x

Siapa Aurelien Tchouameni, Calon Pengganti Gini Wijnaldum di Liverpool?

Rabu, 6 Oktober 2021 15:07 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Gelandang AS Monaco, Aurelien Tchouameni, yang digadang-gadang sebagai pengganti Gini Wijnaldum di Liverpool.

INDOSPORT.COM - Mengenal lebih dalam sosok Aurelien Tchouameni, gelandang AS Monaco yang konon dibidik Liverpool sebagai pengganti Gini Wijnaldum.

Ya, nama Aurelien Tchouameni beberapa waktu terakhir memang sempat menghiasi pemberitaan-pemberitaan terkait transfer pemain. Sederet klub papan atas ternama pun dikabarkan ingin memakai jasanya.

Salah satunya yang paling santer adalah Juventus, yang konon siap melepas dua pemainnya, Aaron Ramsey dan Weston McKennie, demi mendanai Aurelien Tchouameni.

Lalu ada pula Manchester United dan Chelsea, yang kini ketambahan pesaing dari klub sesama Liga Inggris, Liverpool.

Baca Juga
Baca Juga

Ramainya perburuan terhadap gelandang berusia 21 tahun ini bukanlah hal yang mengagetkan, mengingat ia telah memegang peran penting di skuat Niko Kovac begitu pula saat berada di skuat Timnas Prancis.

Seperti diwartakan laman Sportsmole, Liverpool terus memantau sepak terjang Aurelien Tchouameni guna menggantikan Gini Wijnaldum yang hengkang ke Paris Saint-Germain (PSG) beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui, klub Liga Inggris asal Merseyside ini termasuk kubu yang santai dan seperti tidak ambil pusing perihal transfer pemain, ketika para pesaing mereka berlomba-lomba mendatangkan amunisi baru.

Baca Juga
Baca Juga

Sederet pemain sempat dikaitkan dengan Liverpool setelah kepergian Wijnaldum, sebut saja Yves Bissouma, Florian Nerhaus, Houssem Aouar, Marcel Sabitzer, dan beberapa gelandang berbakat lainnya.

Akan tetapi, geliat transfer Liverpool nyaris tidak terlihat kecuali saat mendatangkan Ibrahima Konate musim panas lalu. Kini, mereka pun kembali dikaitkan dengan perekrutan pemain anyar termasuk Aurelien Tchouameni.


1. Siapa Aurelien Tchouameni

Gelandang AS Monaco, Aurelien Tchouameni, yang digadang-gadang sebagai pengganti Gini Wijnaldum di Liverpool.

Lahir di Prancis pada 27 Januari 2000, Aurelien Tchouameni memulai karier sebagai pemain muda di SJ D'Artigues di Bordeaux. Setelah sembilan tahun berseragam klub asal Gironde, ia lalu hengkang ke AS Monaco pada 2020.

Start awal pemain berdarah Kamerun ini di AS Monaco sempat berjalan lambat. Ia baru mencatatkan gol pertamanya di Ligue 1 Prancis satu tahun kemudian, tepatnya saat melawan Marseille pada Januari 2021.

Meski begitu, hal tersebut tidak mengurungkan niat para klub sepak bola untuk menggunakan jasanya. Pasalnya, Aurelien Tchouameni menunjukkan prestasi yang membanggakan bersama AS Monaco musim lalu.

Pemuda bernama lengkap Aurelien Djani Tchouameni ini meraih predikat Pemain Termuda Terbaik Ligue 1 Prancis menyusul kesuksesannya melakoni musim 2020-2021.

“Saya ingin berterima kasih kepada seluruh tim, staf, dan seluruh AS Monaco karena telah memberi saya kesempatan bermain untuk klub ini dan merasa nyaman setiap hari,

“Berkat semua orang inilah saya bisa memenangkan trofi ini,” demikian ucap Aurelien Tchouameni, dikutip dari laman resmi AS Monaco.

Demi meraih gelar prestisius tersebut, Tchouameni mengalahkan para pesaing beratnya seperti Eduardo Camavinga (Stade Rennais), Amine Gouiri (OGC Nice), dan Maxence Caqueret (Olympique Lyonnais).

Tchouameni merupakan salah satu pemain prioritas Niko Kovac yang kerap dipasang sebagai starter. Ia juga berkarakter dinamis dan agresif, yang membuat AS Monaco mengandalkan kualitasnya di setiap pertandingan.

Sementara itu di level Timnas, meski punya darah keturunan Kamerun, pemain kelahiran Rouen ini tercatat membela Prancis sejak level U-16. Telah menapaki jenjang di seluruh kelompok usia, ia akhirnya dipanggil ke tim senior.

Debut perdananya bersama Les Blues terjadi di pertandingan kualikasi Piala Dunia 2022 kontra Bosnia dan Herzegovina pada awal September lalu. Saat itu, ia masuk menggantikan Thomas Lemar di babak kedua.

Lantas, apakah Liverpool akan sukses memenangkan perburuan Aurelien Tchouameni, jika mengingat banyaknya pesaing yang juga ingin memakai jasa pemain berusia 21 tahun ini? Marik kita tunggu saja kabar selanjutnya.

Bursa TransferLiverpoolAS MonacoGeorginio WijnaldumBerita TransferBerita Bursa Transfer

Berita Terkini