Nikola Vlasic bisa dibilang lebih berbahaya ketimbang Hakan Calhanoglu. Selain itu, kelebihan lain yang dimilikinya adalah kemampuannya dalam beroperasi di banyak posisi lini tengah.

Selain gelandang serang dan penyerang sayap kiri, ia juga bisa main di flank kanan sebagai penyerang sayap atau pun gelandang sayap. Bahkan, ia juga bisa main sebagai gelandang tengah di belakang penyerang lubang.

Versatilitas yang dimiliki Nikola Vlasic bisa menjadi keuntungan bagi AC Milan. Seperti diketahui, selain butuh sosok penyerang lubang di bursa transfer, Milan di bawah Stefano Pioli juga sering bereksperimen di lini tengah.

Dalam formasi 4-2-3-1, Nikola Vlasic bisa main sebagai penyerang sayap kiri atau pun kanan. Insting mencetak golnya yang cukup tinggi bisa membantu AC Milan meraih lebih banyak kemenangan di musim depan.

Sementara itu, kelebihan yang sama juga dimiliki oleh wonderkid Brasil, Kaio Jorge. Meski kini lebih dikenal sebagai penyerang tengah, Kaio Jorge sejatinya bisa memainkan sejumlah posisi di lini serang dengan sama baiknya.

Ia bahkan mengawali kariernya di akademi Santos sebagai gelandang serang. Dilansir 90min, sejauh ini Kaio Jorge pernah bermain sebagai penyerang tengah, sayap, gelandang serang, dan false nine untuk Santos.

Perubahan posisi itu bahkan membantunya mencetak 5 gol untuk Santos di Copa Libertadores 2019/2020 ketika klub tersebut finis sebagai runner up.

Di dalam tim AC Milan, Kaio Jorge bisa sangat dibutuhkan. Ia bisa beradaptkasi sebagai ujung tombak dalam skema 4-2-3-1 milik Stefano Pioli. Dengan keberadaan Nikola Vlasic di pos playmaker, maka kerja Kaio Jorge dalam mencetak gol akan lebih mudah.

Namun, jika Zlatan Ibrahimovic dalam kondisi fit, maka Kaio Jorge tetap bisa dimainkan sebagai penyerang sayap kanan, atau pun menggantikan Nikola Vlasic di lini tengah. Memiliki pemain yang versatile adalah sebuah keuntungan dalam skema 4-2-3-1 miliki Stefano Pioli.

Bursa TransferAC MilanBerita Bursa TransferKaio Jorge

Berita Terkini