x

Kisah Lee Harper, Kiper Amatir yang Direkrut Arsenal untuk Gantikan David Seaman

Sabtu, 13 November 2021 20:34 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

INDOSPORT.COM – Kisah unik pernah tercipta di tahun 90 an saat Arsenal mendatangkan kiper amatir bernama Lee Harper untuk menggantikan posisi David Seaman.

Pada era 90 an, Arsenal dikenal sebagai tim papan atas Inggris. bersama Manchester United, kedua tim ini membentuk duopoli di Liga Inggris.

Kedua tim terus bersaing memperebutkan gelar juara. Hal ini tak lepas dari banyaknya bintang ternama di skuat kedua tim ini.

Baca Juga
Baca Juga

Dari lini belakang hingga lini depan, baik Arsenal dan Man United punya nama-nama besar di era tersebut, terutama untuk posisi kiper.

Di era itu, Arsenal punya penjaga gawang papan atas bernama David Seaman, sedangkan Manchester United punya kiper berkualitas pada sosok Peter Schmeichel.

Namun di tahun 1994, Arsenal membuat kejutan ketika mendatangkan kiper yang tak dikenal bernama Lee Harper. Usut punya usut, kiper itu berasal dari tim non liga atau tim amatir bernama Siitingbourne FC.

Baca Juga
Baca Juga

Setelah sekian lama tak dimaikn, Lee Harper pun mendapat kesempatan menggantikan David Seaman di ajang Premier League saat menghadapi Southampton pada tahun 1997.

Bagaimana kisahnya? Kok bisa kiper dari non liga seperti Lee Harper bergabung Arsenal dan menggantikan David Seaman di bawah mistar gawang?


1. Berkat Trial dan Kisah Penampilan Sekali untuk Arsenal

Lee Harper, eks pemain Arsenal.

Lee Harper yang kala itu berusia 22 tahun, masih menjadi bagian dari Sittingbourne FC. Dalam satu kesempatan, ia tampil bermain dan kebetulan ada tim pemandu bakat Arsenal.

“Saya memulai karier di non liga bersama Eltham Town dan kemudian meminta bergabung Sittingbourne FC setelah bermain melawan mereka,” kenang Lee Harper dikutip dari Planet Football.

“Selanjutnya, Arsenal tengah melihat pemain tengah kami, Neil Emblem. Saya ingat Arsenal datang menonton saya di Moor Green dan mereka kembali melihat saya di rumah dan mengundang saya untuk trial,” lanjutnya.

Trial itu tak disangka membuka jalan Lee Harper. Ia tampil apik saat membela Arsenal melawan tim cadangan Charlton Athletic dan Crystal Palace.

Sejak saat itu, ia pun langsung disodori kontrak dan resmi bergabung Arsenal. Ia ditebus dengan mahar 150 ribu poundsterling, angka yang cukup besar kala itu.

“Mereka cukup melihat dan memberi saya kontrak. Jadi itu sebuah kehormatan dan sebuah mimpi. Saya selalu merasa saya bisa mencapai titik ini dan berhasil membuktikannya,” tutur Lee Harper.

Setelah hanya menjadi pilihan ketiga di Arsenal, Lee Harper baru mendapat kesempatan tiga tahun berselang yakni pada tahun 1997.

Saat itu, Arsenal yang telah diasuh Arsene Wenger, diterpa badai cedera. David Seaman kiper utama cedera dan John Lukic selaku kiper kedua juga cedera.

Alhasil saat bertanding melawan Southampton pada 15 Maret 1997, Wenger memainkan Lee Harper sebagai penjaga gawang utamanya.

Ia bermain di belakang barisan pertahanan seperti Tony Adams, Martin Keown, dan Nigel Winterburn, barisan pertahanan berkelas dari Arsenal.

Dan debut itu pun terasa manis bagi Lee Harper. Sebab, gawangnya tak kebobolan dan Arsenal menang 2-0 lewat gol Stephen Hughes dan Paul Shaw.

“Saya tahu saya akan bermain saat David Seaman cedera. Lukic juga cedera saat melawan Everton. Sehingga di hari Jumat (satu hari sebelum pertandingan), saya tahu saya akan bermain,” kenangnya lagi.

“Saya ingat di laga itu (melawan Southampton) saya membuat penyelamatan dari sepakan Matt Le Tissier dari jarak dekat. Itu sangat fantastis,” lanjutnya.

Apiknya penampilan itu diyakini Lee Harper akan membuat namanya melambung dan mulai diperhitungkan oleh Arsene Wenger.

Sayangnya, hal tersebut tak terwujud. Malahan ia tak pernah dilirik lagi. Meski begitu, Wenger sempat menawarinya kontrak baru berdurasi 2 tahun dengan jaminan ia akan menjadi kiper kedua.

Tawaran itu pun ditolak oleh Lee Harper yang ingin mendapat menit bermain lebih. Alhasil ia hengkang dan menjadi pilihan utama Queen Park Rangers.

Setelahnya nama Lee Harper hilang bak ditelan bumi. Alhasil, ia hanya dikenang sebagai salah satu pemain yang tampil sekali saja bagi Arsenal dan kiper amatir yang menggantikan David Seaman.  

ArsenalArsene WengerDavid SeamanKiperLiga InggrisSepak Bola

Berita Terkini