x

Jordan Henderson Bakal Didepak, Ini Dia 3 Nama yang Layak Jadi Kapten Baru Liverpool

Kamis, 22 Juli 2021 10:15 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Berikut 3 nama yang layak jadi kapten baru Liverpool menggantikan Jordan Henderson, jika sang gelandang benar-benar dijual musim panas ini.

INDOSPORT.COM – Berikut 3 nama yang layak jadi kapten baru Liverpool menggantikan Jordan Henderson, jika sang gelandang benar-benar dijual musim panas ini.

Kabar mengejutkan datang dari Liverpool. Dilansir The Athletic, The Reds siap menjual Jordan Henderson musim panas ini akibat macetnya negosiasi perpanjangan kontrak.

Kontrak sang gelandang di Liverpool memang akan berakhir 2 tahun lagi pada Juni 2023 dan pihak klub sudah membuka perundingan sejak sebelum Euro 2020. Namun, hingga kini masih belum tercapai kesepakatan antara kedua belah pihak.

Baca Juga
Baca Juga

Potensi kegagalan memperpanjang kontrak Henderson ini membuat manajemen klub membuka opsi menjualnya musim panas ini agar tidak kehilangan dirinya secara gratis, seperti yang terjadi pada Georginio Wijnaldum belum lama ini.

Diboyong dari Sunderland pada bursa transfer musim panas 2011, Jordan Henderson sempat disebut tak cukup baik bagi Liverpool. Namun, ia berhasil mematahkan anggapan tersebut.

Sang gelandang sukses jadi andalan baik bersama di era Brendan Rodgers dan Jurgen Klopp, sehingga kini sudah mencatatkan 392 penampilan bagi Liverpool dalam 10 musim, dengan sumbangan 30 gol dan 51 assist.

Ia pun kini disebut menjadi bidikan sejumlah klub papan atas Eropa seperti Paris Saint-Germain, Atletico Madrid, dan Juventus.

Di sisi lain, jika jadi melepas Jordan Henderson di bursa transfer musim panas ini, berarti Liverpool harus mencari kapten tim baru untuk memimpin Mohamed Salah dkk.

Seperti diketahui, Henderson memang diangkat menjadi kapten tim pada tahun 2015 lalu menggantikan legenda hidup Steven Gerrard yang memutuskan gantung sepatu.

Baca Juga
Baca Juga

Sebagai kapten, ia berhasil memimpin timnya menjuarai Liga Champions 2018/2019 dan meraih gelar yang gagal dimenangi Liverpool di era Gerrard yakni Liga Inggris pada 2019/2020.

The Reds memang masih memiliki James Milner yang menjabat wakil kapten. Namun, Milner sudah berusia 35 tahun dan mulai mendekati akhir kariernya.

Lantas, dengan komposisi skuat saat ini, siapa saja bintang The Reds yang layak menjadi kapten baru menggantikan Henderson? Berikut ini ulasannya.


1. Trio Pemain Belakang

Selebrasi bBek Liverpool, Virgil van Dijk, usai mencetak gol ke gawang Leeds United dalam laga Liga Inggris, Sabtu (12/9/20).

1. Virgil van Dijk

Sejak didatangkan dari Southampton pada Januari 2018, Virgil van Dijk langsung menjadi sosok penting bagi Liverpool. Kepemimpinan dan ketenangannya di lini belakang menjadi salah satu kunci Liverpool menjuarai Liga Champions dan Liga Inggris pada 2018/2019 dan 2019/2020.

Ketiadaan Virgil van Dijk nyaris sepanjang musim lalu akibat cedera pun terbukti sempat membuat The Reds kedodoran.

Berstatus sebagai salah satu pemain senior di tim dan menjabat kapten di timnas Belanda, van Dijk bisa menjadi opsi yang baik untuk menjadi kapten baru The Reds. Ia dikenal sebagai sosok yang vokal dan menjadi salah satu pemain yang dihormati di ruang ganti.

Statusnya sebagai starter juga memudahkannya memimpin anak asuh Brendan Rodgers secara langsung di atas lapangan.

2. Andy Robertson

Bek Liverpool, Andy Robertson.

Sama seperti van Dijk, Andy Robertson juga menjadi sosok kunci di lini belakang Liverpool sejak diboyong dari Hull City di musim panas 2017.

Hingga saat ini, ia tak tergusur dari peran sebagai full back kiri dengan catatan 177 penampilan dalam 4 musim. Tak hanya tangguh menggalang pertahanan, ia juga piawai membantu serangan dan sudah mengoleksi 5 gol dan37 assist.

Robertson juga dikenal sebagai sosok yang vokal dan kini menjabat kapten di timnas Skotlandia. Ia berhasil membawa negaranya itu lolos ke Euro meski akhirnya hanya jadi juru kunci di fase grup.

3. Trent Alexander-Arnold

Trent Alexander-Arnold, pemain Liverpool.

Sejak menjalani debut di tim utama Liverpool pada 2016, Trent Alexander-Arnold berkembang pesat menjadi salah satu bek kanan terbaik dunia. Ia dikenal memiliki kemampuan yang baik dalam membantu serangan dan sudah mencetak 14 gol serta 48 assist dari 186 penampilan untuk The Reds.

Meski tak sevokal Robertson dan van Dijk, Trent Alexander-Arnold dikenal memiliki mental tangguh serta ketenangan dan kematangan melebihi usianya.

Manajer Jurgen Klopp bahkan pernah menunjuknya menjadi kapten saat menghadapi Midtjylland di Liga Inggris musim lalu, mengungguli Mohamed Salah.

Dengan statusnya sebagai pemain asli Liverpool, Alexander-Arnold menjadi opsi terbaik bagi Liverpool jika ingin mengembalikan ban kapten ke tangan pemain lokal, seperti pada era Steven Gerrard.

LiverpoolJordan HendersonLiga InggrisVirgil van DijkAndrew RobertsonTrent Alexander-ArnoldBerita Liga Inggris

Berita Terkini