x

Jeong Woo-yeong, Berlian Milik Korea Selatan di Bundesliga Jerman

Jumat, 17 September 2021 19:39 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari

INDOSPORT.COM - Mengenal lebih dekat sosok Jeong Woo-yeong, pemain Korea Selatan yang saat ini bermain untuk klub Bundesliga Jerman, SC Freiburg.

Tidak banyaknya pemain asal Negeri Ginseng yang merumput di Bundesliga Jerman saat ini pun membuat penampakan Jeong Woo-young lebih mudah dikenali.

Apalagi, belum lama ini Hwang Hee-chan (RB Leipzig) pergi mengembara ke Wolverhampton Wanderers di Liga Inggris. Praktis cuma Jeong Woo-yeong dan Lee Jae-sung (Mainz 05) yang sekarang lebih sering terlihat penampakannya di Jerman.

Sebelum merapat ke SC Freiburg, Jeong Woo-yeong adalah jebolan Bayern Munchen yang melakoni debutnya pada 2018 di pertandingan Liga Champions melawan Benfica. Saat itu, ia masuk menggantikan Thomas Muller.

Baca Juga
Baca Juga

Awal Kisah di Bayern Munchen Kemudian ke SC Freiburg

Setelah bergabung dengan Bayern Munchen dari Incheon United pada Januari 2018 lalu, Jeong Woo-yeong merupakan pemain Korea Selatan pertama yang bermain untuk Bayern Munchen.

Ia mencetak gol pada debutnya untuk tim U-19 dan berhasil melesat ke tim utama dalam waktu yang relatif cepat.

Meskipun cedera membuatnya absen selama sebagian besar paruh kedua 2017-2018, pemain yang juga mengidolakan Neymar ini dipromosikan ke tim cadangan kemudian dengan mulus melanjutkan kariernya ke tim utama.

Baca Juga
Baca Juga

Jeong Woo-yeong kemudian meninggalkan Bayern Munchen pada 2019. Ia sendiri yang meminta pindah ke SC Freiburg untuk mendapat lebih banyak menit bermain dan mengembangkan potensi dirinya.

Meski hijrah ke SC Freiburg, Jeong Woo-yeong kembali ke Bayern Munchen sebagai pemain pinjaman dan bermain di tim cadangan yang bermain di kompetisi 3. Liga.

Ia kemudian mengantarkan tim ini memenangkan gelar 3. Liga musim 2019-2020 sebelum pulang ke SC Freiburg. Gol debut Jeong Woo-yeong di SC Freiburg sendiri tercipta pada Desember 2020 dalam laga kontra Arminia Bielefeld.


1. Berlian Milik Korea Selatan di Bundesliga Jerman

Jeong Woo-yeong (tengah).

Jeong Woo-yeong mengawali 2021-2022 ini dengan catatan positif. Ia menorehkan gol pertamanya di Bundesliga Jerman musim ini lewat sebuah brace yang dicetak saat pertandingan melawan Stuttgart beberapa waktu lalu.

Pemain kelahiran 20 September 1999 ini dibekali bakat sepak bola berupa kecepatan, teknik, kelincahan, dan mata yang tajam saat melakukan serangan ke kubu lawan.

Dengan sepak terjangnya yang terbilang cukup lumayan di Bundesliga Jerman, Jeong Woo-yeong sejatinya bukan seorang pemain yang menekuni olahraga sepak bola sejak kecil.

Malahan ketika masih anak-anak, ia berlatih taekwondo. Namun ternyata takdir justru membawanya sebagai seorang pesepak bola.

Kini ia bahkan sudah cukup lumayan berbahasa Jerman meski baru mempelajarinya selama kurang lebih tiga tahun. Sempat berlatih bersama guru, kini ia lebih sering mempraktikkannya bersama rekan-rekannya di SC Freiburg.

Jeong Woo-yeong merupakan salah satu harta Timnas Korea Selatan yang telah memulai perjalanan kariernya sejak level usia U-14.

Usai mencatatkan sejumlah prestasi saat remaja seperti memenangkan Asian Youth Games, AFC U-23, dan meraih medali perak Youth Olympic Games, Jeong Woo-yeong akhirnya debut di tim senior saat melawan Jepang pada Maret 2021 lalu.

Ia merupakan berlian Korea Selatan yang masih harus terus diasah dan dijaga kilaunya agar suatu hari nanti bisa jadi pemain hebat untuk negara.

Untuk saat ini, Jeong Woo-yeong masih menempa pengalaman bermain di liga elite Eropa dengan merumput di Bundesliga Jerman. Berada jauh dari kampung halaman pun membuatnya rindu keluarga.

“Tentu saja sulit karena ini bukan negara saya dan saya merindukan Korea dan orang tua saya. Tapi ini adalah mimpi saya, jadi saya bisa tinggal di sini sendirian,” ucapnya seperti pernah diwartakan laman resmi Bundesliga Jerman.

Ya, di Jerman, Jeong Woo-yeong tinggal seorang diri dan untuk saat ini sulit mengajak orang tuanya serta karena pandemi Covid-19.

Bundesliga JermanBayern MunchenKorea SelatanFreiburgBola Internasional

Berita Terkini