x

5 Pertemuan Terakhir Indonesia dan Malaysia di Piala AFF, Salah Satunya Ada Isu Match Fixing

Jumat, 17 Desember 2021 10:35 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

INDOSPORT.COM – Menilik kembali 5 pertemuan terakhir Timnas Indonesia dan Malaysia di ajang Piala AFF jelang pertemuan keduanya, Minggu (19/12/21).

Timnas Indonesia akan menjalani partai hidup mati di laga terakhir grup B Piala AFF 2020 dengan bertemu rival abadinya, Malaysia.

Laga keduanya menjadi laga hidup mati karena baik Indonesia dan Malaysia masih berpeluang meraih tiket ke semifinal Piala AFF 2020.

Baca Juga
Baca Juga

Saat ini Indonesia masih duduk di puncak klasemen sementara grup B. Namun, posisi ini belum aman karena poinnya sama dengan Vietnam di tempat kedua dan unggul satu poin saja dari Malaysia di tempat ketiga.

Dengan asumsi bahwa Vietnam bisa menang atas Kamboja di laga terakhir, maka satu tiket tersisa akan diperebutkan oleh Timnas Indonesia dan Malaysia.

Indonesia sendiri hanya membutuhkan hasil seri untuk lolos dan membutuhkan kemenangan untuk juara grup. Sedangkan Malaysia wajib meraih kemenangan melawan rivalnya itu.

Baca Juga
Baca Juga

Pertemuan ini pun membuat pikiran pecinta sepak bola Tanah Air mengenang kembali duel-duel bersejarah Indonesia melawan Malaysia di pentas Piala AFF.

Sejak Piala AFF digelar pada 1996, Indonesia dan Malaysia telah bertemu sebanyak delapan kali. Sedangkan secara keseluruhan, skyuat Garuda telah bersua Harimau Malaya sebanyak 96 pertandingan.

Lantas, bagaimana kiprah Timnas Indonesia di 5 pertemuan terakhirnya dengan Malaysia di ajang Piala AFF 2020? Berikut rangkumannya.


1. 5 Duel Terakhir Indonesia vs Malaysia di Piala AFF

Timnad Indonesa vs Timnas Malaysia

5. Piala AFF 2002 (Babak Semifinal)

Di Piala AFF 2002 (Piala Tiger), Indonesia bertemu Malaysia di babak semifinal yang saat itu menggunakan format satu leg saja.

Saat itu, Indonesia lolos ke semifinal usai menjadi runner up grup A dan Malaysia juara grup B. Di babak semifinal ini, skuat Garuda berhasil menang dengan skor 1-0.

Kemenangan tipis ini ditentukan oleh Bambang Pamungkas di menit ke-75. Sayang di partai final Indonesia takluk dari Thailand lewat drama adu penalti setelah laga berakhir sama kuat 2-2.

4. Piala AFF 2004 (Babak Semifinal 2 Leg)

Indonesia kembali bertemu Malaysia di semifinal Piala AFF 2005. Namun, babak semifinal kali ini menggunakan format dua leg.

Di leg pertama, Indonesia yang bermain di SUGBK takluk dengan skor 1-2 dari Malaysia lewat gol Kurniawan Dwi Yulianto yang dibalas dua gol Liew Kit Kong.

Di leg kedua, Indonesia mampu membalikkan keadaan atas Malaysia di Stadion Bukit Jalil dengan kemenangan 4-1 sehingga skuat Garuda lolos ke final dengan agregat 5-3.

Lagi-lagi di partai puncak yang berlangsung dua leg, Indonesia tumbang. Kali ini di tangan Singapura dengan agregat 5-2.

3. Piala AFF 2010 (Babak Grup)

Setelah tak bersua hampit 6 tahun lamanya di Piala AFF, Indonesia dipertemukan dengan Malaysia di babak grup Piala AFF 2010.

Tergabung di grup A, Indonesia arahan Alfred Riedl mampu membungkam Malaysia di laga pertama babak grup dengan kemenangan 5-1.

Kala itu, lima gol Indonesia dicetak oleh Cristian Gonzales, M.Ridwan, Arif Suyono, Irfan Bachdim dan satu gol bunuh diri Mohd Asrarudin.

2. Piala AFF 2010 (Babak Final 2 Leg)

Masih di Piala AFF 2010, Indonesia kembali dipertemukan dengan Malaysia di partai puncak usai menumbangkan Filipina dengan agregat 2-0.

Meski pernah menang besar di babak grup, Indonesia mengawali leg pertama final Piala AFF 2020 di kandang Malaysia dengan kekalahan 0-3.

Di leg pertama yang berlangsung di Stadion Bukit Jalil ini, terjadi sederet kontroversi di mana pendukung Malaysia menyinari wajah Markus Horison dengan laser.

Selain itu, kekalahan dengan margin tiga gol yang dialami Indonesia di leg pertama disebut terkait dengan isu Match Fixing yang dibongkar oleh manajer skuat Garuda kala itu, Andi Darussalam.

Di leg kedua, Indonesia mampu meraih kemenangan 2-1. Namun kemenangan itu tak cukup membuat skuat Garuda juara karena secara agregat Malaysia unggul 4-2.

1. Piala AFF 2012 (Babak Grup)

Situasi Indonesia di Piala AFF 2020 saat ini hampir sama dengan Piala AFF 2012. Kala itu, skuat Garuda hanya butuh hasil seri di laga terakhir kontra Malaysia untuk lolos ke semifinal, sedangkan Harimau Malaya butuh kemenangan.

Di laga terakhir grup B itu, nyatanya Indonesia malah takluk dengan skor 0-2 dari Malaysia lewat gol Mohd Azamuddin dan Mahali bin Jasuli.

Akibat kekalahan ini, Indonesia pun harus terdepak dari posisi kedua dan mengubur mimpi ke babak semifinal Piala AFF 2012.

Timnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalPiala AFF 2010Timnas MalaysiaPiala AFF 2002Sepak BolaPiala AFF 2020

Berita Terkini