x

Brentford vs Liverpool 1983: Laga yang Bawa The Reds Cetak Sejarah

Jumat, 24 September 2021 17:20 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari

INDOSPORT.COM - Pertandingan Liga Inggris antara Brentford vs Liverpool akan digelar pada hari Sabtu (24/09/21) pukul 23.30 WIB.

Duel ini merupakan pertemuan antara dua tim yang menghuni papan tengah dan atas klasemen. Sampai tulisan ini dibuat, baik Brentford maupun Liverpool sudah melakoni lima agenda pertandingan.

Brentford sendiri berada di posisi sembilan klasemen sementara Liga Inggris 2021-2022, dengan delapan poin.

Sementara itu, sang lawan menempati peringkat kedua dengan 13 poin, bersaing ketat dengan dengan Manchester United dan Chelsea.

Baca Juga
Baca Juga

Oleh sebab itu, The Reds harus memenangkan pertandingan konta Brentford pekan ini guna menjaga persaingan di papan atas klasemen. Apalagi, selain punya dua lawan berat yakni Manchester United dan Chelsea, mereka juga dibuntuti ketat oleh Brighton (12 poin).

Jika bicara tentang reputasi dan materi pemain, Liverpool jelas lebih unggul, mengingat Brentford merupakan tim yang baru meraih promosi ke Premier League Liga Inggris musim ini.

Sepanjang sejarah, kedua tim tercatat sudah bertemu sebanyak 15 kali. Liverpool menorehkan sembilan kemenangan sedangkan Brentford tiga, sisanya berakhir imbang.

Salah satu hal menarik dari pertemuan mereka ini, adalah kemenangan Brentford atas Liverpool dengan skor 5-2 pada Oktober 1936, yang mana cukup jarang terjadi.

Baca Juga
Baca Juga

Akan tetapi, yang tidak kalah pentingnya, Liverpool juga mencatatkan sebuah sejarah kala melawan tim berjuluk The Bees tersebut bertahun-tahun silam, tepatnya ketika mereka berhadapan di kompetisi Piala Liga.

Semua bermula dari laga The Reds ke di Griffin Park pada 5 Oktober 1983. Untuk diketahui, ini adalah terakhir kali Liverpool bermain di markas Brentford sebelum pertandingan akhir pekan ini, 25 September 2021.

Ya, 38 tahun lalu di Griffin Park, Liverpool bermain dalam sebuah laga yang membawa mereka ke salah satu rekor kemenangan besar klub sepanjang masa. 


1. Berjaya di Markas Brentford sebelum September 2021

Kenny Dalglish adalah bagian skuat Liverpool yang mengalahkan Brentford di markas mereka pada tahun 1983.

Tanggal 5 Oktober 1983, Liverpool bertandang ke Griffin Park untuk memainkan leg pertama putaran kedua Piala Liga Inggris.

Skuat asuhan Joe Fagan yang saat itu beranggotakan Ian Rush, Kenny Dalglish, Alan Hansen, Graeme Souness, Steve Nicol dkk menekuk Brentford dengan skor 4-1.

Adalah Ian Rush, Michael Robinson, Graeme Souness, dan Ian Rush yang jadi pembawa mimpi buruk bagi The Bees malam itu, yang hanya bisa mencetak skor lewat satu gol dari Gary Roberts pada babak pertama.

Hasil ini sebenarnya tidaklah mengagetkan mengingat status Brentford dan Liverpool yang jauh dalam hal level, tidak seperti musim ini ketika keduanya sama-sama kontestan kasta tertinggi Liga Inggris, Premier League.

Pada malam 5 Oktober 1983, Brentford adalah tim yang bermain di Third Division, sedangkan Liverpool berstatus juara bertahan First Division yang telah memenangkan 14 gelar liga.

Dominasi The Reds pun begitu jelas terlihat hingga membuat Brentford tidak berdaya, dan hanya bisa berharap di leg kedua nanti mereka bisa membalas dendam. Namun sayangnya, cita-cita tersebut tidak tercapai.

Lanjut Leg Kedua

Liverpool yang gantian menjamu Brentford di Anfield pada 25 Oktober 1983 ternyata tampil sama kuat dan hebat seperti di leg pertama. Bahkan, kali ini Kenny Dalglish cs tidak memberi kesempatan lawan untuk mencetak gol.

Tanpa ampun, Liverpool membombardir gawang Brentford dengan empat gol tanpa balas lewat Graeme Souness, David Hodgson, Kenny Dalglish, dan Michael Robinson. Agregate 8-1 pun terwujud setelah dua leg.

Skor agregat 8-1 Liverpool atas Brentford tahun 1983 ini pun terukir dalam buku sejarah klub sebagai salah satu kemenangan besar yang berhasil mereka raih lewat dua leg pertandingan.

LiverpoolPiala Liga InggrisLiga InggrisBrentfordBerita Liga Inggris

Berita Terkini