x

Pesona Negara Tajikistan yang Didatangi Timnas U-23, Ada Tiang Bendera Raksasa

Senin, 18 Oktober 2021 21:29 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Melihat pesona negara Tajikistan yang disambangi Timnas Indonesia U-23.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-23 dijadwalkan melawan Tajikistan dan Nepal sebelum menghadapi Australia di Kualifikasi Piala Asia U-23.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-23 memang sudah berada di Tajikistan dan menginap di Hotel Atlas, Dushanbe. Berada di tempat asing, perbedaan suhu pun jadi salah satu isu yang harus dihadapi.

Untuk itu, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, berpesan kepada segenap pemain, staf pelatih, dan ofisial untuk menjaga kesehatan dengan baik. Apalagi, suhu belasan derajat di sana terbilang cukup dingin di Indonesia.

"Saya juga ingin fisik mereka terus meningkat dan saat pertandingan bisa menunjukkan penampilan terbaik mereka," ujarnya beberapa waktu lalu.

Baca Juga
Baca Juga

Sementara untuk agendanya sendiri, Timnas Indonesia U-23 bakal menghadapi Tajikistan U-23 pada 19 Oktober, dilanjut Nepal U-23 pada 22 Oktober, sebagaimana disampaikan oleh Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri.

"Dua uji coba ini sebagai persiapan menghadapi Australia di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022," ucap Indra Sjafri.

Dua laga uji coba ini dinilai sangat penting bagi Timnas Indonesia. Sebab dapat menjadi bahan pertimbangan Shin Tae-yong melihat perkembangan Timnas Indonesia sebelum menghadapi Australia.

"Dengan adanya uji coba, pelatih Shin Tae-yong akan mengetahui perkembangan para pemain," tambahnya lagi.

Baca Juga
Baca Juga

Sebagai informasi, dua pertandingan tersebut akan berlangsung di Republican Central Stadium Dushanbe, Tajikistan, yang juga akan digunakan Indonesia saat melawan Australia pada 27 dan 30 Oktober.

Dengan atmosfer yang pastinya berbeda dengan Tanah Air, Timnas Indonesia U-23 pun dituntut menjaga diri dengan baik di Tajikistan agar kondisi mereka bisa terus fit.

Lantas, seperti apa pesona Tajikistan, negara yang kini sedang dikunjungi Timnas Indonesia U-23 untuk agenda pertandingan mereka? Berikut redaksi berita olahraga INDOSPORT.com merangkumnya dari berbagai sumber.


1. Pesona Tajikistan

Melihat pesona negara Tajikistan yang disambangi Timnas Indonesia U-23.

Tajikistan merupakan sebuah negara di Asia Tengah, berbatasan dengan Kirgistan di utara, China di timur, Afghanistan di selatan, dan Uzbekistan di barat serta barat laut.

Berikut beberapa fakta menarik tentang Tajikistan:

Bahasa

Bahasa resmi yang digunakan di Tajikistan adalah Tajik dan Rusia. Bahasa Tajik sendiri digunakan secara luas dalam kegiatan-kegiatan administrasi pemerintahan, pendidikan, bisnis, pengadilan, dan kehidupan sehari-hari.

Banyak yang menganggap Tajik sebagai variasi atau dialek bahasa Persia. Akan tetapi, tidak sedikit pula yang masih mempertanyakan hal ini.

Tiang Bendera

Tajikistan merupakan salah satu negara yang memiliki tiang bendera tertinggi di dunia, yakni 165 meter.

Tiang bendera yang juga dikenal dengan nama Dushanbe Flagpole ini adalah yang tertinggi di dunia sampai tahun 2014, tepatnya ketika Jeddah Flagpole di Arab Saudi mengambil alih rekor tersebut dengan 171 meter.

Keindahan Alam dan Bangunan

Tajikistan juga dikenal memiliki banyak landmark menarik yang kerap dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara. Sebut saja berbagai macam benteng seperti Gissar yang sudah dibangun lebih dari dua ribu tahun lalu.

Kemudian ada pula Danau Iskanderkul yang airnya terlihat berwarna zamrud ketika siang hari, Bendungan Nurek yang masuk Guinness World Records, dan Pegunungan Pamir yang disebut sebagai atap dunia.

Bukan hanya itu. Dilansir dari laman World Atlas, Tajikistan juga dilewati 900 sungai yang rata-rata panjangnya lebih dari 10 km.

Demikianlah beberapa fakta menarik tentang Tajikistan, negara yang tengah disambangi Timnas Indonesia U-23 untuk agenda pertandingan mereka bulan ini.

Timnas Indonesia U-23Bola InternasionalBerita Timnas IndonesiaTajikistan

Berita Terkini

Berita Terpopuler