x

Mengapa Robert Lewandowski Layak Jadi Striker Terbaik di Eropa

Rabu, 22 September 2021 21:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari

INDOSPORT.COM - Pentolan Bayern Munchen, Robert Lewandowski, sepertinya layak dianggap sebagai striker terbaik di Eropa saat ini. Mengapa?

Seperti diketahui, pemain asal Polandia itu baru saja menyabet gelar Sepatu Emas Eropa 2021, setelah bersaing dengan sejumlah bintang yang tidak kalah hebat di kancah liga sepak bola Benua Biru.

Gelar ini diperoleh Robert Lewandowski usai menjadi pemain paling produktif di Eropa musim lalu, dengan catatan 41 gol dari 29 laga. Jumlah tersebut mengalahkan perolehan Lionel Messi (30) dan Cristiano Ronaldo (29).

Hal yang paling mengagumkan dari prestasi ini, Lewy, sapaan akrabnya, hanya gagal menjebol gawang lawan empat kali dari total 29 laga tersebut.

Baca Juga
Baca Juga

Pemain berusia 33 tahun tersebut mencatatkan rata-rata 1,5 gol per 90 menit, sekaligus mengantarkan Bayern Munchen juara Bundesliga Jerman untuk kesembilan kalinya.

Bukan hanya itu, ia juga memecahkan rekor skor 49 tahun mendiang Gerd Muller, yang pernah mencatatkan 40 gol dalam satu musim Bundesliga Jerman.

Gerd Muller pun tercatat sebagai penerima gelar Sepatu Emas Eropa pada musim 1971-1972 dengan 40 gol. Setelah itu, belum ada lagi pemain yang mewakili Bundesliga Jerman menerima penghargaan ini sampai tahun 2021 ini.

Apalagi, dalam 12 tahun terakhir, daftar pemenang didominasi LaLiga Spanyol, ketika mereka memiliki Diego Forlan, Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, dan Luis Suarez di klubnya terdahulu.

Baca Juga
Baca Juga

Ya, penghargaan Sepatu Emas Eropa sendiri nampaknya memang sudah mulai bergeser dari poros Messi-Ronaldo-Suarez.

Tiga pemain ini diketahui begitu mendominasi daftar penerima Sepatu Emas Eropa sejak musim 2009-2010 ketika masa-masa jaya LaLiga Spanyol.

Baru pada 2019-2020 lalu, catatan tersebut akhirnya putus oleh Ciro Immobile, dan tahun ini Robert Lewandowski.

Dari beberapa fakta di atas, rasanya tidak berlebihan jika menyebut Lewandowski adalah striker terbaik Eropa saat ini.


1. Terbaik di Eropa

Robert Lewandowski jadi yang terbaik di Eropa.

Perebutan Sepatu Emas Eropa 2020-2021 sepertinya ditakdirkan untuk jatuh ke tangan wakil Bundesliga Jerman, yang belakangan memang kerap tampil menggebrak ketimbang liga-liga Eropa lainnya.

Sebelum Robert Lewandowski dipastikan menggondol gelar ini, ia harus bersaing ketat dengan Erling Haaland (Borussia Dortmund). Perebutan antara keduanya pun tidak ‘diganggu’ kehadiran Messi maupun Ronaldo.

Lewandowski mengaku sangat senang dengan penghargaan yang diraihnya tersebut, meski sempat tidak yakin pada awalnya.

“Saya mencetak 41 gol, ada satu momen ketika saya pikir saya tidak bisa melakukannya. Dan itu adalah periode ketika saya cedera,” ucap Lewandowski seperti diwartakan laman resmi Bundesliga Jerman.

“Tapi kemudian saya berpikir, saya bisa segera memecahkan rekor. Tidak peduli berapa banyak laga yang saya dapatkan setelah kembali (dari cedera), saya harus positif dan percaya bisa mencetak 41 gol,” tambahnya.

Benar saja, Lewandowski pada akhirnya berhasil mencatatkan namanya di buku sejarah Bundesliga Jerman, dengan memecahkan rekor 40 gol milik Gerd Muller, yang notabene seorang legenda besar di liga ini.

Prestasi Lewandowski ini juga diakui oleh CEO Bayern Munchen, Oliver Kahn, yang bahkan tidak menyangka ada yang bisa mendekati rekor Muller, bahkan memecahkannya. 

Mencatatkan 41 gol sebagai peraih Sepatu Emas Eropa 2020-2021, Lewandowski mendekati jumlah gol terbanyak milik Cristiano Ronaldo (48) yang diciptakan pada musim 2014-2015 saat masih berseragam Real Madrid.

Jadi, ingin bukti apalagi bahwa Robert Lewandowski adalah striker terhebat Eropa saat ini? Publik pun akan sangat menantikan sepak terjangnya musim ini. Apakah ia akan mempertahankan produktivitasnya?

Bundesliga JermanBayern MunchenRobert LewandowskiGolden ShoesBola Internasional

Berita Terkini