x

Asnawi Kedatangan Youtuber Korea: Fans Bola Indonesia Fanatik Banget!

Senin, 11 Oktober 2021 15:49 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Pemain Indonesia, Asnawi Mangkualam Dalam Laga Debut di Korea Selatan Bersama Ansan Greeners FC

INDOSPORT.COM - Asnawi Mangkualam kedatangan Youtuber asal Korea, saat ia berlatih sepak bola di Ansan Wa Stadium. Ia pun mempromosikan sepak bola Indonesia.

Asnawi Mangkualam merupakan pesepak bola asal Makassar dan membela Timnas Indonesia. Saat ini, ia bermain untuk tim Ansan Greeners, klub asal Korea Selatan.

Di sisi lain, ada Youtuber asal Korea yang fasih berbahasa Indonesia, Jang Hansol, pemilik akun Youtube Korea Reomit, yang sempat menyambangi Asnawi saat latihan.

Baca Juga
Baca Juga

Asnawi mengaku bersyukur bisa bergabung dengan klub Ansan Greeners yang berbasis di Kota Ansan, sebab ada banyak orang asli Indonesia yang bekerja di daerah tersebut.

Selain itu, Ansan juga memiliki panorama dan cuaca yang bagus, sehingga Asnawi merasa betah tinggal di kota ini, dan mulai tertarik untuk traveling ke berbagai daerah.

"Saya tinggal di Ansan, dekat dari sini (stadion), lima menit. Suka sih, good lah," ungkap Asnawi saat bertemu Jang Hansol.

"Busan bagus, Seoul sih bagus. Kalau yang lain belum pernah melihat-lihat, soalnya cuma boleh dari hotel ke stadion," ucap mantan pemain PSM Makassar tersebut.

Namun, ada perbedaan besar yang dirasakan oleh Asnawi saat memutuskan pindah ke Korea. Menurutnya, masyarakat Korea tidak fanatik sepak bola seperti di Indonesia.

"Kalau penonton beda jauh ya, Indonesia banyak, soalnya lebih fanatik di Indonesia. Kalau di sini kan pemain bola belum tentu dikenal banyak orang," lanjut Asnawi lagi.

Baca Juga
Baca Juga

"Kecuali pemain Timnas ya, kalau di klub kayaknya kurang begitu dikenal pemainnya. Kalau saya dulu di PSM, kemana-mana kan dikenal orang, disapa orang, di sini enggak."


1. Dukungan dari Warga Indonesia di Korea Selatan

Asnawi Mangkualam berhasil menggiring bola ke arah gawang China Taipei

Beruntung, banyak warga Indonesia yang tinggal di Ansan, dan mendukung Asnawi secara langsung. Pemain 22 tahun itu pun mengaku bersyukur atas dukungan moril.

"Banyak warga Indonesia yang bekerja di sini (Ansan), mereka membantu tim juga. Setiap ada pertandingan di Ansan, mereka datang, support, membeli beberapa jersey."

"Itu kan salah satu bentuk dukungan buat klub juga. Jadi saya sebagai pemain yang datang kesini juga berterima kasih sama suporter dan fans, ikut membantu klub."

Pada kesempatan itu, Asnawi Mangkualam juga nampak diwawancara oleh stasiun TV lokal, SBS Korea. Kemudian, Jang Hansol pun mengajak Asnawi untuk kulineran.
 

Korea SelatanLiga IndonesiaAsnawi Mangkualam BaharAnsan Greeners

Berita Terkini

Berita Terpopuler