x

Punya Kaitan dengan Shin Tae-yong, 3 Klub Korea Selatan Ini Bisa Jadi Opsi Pemain Timnas

Rabu, 5 Januari 2022 18:38 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Punya Kaitan Dengan Shin Tae-yong, 3 Klub Korea Selatan Ini Bisa Jad Opsi Pemain Timnas

INDOSPORT.COM – Berikut tiga klub Korea Selatan yang ada hubungan erat dengan Shin Tae-yong dan mungkin bisa jadi opsi buat para pemain Timnas Indonesia dalam melanjutkan karier. Klub mana sajakah itu?

Pasca gelaran Piala AFF 2020, sejumlah pemain Timnas Indonesia memang terlihat laris di bursa transfer dan banyak dirumorkan bakal hijrah ke klub luar negeri.

Meski ada beberapa pemain yang dilirik klub lokal, namun pelatih Shin Tae-yong sempat berpesan agar anak asuhnya melanjutkan karier di luar Liga Indonesia.

Baca Juga
Baca Juga

Shin Tae-yong pun merasa senang jika saat ini banyak pemain Timnas Indonesia tengah dipantau sejumlah tim-tim asing dari luar negeri.

Dirinya berharap, jika kesempatan main di luar negeri itu memang datang maka para pemain mau menerima karena bakal menambah kualitas timnas Indonesia. 

“Saya kira itu hal positif jika ada klub dari Eropa, Jepang, atau Korea Selatan punya minat terhadap pemain muda Indonesia. Saya harap pemain Indonesia mempunyai kesempatan bermain di luar negeri,” ucap Shin Tae-yong.

“Bermain di kompetisi asing akan menambah pengalaman mereka. Saya yakin itu para pemain itu mempunyai peran besar dalam pengembangan sepak bola Indonesia. Jadi itu hal yang sangat bagus.” tambah juru taktik 51 tahun itu.

Sejauh ini yang paling gencar dirumorkan akan segera meninggalkan Liga 1 adalah duo wonderkid PSIS Semarang, Pratama Arhan dan Alfreanda Dewangga.

Meski baru berusia 20 tahun, namun keduanya sudah jadi andalan utama di lini belakang Timnas Indonesia era Shin Tae-yong.

Meski belum ada catatan resmi tim asing mana yang tertarik dengan penggawa skuat Garuda, namun kedekatan Shin Tae-yong dengan sejumlah tim Korea Selatan bisa menjadi alternatif buat para pemain Timnas Indonesia yang ingin mentas di luar negeri.

Berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas, tiga klub Korea Selatan yang berhubungan dengan Shin Tae-yong dan bisa jadi opsi pemain Timnas Indonesia.

Ansan Greeners

Asnawi Mangkualam Saat Debut Bersama Ansan Greeners di Liga Korea Selatan

Klub pertama adalah Ansan Greeners. Tim asal Ansan provinsi Gyeonggi ini merupakan klub Korea Selatan pertama yang mau menerima jasa pemain Indonesia yakni Asnawi Mangkualam pada awal 2021 silam.

Ansan Greeners terbilang cukup erat kaitannya dengan Shin Tae-yong, lantaran yang membuat Ansan mau memboyong Asnawi adalah berkat rujukan dari STY.

Baca Juga
Baca Juga

Dengan rapor Asnawi yang berhasil tunjukkan potensi terbaiknya, plus kehadiran Shin Tae-yong di kubu Timnas Indonesia, tampaknya Ansan Greeners bisa jadi opsi utama para penggawa skuat Garuda yang ingin meniti karier di luar negeri.

Beberapa nama seperti Ricky Kambuaya atau Alfreanda Dewangga, mungkin bisa dilirik Ansan Greeners pada bursa transfer nanti.


1. Seongnam Ilhwa Chunma

Klub besutan Shin Tae-yong, Seongnam, ketika juara Liga Champions Asia 2010.

Berikutnya adalah Seongnam Ilhwa Chunma. Klub peraih tujuh gelar juara Liga Korea Selatan tersebut bisa jadi opsi para pemain Timnas Indonesia, walau peluang untuk bergabung terbilang cukup sulit.

Pasalnya, Seongnam Ilhwa Chunma saat ini sedang berkompetisi di K-League atau kasta teratas Liga Korea Selatan sehingga cukup sulit buat pemain Indonesia bisa menembus strata kompetisi ini.

Namun dengan koneksi erat dari Shin Tae-yong, mungkin Seongnam Ilhwa Chunma bisa mendatangkan sejumlah pemain Indonesia.

Sebagai informasi, Shin Tae-yong adalah figure penting di klub Seongnam Ilhwa Chunma lantaran sang pelatih sempat 12 tahun memperkuat The Seongnam Magpies.

Shin Tae-yong juga jadi aktor penting dalam membawa Seongnam Ilhwa Chunma juara AFC Champions League tahun 2010 lalu.

Gyeongnam FC
Terakhir ada Gyeongnam FC. Klub yang mentas di K-League 2 ini memang tidak ada dalam catatan karier Shin Tae-yong, namun Gyeongnam FC sedikit punya keterikatan dengan STY.

Diketahui bahwa Shin Tae-yong merupakan alumni dari Yeungnam University, salah satu kampus dari wilayah Gyeongsan dan juga asal dari klub Gyeongnam FC.

Berbekal kedekatan ini, para pemain Timnas Indonesia bisa meminta Shin Tae-yong untuk berikan rekomendasi agar Gyeongnam FC bisa merekrut mereka.

Selain itu, fakta bahwa Gyeongnam FC masih bermain di kasta kedua Liga Korea Selatan, bakal lebih mempermudah pemain Timnas Indonesia untuk bisa bergabung.

Bursa TransferKorea SelatanTimnas IndonesiaBola InternasionalTRIVIABerita TransferBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini