x

Gavin Bazunu, Kiper Manchester City yang Jadi Buah Bibir Berkat Cristiano Ronaldo

Kamis, 2 September 2021 19:33 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Kiper Timnas Irlandia, Gavin Bazunu.

INDOSPORT.COM - Kiper milik Manchester City, Gavin Bazunu, berhasil menepis tendangan Cristiano Ronaldo di laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Portugal vs Irlandia.

Kejadian ini pun sempat membuat jagat maya geger, mengingat nama pemain remaja yang satu ini belum cukup familier di kebanyakan telinga penggemar sepak bola dunia.

Siapa Gavin Bazunu, seperti apa wajahnya, berapa usianya, bermain di klub mana, mungkin pertanyaan-pertanyaan yang muncul di benak para penonton laga Portugal vs Irlandia semalam.

Tidak mengehrankan pula apabila orang-orang pun mulai mengetik namanya di mesin pencari Google, untuk sekadar mengetahui seperti apa kiper yang berhasil mencegah Cristiano Ronaldo mencetak gol bagi Portugal.

Baca Juga
Baca Juga

Meski menghalau tendangan adalah hal biasa bagi seorang kiper, termasuk dari pemain sekelas Ronaldo sekali pun, Gavin Bazunu sudah telanjur membuat publik penasaran akan sosoknya.

Pemain  muda yang kini berusia 19 tahun tersebut adalah milik klub Liga Inggris, Manchester City. Hanya saja, untuk sekarang ia sedang ‘disekolahkan’ untuk mendapat lebih banyak pengalaman di Portsmouth.

Tidak banyak informasi yang bisa dikulik dari laman resmi Manchester City, mengingat Bazunu yang punya nomor punggung 55 di klub ini sekarang sedang pergi sebagai pemain pinjaman.

Meski begitu, bukan berarti ia adalah pemain antahberantah yang sepak terjangnya tidak terlihat oleh publik. Bazunu pernah masuk skuat Manchester City melawan Real Madrid di leg kedua 16 besar Liga Champions 2019-2020.

Baca Juga
Baca Juga

Hanya saja, kesempatan untuk unjuk gigi, bahkan menyaingi rekan-rekannya seperti Ederson, Zac Steffen, maupun Scott Carson, nampaknya belum singgah ke pangkuannya. Usia muda adalah salah satu faktornya.

Sebelum pergi ke Portsmouth, Bazunu juga sudah terlebih dulu dipinjamkan ke klub kasta keempat yang bermain di League Two, Rochdale.

Walaupun beda level dengan Manchester City, tempat ini tidak parah-parah amat bagi Bazunu. Ia bahkan berhasil mencetak clean sheet saat laga debutnya melawan Huddersfield Town di ajang Piala Liga Inggris.


1. Siapa Gavin Bazunu?

Gavin Bazunu kini tengah dipinjamkan Manchester City ke Portsmouth.

Gavin Bazunu lahir di Dublin, Irlandia, pada 20 Februari 2002. Ia memulai karier profesionalnya sebagai pesepak bola setelah dipromosikan ke tim utama Shamrock Rovers pada tahun 2018.

Tidak perlu menunggu lama untuk menginjakkan kaki di klub besar, Bazunu pun direkrut Manchester City tiga bulan setelah debutnya.

Di raksasa Liga Inggris inilah ia kemudian dikirim keluar sebagai pemain pinjaman, yakni ke Rochdale (2020-2021) dan sekarang Portsmouth.

Sebelum memulai agenda internasionalnya bersama Timnas Irlandia, pemain bernama lengkap Gavin Okeroghene Bazunu ini juga mencatatkan tiga clean sheet di tiga pertandingan pertamanya untuk Pompey.

Kini, namanya pun mulai dikenal setelah berhasil menggagalkan tendangan Cristiano Ronaldo di laga Portugal vs Irlandia semalam. Lantas apa katanya tentang momen tersebut?

“Ada banyak waktu saat penalti diberikan dan kemudian diambil, jadi saya hanya mencoba untuk tetap tenang dan memercayai naluri saya,

“Saya hanya fokus, apa yang saya pikir akan dia lakukan, dan tetap pada arah yang akan saya tuju,: kata Bazunu, seperti diwartakan laman RTE.

Walaupun tidak bermain bersama tim utama Manchester City, nyatanta talenta Bazunu masih terendus di kubu Timnas Irlandia.

Ia pun jadi kiper ideal di mata pelatih Timnas Irlandia, Stephen Kenny, yang ingin melepaskan diri dari kebiasaan bola-bola panjang yang kekunoan.

Baginya, Bazunu adalah kiper modern yang  bisa melakukan operan-operan pendek dan mampu memulai serangan dari area penalti. Hal serupa pun juga sempat diungkapkan manajer Portsmouth, Danny Cowley.

Menurutnya, Bazunu bisa bermain dari garis gawangnya. Dengan demikian, tim akan punya lebih banyak pemain di lapangan. 

Cristiano RonaldoPortugalManchester CityIrlandiaBola InternasionalKualifikasi Piala Dunia 2022

Berita Terkini