x

Denis Zakaria, Calon Penerus Patrick Vieira di Lini Tengah Juventus

Minggu, 30 Januari 2022 09:15 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

INDOSPORT.COM – Juventus selangkah lagi dilaporkan akan mendapat jasa Denis Zakaria. Lalu, apa kualitas yang dimilikinya hingga ia digadang-gadang penerus Patrick Vieira?

Raksasa Liga Italia, Juventus diam-diam melakukan transfer senyap untuk membajak gelandang Borussia Moenchengladbach, Denis Zakaria.

Wajar saja jika klub-klub mapan Eropa termasuk Juventua menginginkan service Denis Zakaria. Pasalnya, saat ini kontrak sosok yang dijuluki The Next Patrick Vieira tersebut bakal kadaluarsa akhir musim ini.

Baca Juga
Baca Juga

Alih-alih mengabdi lebih lama di Borussia-Park, Denis Zakaria malah ingin mencari peruntungan baru di klub lain. Keinginan Denis Zakaria pun tak dipersulit oleh Borussia Monchengladbach.

Direktur Olahraga Borussia Monchengladbach, Max Eberl bahkan terang-terangan siap melepas Denis Zakaria dalam waktu dekat.

Lampu hijau dari Borussia Monchengladbach bikin para peminat Denis Zakaria kegirangan. Pakar transfer termuka asal Italia, Fabrizo Romano membocorkan jika Juventus sudah mengajukan proposal pada Die Fohlen.

Baca Juga
Baca Juga

Menurut Fabrizio Romano, Si Nyonya Tua telah melayangkan tawaran di angka 7 juta euro plus bonus untuk membawa Denis Zakaria ke Turin.

Usut punya usut, rupanya Juventus menjadikan Denis Zakaria sebagai alternatif di sektor lini tengah seiring bakal hengkangnya Rodrigo Bentancur yang jadi incaran Aston Villa dan Tottenham Hotspur.

Lantas, apa yang bisa diberikan Denis Zakaria untuk Juventus? Akankah ia bisa membuktikan bahwa dirinya bisa menjadi penerus Patrick Vieira bagi Si Nyonya Tua?


1. Bedah Kualitas Denis Zakaria

Denis Zakaria, bintang Timnas Swiss yang dirumorkan akan merapat ke Juventus.

Sebagai permulaan, Denis Zakaria mendapat julukan sebagai penerus Patrick Vieira karena keduanya sama-sama berposisi sebagai gelandang bertahan atau gelandang tengah.

Patrick Vieira sendiri juga pernah mencicipi seragam Juventus, usai hijrah dari Arsenal pada 2005. Kendati hanya semusim, ia memberi dampak cukup baik dalam usaha Bianconeri meraih gelar Scudetto, sebelum dicabut karena kasus Calciopoli.

Kini Juventus ingin mengulangi kisah suksesnya bersama Vieira. Maka tak mengherankan jika Si Nyonya Tua mendekati Denis Zakaria.

Sebagaimana yang telah dibahas sebelumnya, Denis Zakaria bakal diplot sebagai pengganti Rodrigo Bentancur di lini tengah Juventus nanti.

Namun, apakah Denis Zakaria punya catatan yang lebih baik ketimbang Bentancur? Bisakah dirinya nanti mengakhiri mimpi buruk di lini tengah Si Nyonya Tua?

Untuk menjawabnya, ada baiknya melihat statistik Denis Zakaria selama setahun terakhir dan membandingkannya dengan Bentancur.

Dalam membandingkan keduanya, maka ada baiknya melihat posisi keduanya, yakni sebagai gelandang sentral, gelandang bertahan, dan gelandang Box to Box.

Dalam tiga posisi itu, statistik yang dilihat tentu adalah kesuksesan dalam memberi operan, mempertahankan bola melalui dribel baik dalam menyerang dan dalam bertahan.

Berikut statistik Denis Zakaria dan Rodrigo Bentancur seperti yang dirangkum dari FBRef.

Rataan Operan: 48,04 kali
Operan Sukses: 90,2 persen
Operan ke Area Lawan: 3,84 kali
Dribel Sukses: 1,54 kali
Dribel ke Area Lawan: 4,10 kali
Tekanan ke Lawan: 13 kali
Tekel: 1,72 kali
Intersep:2,31 kali
Blok: 2,16 kali
Sapuan: 1,68 kali
Duel Udara yang Dimenangkan: 0,84 kali

Rataan Operan: 63 kali
Operan Sukses: 87,4 persen
Operan ke  Area Lawan: 5,12 kali
Dribel Sukses: 0,58 kali
Dribel ke Area Lawan: 4,25 kali
Tekanan ke Lawan: 22,78 kali
Tekel: 2,90 kali
Intersep: 2,41 kali
Blok: 1,87 kali
Sapuan: 1,42 kali
Duel Udara yang Dimenangkan: 1,45 kali

Dari catatan di atas, nampak bahwa Bentancur unggul dalam beberapa catatan, terutama saat melakukan duel di lapangan.

Dalam perihal membantu permainan, baik saat Build Up serangan atau menahan bola, Denis Zakaria lebih unggu, jika melihat operan sukses yang dimilikinya dan dribel sukses yang ia lakukan.

Tapi, apakah Denis Zakaria bisa menjadi pengganti sepadan Bentancur? Jawabannya tentu bisa dan bahkan pemain asal Swiss ini bisa saja melebihi penampilan dari gelandang asal Uruguay itu.

Sinyal apiknya permainan Denis Zakaria terlihat dari kemampuannya mengatur permainan lewat operan suksesnya dan dribel sukses yang ia miliki.

Dengan kata lain, Juventus yang membutuhkan pemain dengan gaya mendikte, bisa mendapatkannya pada sosok Denis Zakaria.

Bursa TransferJuventusBorussia MonchengladbachIn Depth SportsRodrigo BentancurSepak BolaDenis ZakariaTransfer Pemain

Berita Terkini