x

Sejarah Liverpool yang Permalukan Alex Ferguson sebelum ke Manchester United

Senin, 9 Agustus 2021 16:39 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Sir Alex Ferguson pernah dipermalukan Liverpool sebelum ia jadi pelatih Manchester United.

INDOSPORT.COM - Sebelum jadi pelatih legendaris Manchester United, Sir Alex Ferguson pernah punya kisah pahit menghadapi sang musuh bebuyutan, Liverpool.

Untuk diingat kembali, sosok yang juga akrab disapa Fergie tersebut tercatat mulai membesut Manchester United pada tahun 1986.

Namun sebelum itu, ia adalah pelatih klub Skotlandia, Aberdeen, yang pernah dihantam Liverpool di ajang Liga Champions.

Pada musim 1980-1981, The Reds berada di bawah asuhan salah satu pelatih legendarisnya, Bob Paisley, yang memang mencatatkan masa-masa kejayaan pada periode akhir 1970-an sampai awal 1980-an.

Pada gelaran Liga Champions 1980-1981 yang dahulu masih disebut sebagai European Cup, Liverpool berhasil mempermalukan Aberdeen dengan skor agregat telak yang tidak main-main, 5-0.

Baca Juga
Baca Juga

Saat itu, format turnamen European Cup belum mengusung sistem grup seperti dewasa ini. Aberdeen asuhan Sir Alex Ferguson pun tumbang di tangan The Reds saat keduanya mengarungi putaran kedua.

Leg pertama duel kedua tim ini digelar pada 22 Oktober 1980, di mana Liverpool berhasil unggul tipis 1-0 berkat gol tunggal Terence McDermott. Bekal ini pun bisa dibilang cukup untuk menjamu Aberdeen di leg kedua nanti.

Akan tetapi, gol Dermott ini nampaknya terus terngiang di benak Sir Alex Ferguson, tak ayal membuat kejadian malam itu seperti salah satu momen yang paling ia benci sepanjang hidupnya, apalagi yang menyangkut Liverpool.

Kekesalan Fergie ini pun sempat diutarakan langsung oleh McDermott bertahun-tahun setelahnya.

Baca Juga
Baca Juga

“Saya telah bertemu Fergie berkali-kali, terutama ketika saya menjadi asisten Kevin Keegan di Newcastle,

“Namun hal pertama yang dia katakan kepada saya adalah 'Saya tidak akan pernah memaafkan Anda untuk gol sialan itu di Aberdeen!’” ujar McDermott seperti pernah diwartakan laman Mirror.

Kejengkelan Fergie ini pun nampaknya cukup beralasan, lantaran usai dikalahkan 0-1 di leg pertama, Aberdeen malah semakin hancur ketika berlaga di leg kedua di Anfield. 


1. Dipermalukan Liverpool tapi Tetap Jadi Legenda

Sir Alex Ferguson pernah dipermalukan Liverpool sebelum ia jadi pelatih Manchester United.

Gantian bermain di kandang sendiri pada 5 November 1980, Liverpool tampil makin mengganas. Jika di leg pertama mereka menyarangkan satu gol saja, kali ini Kenny Dalglish dkk mencatatkan empat gol tanpa balas.

Saat babak pertama, Liverpool tampil dominan namun membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memecah kebuntuan mereka. Sampai akhirnya, keberuntungan untuk tim ini datang juga memasuki menit ke-37.

Adalah Willie Miller yang membuka mimpi buruk bagi Aberdeen dengan gol bunuh dirinya. Setelah itu, rentetan gol demi gol terus mengalir untuk kubu The Reds.

Philip Neal pun menggandakan keunggulan The Reds lewat satu golnya pada menit ke-43. Skor 2-0 kemudian bertahan sampai paruh waktu.

Sir Alex Ferguson pun harus memutar otak bagaimana mengejar ketertinggalan Aberdeen yang sudah menyentuh angka 0-3 tersebut.

Memasuki babak kedua, bukannya membaik, Aberdeen makin terpuruk usai Liverpool memasukkan dua gol lagi ke gawang lawan.

Kenny Dalglish, mungkin pemain yang bisa dianggap bersinar di laga malam itu. Selain membantu proses terjadinya gol Philip Neal, ia juga turut mencatatkan namanya di papan skor.

Sosok legenda yang dipuja-puja publik Anfield sebagai King Kenny tersebut pun menciptakan gol lewat sundulan usai bola dari rekannya, Avi Cohen, membentur mistar gawang.

Situasi makin pelik semakin mendera Sir Alex Ferguson dan Aberdeen. Liverpool makin mengamuk, kali ini lewat Alan Hansen yang mengubah skor menjadi 4-0.

Kedudukan 4-0 untuk Liverpool ini pun bertahan sampai akhir laga. Jika ditambah hasil leg pertama, skuat Bob Paisley unggul agregat 5-0 dan melaju ke perempat final, di mana mereka juga membantai lawannya, CSKA Sofia, 6-1.

Langkah The Reds pun terus tak terbendung hingga akhirnya sampai ke final. Mereka kemudian tampil sebagai kampiun usah menekuk Real Madrid 1-0 di partai puncak.

Dipermalukan Liverpool pun tentu jadi mimpi buruk bagi seorang Sir Alex Ferguson. Apalagi, pada waktu itu reputasi serta popularitasnya sebagai pelatih bisa dibilang sedang naik-naiknya.

Usianya yang masih kepala tiga, ditambah baru saja membawa Aberdeen menjuarai Scottish Premier Division, Fergie dinilai banyak orang sebagai salah satu pelatih muda berbakat dan terbaik di Britania Raya saat itu.

Akan tetapi, kekalahan dari Liverpool malam itu hanya satu titik noda dalam karier cemerlang Fergie sebagai pelatih Aberdeen. Ia terus berprestasi meraih banyak trofi bersama mereka sebelum akhirnya juga sukses besar di Manchester United. Legend!

LiverpoolLiga ChampionsSir Alex FergusonAberdeenBerita Liga Champions Eropa

Berita Terkini