x

Saingannya Lumayan, Ini 3 Skenario Luis Diaz Masuk ke Line Up Liverpool

Senin, 31 Januari 2022 22:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Luis Diaz merapat dari FC Porto ke Liverpool di bursa transfer Januari. Foto: REUTERS/Pedro Nunes.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris, Liverpool, baru saja merekrut winger baru dari FC Porto di bursa transfer Januari yakni Luis Diaz.

Berasal dari Kolombia, ia menjadi pemain asal Amerika Selatan selanjutnya yang menghiasi daftar pemain Liverpool dari masa ke masa.

Menyusul kepindahan ini, Luis Diaz juga sudah berpamitan dengan FC Porto dan orang-orang yang selama ini telah berjasa dalam kariernya di Portugal. Sebuah pesan panjang pun ia sampaikan lewat instagram-nya.

“Terima kasih Tuhan telah membawa saya ke klub yang menjadi rumah dan keluarga saya. Terima kasig FC Porto, karena saya memiliki kenangan terbaik dari Dragao,

“Yang penuh kebisingan, emosi, kasih sayang, dan dukungan tanpa syarat, sebuah sensasi unik yang akan selalu saya ingat!” tulisnya dalam sebuah unggahan foto, Minggu (30/01/22).

Baca Juga
Baca Juga

Bergabung ke skuat Jurgen Klopp, bintang asal Kolombia ini mengenakan nomor punggung warisan Xherdan Shaqiri yang juga pernah dikenakan Jamie Carragher.

Sang pemain diketahui memakai nomor 7 di FC Porto dan 14 di Timnas Kolombia. Di Liverpool, ia bakal memakai kaos bernomor punggung 23.

Luis Diaz sendiri menandatangani kontrak lima tahun dengan Liverpool, yang akan mengikatnya hingga 2027.

Di FC Porto, Luis Diaz biasa menempati posisi sayap kiri. Namun, alih-alih rajin melepaskan crossing, ia lebih sering melakukan tusukan ke kotak penalti, berbekal kemampuan dribel dan kecepatan yang mumpuni.

Baca Juga
Baca Juga

Kedatangan Luis Diaz akan sangat membantu Jurgen Klopp dalam memilihh variasi para pemainnya. Apalagi, trio Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Roberto Firmino berpotensi pecah sewaktu-waktu.

Ya, mendatangkan amunisi anyar memang sebuah kebutuhan bagi tim, namun tidak jarang para rekrutan anyar ini ternyata malah dianggurkan karena satu maupun sekian alasan.

Para suporter setia Liverpool tentu tidak menginginkan hal ini terjadi pada Luis Diaz, calon idola anyar mereka.

 

1. 3 Skenario Luis Diaz Masuk Line Up Liverpool

Luis Diaz merapat dari FC Porto ke Liverpool di bursa transfer Januari. Foto: REUTERS/Pedro Nunes.

Lantas, apa yang kira-kira akan dilakukan Jurgen Klopp untuk membuat Luis Diaz masuk ke skema tim racikannya?

Berubah Formasi Jadi 4-2-3-1

Kedatangan Luis Diaz sebagai tambahan opsi di pasukan serang Liverpool bisa membuat Jurgen Klopp ‘berkhianat’ dengan skema 4-3-3 yang selama ini jadi andalannya.

Roberto Firmino bisa bermain di belakang Mohamed Salah seperti yang ia lakukan saat bermain imbang 1-1 melawan Manchester City musim lalu. Laln, Luis Diaz dan Diogo Jota masing-masing menghuni posisi sayap kiri dan kanan.

Dua gelandang (double pivot) akan melindungi empat bek di belakangnya, yang mana tugasnya bisa diberikan kepada Jordan Henderson dan Fabinho.

Tetap 4-3-3

Jika ngotot mempertahankan skema 4-3-3, Jurgen Klopp tentu tinggal suka-suka mengganti pemain serang di area kiri. Skenario ini bisa membuat Luis Diaz diplot sebagai pengganti langsung seorang Sadio Mane.

Hanya saja, situasi macam ini lebih tentang taktik Jurgen Klopp melakukan rotasi ketika tim diserang badai cedera, atau ketika ada pemain yang absen karena tugas negara sehingga posisinya kosong dan harus digantikan.

Laga Piala

Solusi ketiga mungkin terdengar yang paling kejam, yakni memainkan Luis Diaz sebagai spesialis laga-laga piala macam Carabao Cup maupun kompetisi lainnya.

Metode ini sudah sangat sering dipakai manajer untuk memberi kesempatan para pemain dengan menit bermain yang terbatas.

Tidak jarang pula mereka yang diturunkan berhasil tampil apik dan impresif meski bukan seorang reguler di pertandingan liga. Sejauh ini, Liverpool punya Divock Origi dan Takumi Minamino untuk kategori ini.

Tentu patut dinanti akan seperti apa sepak terjang Luis Diaz ketika nanti sudah bergabung dengan Liverpool. Apa keputusan yang akan diambil Jurgen Klopp?

LiverpoolLiga InggrisBerita Liga InggrisBerita Bursa TransferTransfer PemainLuis Diaz

Berita Terkini