x

Lawan Thailand, Begini Rencana Pelatih Timnas Putri Indonesia

Minggu, 23 Januari 2022 19:00 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
Timnas Putri Indonesia akan melawan Thailand di laga kedua Grup B Piala Asia Wanita 2022 pada 24 Januari atau dua hari mendatang.

INDOSPORT.COM - Timnas Putri Indonesia akan melawan Thailand di laga kedua Grup B Piala Asia Wanita 2022 pada 24 Januari atau dua hari mendatang. Untuk itu, tim pelatih skuat Garuda Pertiwi sudah mempersiapkan rencana terbaik.

Pelatih Timnas wanita, Rudy Eka Priyambada mengatakan tidak akan mudah melawan Thailand meski mereka dikalahkan Filipina di laga pertama. Thailand tetap superior karena pernah bermain di Piala Dunia 2019 dan semifinalis Piala Asia 2018 lalu. 

Rudy Eka punya rencana untuk melakukan rotasi atau memberi kesempatan bagi semua pemain agar merasakan atmosfer kompetisi. 

Baca Juga
Baca Juga

"Thailand kita tahu dia juga bermain di world cup. Kini kami memiliki dua laga lagi dan kami memiliki banyak pemain muda dan di event ini jadi saya mau pemain banyak mendapatkan pelajaran dari ajang ini," tuturnya. 

Rudy Eka menyampaikan, Indonesia mendapat banyak pelajaran setelah dibantai Australia dengan skor 18-0 pada laga pertama Grup B Piala Asia Wanita 2022. Salah satu yang jadi fokus perbaikan untuk lawan Thailand adalah penguasaan bola. 

Baca Juga
Baca Juga

"Positifnya (kalah dari Australia) adalah kami mengetahui kelemahan kami dan itu akan kami perbaiki untuk laga selanjutnya. Seperti saat kami memegang bola itu harusnya tidak panik," tuntas Rudy Eka. 


1. Liga 1 Putri Harus Jalan

Pertandingan antara Australia vs Timnas Indonesia di Asian Cup Women India 2022. Foto: PSSI

Pelatih Timnas Putri Indonesia,  Rudy Eka Priyambada, juga menilai sepak bola Putri di Indonesia sangat jauh tertinggal dengan Australia.

Baginya kualitas pemain serta adanya pemain yang bermain di Liga Profesional menjadi pembanding yang sangat jauh antara Australia dan Indonesia. Sepert diketahui, kompetisi profesional Liga 1 Putri sudah lama vakum. 

Hal itu diutarakan Rudy setelah Timnas Putri Indonesia takluk 0-18 dari Australia dalam laga perdana Grup B Piala Asia Putri 2022 di Mumbai Football, Arena, Jumat (21/01/22). Menurut Rudy, Australia jauh lebih siap ketimbang Garuda Pertiwi.

Dari segi kualitas pemain, Samantha Kerr dan kawan-kawan punya klub untuk mengembangkan potensi. Bahkan, banyak dari penggawa Australia merumput di Eropa.

Saat ini, Timnas Putri Indonesia berada di dasar klasemen sementara Grup B Piala Asia Wanita. Skuad asuhan Rudy Eka Priyambada nirpoin sama halnya dengan Thailand, tapi kebobolan paling banyak. 

AustraliaLiga IndonesiaRudy Eka PriyambadaTimnas Indonesia PutriPiala Asia Wanita

Berita Terkini

Berita Terpopuler